Sejarah Kerajaan Singasari

Discussion in 'Education' started by angkatandelapan, Mar 22, 2019.

  1. angkatandelapan

    angkatandelapan Member

    Joined:
    Dec 12, 2018
    Messages:
    31
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Kerajaan Singasari – Sudah mengertikah anda tarikh berkenaan Kerajaan Singasari? Kerajaan ini yakni kerajaan yang bertempat di pulau Jawa tepatnya di Provinsi Jawa Timur 1222 yang didirikan oleh Ken Arok.
    Lokasi kerajaan ini berlokasi di Kabupaten Malang atau lebih persisnya di Kecamatan Singosari. Menurut sejarawan gelar Kerajaan Singasari ini bukan asma tulen. Menurut mereka Kerajaan Singasari memiliki julukan asli Tumapel yang beribukota di Kutaraja.
    Pada awalnya kerajaan Tumapel adalah sebuah wilayah bawahan dari Kerajaan Kediri dan pada saat itu Tunggul Ametung berposisi sebagai akuwu atau pada dewasa ini lebih dikenal sebagai camat. Tunggul Ametung dibunuh dengan gaya ditipu oleh para pasukannya sendiri yang berasma Ken Arok yang endingnya kemudian menjawat sebagai akuwu yang baru.
    Kerajaan Singosari pernah dalam abad kejayaan di masa kekuasaan Kartanegara yang pada waktu itu sekalian merangkap menjadi penguasa terbesar dalam sejarah Kerajaan Singasari. Kartanegara mengutus prajurit Ekspedisi Pamalayu untuk membikin Pulau Sumatera sebagai benteng pertahanan. Kemudian pada tahun 1284, Kartanegara juga mengirimkan ekspedisi untuk menaklukkan tanah Bali.
    Jatuhnya kerajaan ini adalah akibat dari sibuknya mengirim prajurit perang ke luar Jawa serta pemberontakan oleh Jayakatwang dan sukses membunuh penguasa Kartanegara pada waktu itu. Jayakatwang kemudian membangun kota di daerah Kadiri atau yang saat ini disebut dengan Kediri.
    Peninggalan Kesultanan Singasari :

    1. Candi Jago
    Candi Jago merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Singasari yang mana memiliki gaya arsitektur yang mempunyai tatanan sama persis seperti teras punden berundak. Gaya dan bentuk dari Candi Jago ini cukup unik, pasalnya pada bagian atas Candi Jago ini cuman tersisa hanya sebagian saja.

    2. Candi Singasari
    Candi Singasari terletak di Kabupaten Malang di Kecamatan Singasari atau lebih spesifiknya berada di lembah antara Gunung Arjuna dan Pegunungan Tengger. Dikisahkan dalam Karangan Negarakertagama dan Prasasti Gajah Mada pada tahun 1351, bahwasannya Candi Singasari ini merupakan kediaman terakhir raja Kertanegara.

    3. Arca Dwarpala
    Arca ini merupakan peninggalan dari Kerajaan Singasari yang mana memiliki bentuk persis seekor monster dengan tubuh raksasa. Menurut ahli kunci setempat, Arca Dwarapala ialah sebuah tanda bahwasannya Anda masuk ke daerah Kotaraja.

    4. Candi Sumberawan
    Candi Sumberawan adalah stupa tunggal yang ditemukan di Povinsi jawa Timur. Candi ini berlokasi di sekitar kurang lebih 6 kilometer dari Candi Singasari. Selain menjadi monumen peninggalan kerajaan, pastinya Candi Sumberawan juga didayagunakan sebagai tempat peribadatan umat Buddha pada kurun itu.

    5. Candi Jawi
    Candi ini bertempat di pertengahan jalan raya antara Prigen-Pandaan serta Pringebukan, candi ini acap kali dikira tempat peribadatan umat Budha. Akan tetapi faktanya, tempat ini adalah tempat untuk menempatkan abu dari Kaisar Kartanegara.

    6. Candi Kidal
    Candi Kidal merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Singasari, lokasi ini didirikan sebagai suatu tempat penghormatan kaisar kedua Singasari, yaitu Anusapati. Beliau menguasai Kerajaan Singasari sepanjang kurang lebih 20 tahun, yaitu pada tahun 1227 sampai dengan 1248. Anusapati menghembuskan nafas terakhirnya lantaran dibunuh oleh Panji Tohjaya selaku bentuk perbutan kepimpinan kerajaan serta disebut-sebut juga sebagai dampratan Mpu Gandring.

    7. Prasasti Singasari
    Salah satu warisan ini didapatkan di Singasari, Kabupaten malang. Prasasti Singasari ini dibangun pada tahun 1351 Masehi dan diukir dengan aksara jawa. Penulisan prasasti ini sengaja ditujukan untuk mengenang pembangunan candi pemakaman yang dilakukan oleh Mahapati Gadjah Mada.

    Source : https://sorbantenun.com/
     
  2. samualadiyoso

    samualadiyoso New Member

    Joined:
    Oct 12, 2018
    Messages:
    39
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    6
    baru tau !!
    Candi Jago merupakan salah satu peninggalan Kerajaan Singasari yang mana memiliki gaya arsitektur yang mempunyai tatanan sama persis seperti teras punden berundak. Gaya dan bentuk dari Candi Jago ini cukup unik, pasalnya pada bagian atas Candi Jago ini cuman tersisa hanya sebagian saja.
     
  3. ProJJ

    ProJJ New Member

    Joined:
    May 23, 2014
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kalau membaca kerajaan singashari, pasti ingat ken arok, yang sampai sekarang masih misteri asal usulnya
     
Loading...

Share This Page