Sejarah Civet Coffee, Kopi Termahal Didunia

Discussion in 'Cooking' started by jajang, Sep 15, 2016.

  1. jajang

    jajang Member

    Joined:
    Aug 20, 2013
    Messages:
    50
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kopi sendiri merupakan salah satu jenis minuman yang memiliki begitu banyak sekali pecintanya. Karena bagi para pecinta kopi, mereka tentu saja kerap minum secangkir kopi minimal 1 gelas dalam seharinya. Supaya semangat pun semakin bertambah ketika ingin memulai untuk melakukan berbagai macam aktivitas. Tak Cuma itu saja, minuman yang memiliki warna gelap ini pun memiliki cita rasa yang tinggi, dan bagi para pecinta kopi tentu saja mereka pun akan mencari kopi dengan kualitas terbaik. Supaya acara ngopi pun semakin terasa nikmat dan juga lebih sempurna lagi.

    Terlebih kalau kita ngopi ditemani dengan orang tersayang atau dengan teman-teman. Ada banyak sekali berbagai macam jenis kopi didunia ini, dan taukah anda kalau ternyata salah satu kopi yang paling mahal didunia ternyata berasa dari Negara kita, yaitu Indonesia. Apalagi kalau bukan yang namanya kopi luwak, yang sangat fenomenal dan juga terkenal hingga kebelahan dunia. Anda pun harus merogoh kocek cukup dalam untuk bisa menikmati secangkir kopi luwat, dan untuk harga setengah kilo dari kopi luwak ini pun bisa mencapai hingga 1.5 jutaan. Sebuah harga yang terbilang cukup menguras isi kantong untuk bisa mencicipi salah satu jenis kopi terbaik didunia ini. namun bagaimankah sejarah kopi luwak, kopi termahal didunia ini, yang sampai saat ini pun masih tetap menjadi salah satu kopi termahal dan juga banyak dicari oleh pecinta kopi.

    Civet coffee sendiri sudah dikenal sejak tahun 1950an, saat zaman pemerintahan hindia belanda, dimana saat itu yang namanya hewan luwak, yang merupakan hewan sejenis musang ini banyak sekali. saat itu pemerintah hindia belanda melarang penduduk local untuk mencoba minum kopi yang sangat terkenal. Akan tetapu ketika itu para pekerja menemukan musang atau luwak yang gemar makan biji kopi, namun ternyata luwak hanya malkan daging buahnya saja, dan bijinya pun tidak dicerna dam masih utuh saat mereka keluarkan. Kemudian biji kopi yang sudah keluar dari kotoran musang tersebut, mereka ambil dan pungut, untuk kemudian dicuci hingga bersih, lalu disangrai dan ditumbuh untuk siap diseduh, dan terciptalah yang namanya kopi luwak, yang saat ini justru menjadi salah satu kopi termahal yang ada didunia ini.

    Ternyata cita rasa kopi luwak yang mereka dapatkan pun sangat nikmat sekali, sehingga terciumlah sampai ke telinga warga Belanda, yang merupakan pemilik perkebunan tersebut. maka kopi luwak pun menjadi salah satu kopi yang digemari oleh orang-orang kaya Belanda pada masa itu. Selain cita rasanya yang memang sangat tinggi, karena kelangkaannya ini lah yang membuat kopi luwak mahal sekali harganya sejak zaman colonial Belanda.

    Ternyata fermentasi alami yang ada didalam perut luwak ini lah yang menyebabkan cita rasa kopi ini semakin terasa lezat dan nikmat. Aroma dari kopi ini pun sangat special sekali, dan berbeda dengan jenis-jenis kopi yang lainnya. begitulah mengenai sejarah kopi luwak , kopi termahal didunia ini, yang sampai saat ini pun menjadi salah satu jenis kopi kebanggan Indonesia.

    Sumber : www.greencoffee.co.id
     
  2. kusumarga

    kusumarga Member

    Joined:
    Jul 7, 2015
    Messages:
    762
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    28
    pengen nyobain kek gimana rasanya kopi luwak :D
    ada yang mo nraktir? :D
     

Share This Page