Sejarah Mobil SUV Ford Escape

Discussion in 'Otomotif' started by andikasa, Mar 1, 2021.

Tags:
  1. andikasa

    andikasa Member

    Joined:
    Nov 27, 2020
    Messages:
    112
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Ford Escape adalah kendaraan SUV (Sport Utility Vehicle) yang dijual oleh Ford di pasar global sejak tahun 2000 selama empat generasi. Ford merilis model aslinya pada tahun 2000 untuk model tahun 2001. Mobil produksi Ford dari Amerika ini cukup menarik perhatian bagi pecinta SUV karena memiliki desain gagah dan tangguh. Ford berhasil membuat SUV berukuran menengah yang memiliki banyak keunggulan dan kenyamanan. Ford Escape merupakan SUV medium yang mengutamakan fungsionalitas tinggi dan kenyamanan.

    Ford Escape adalah mobil SUV hasil kerja sama antara Ford Amerika dengan Mazda Jepang. Ford Escape dikembangkan dan dirilis bersama dengan Mazda dari Jepang. Escape adalah nama yang diberikan oleh Ford, sedangkan Tribute adalah nama yang diberikan oleh Mazda. Meskipun Escape dan Tribute memiliki basis yang sama yang dibangun dari platform Ford CD2 (berdasarkan fondasi Mazda GF), satu-satunya panel yang umum untuk kedua kendaraan adalah bagian atap dan lantai. Mesin dan transmisi dipasok oleh Mazda dengan mesin empat silinder, sedangkan Ford menyediakan mesin enam silinder V6 sebagai opsi lain.

    Ford Escape Generasi Pertama Tahun 2002-2005

    Ford Escape sendiri pertama masuk ke Indonesia pada tahun 2002 yang diimpor langsung oleh PT. Ford Motor Indonesia dengan varian mesin Zetec 2.000 cc 4 silinder yang transmisi manual dan mesin Duratec 3.000 cc 6 silinder V6 bertransmisi otomatis. Kemudian pada tahun 2004 mesin 2.000 cc digantikan dengan mesin baru Duratec yang berkapasitas 2.300 cc 4 silinder.

    [​IMG]

    Ford Escape mulai meramaikan jalanan di Indonesia pada tahun 2002. Ford Escape Generasi pertama dengan kode ZA ini hadir pada segmen SUV medium dan berkompetisi langsung dengan mobil produksi Jepang yang saat itu diisi oleh Nissan X-Trail dan Honda CR-V. Kesan mobil tangguh dan kuat terasa pada desain Ford Escape generasi satu tahun 2002-2005. Bentuk Desain lampu utama depan kotak yang masih menggunakan teknologi halogen. Pada bumper depan seluruhnya menggunakan panel plastik dengan kelir hitam, serta dengan model gril yang menggunakan format desain sarang lebah. Sedangkan untuk lampu kabut berbentuk persegi ditempatkan di bawah bumper pada posisi ujung sisi kiri dan kanan.

    Ford Escape Generasi Kedua Tahun 2006-2008

    Ford Escape generasi kedua dengan kode ZC hadir dengan perubahan besar pada tahun 2006. Perubahan eksterior terjadi pada bagian bumper depan, belakang dan gril. Begitu pula dengan bagian lampu depan dan kap mesin, serta lampu belakang yang sudah menggunakan lampu LED. Tampilannya menjadi lebih elegan dengan garis-garis membulat pada bentuk lampu utama. Sedangkan untuk mesin dan varian tetap sama seperti pada Ford Escape versi sebelumnya. Perubahan yang terjadi meliputi bagian lampu depan yang lebih mengarah ke bentuk trapesium dengan keliling smoked hitam. Grill yang sebelumnya berupa model sarang lebah digati dengan krom empat baris. Bentuk foglamp juga ikut berubah dari persegi menjadi bulat.

    [​IMG]

    Mesin V6 3.0L telah dimodifikasi untuk mengurangi konsumsi bahan bakar lebih dari 10%, Sedangkan mesin 2.3L 4-silinder telah meningkatkan torsi midrange dan throttle elektronik, serta sedikit peningkatan tenaga menjadi 109 kW (146 hp ). Kedua mesin telah disertifikasi untuk memenuhi peraturan emisi Euro III. Kedua tipe mesin ini dipasangkan dengan transmisi otomatis empat kecepatan dan merupakan satu-satunya pilihan transmisi. Dua teknologi transmisi otomatis empat kecepatan yang berbeda digunakan, yaitu teknologi CD4E untuk mesin 3.0L 6-silinder dan teknologi GF4AX-EL untuk mesin 2.3L 4-silinder.

    Ford Escape Generasi Ketiga Tahun 2008-2010

    Ford Escape generasi ketiga dengan kode ZD secara global mulai dijual pada pertengahan tahun 2008, membawa banyak perubahan. Di Australia, mesin V6 3.000 cc sudah tidak digunakan, hanya menyisakan satu pilihan mesin yakni mesin empat silinder 2,3 liter. Rentang model juga disederhanakan, dengan hanya satu spesifikasi yang tersedia. Perubahan pada bodi termasuk bumper depan, gril, lampu depan, dan kap baru yang sepenuhnya baru, dengan emblem Ford yang lebih besar yang dipasang di atas gril krom tiga batang.

    [​IMG]

    Di bagian belakang, terdapat lampu belakang baru yang lebih ramping ditampilkan, yang diatur secara horizontal, bukan vertikal. Selain itu, pilar B sekarang dicat hitam, bukan sewarna bodi. Dibandingkan dengan model sebelumnya, semua bumper eksternal, spion, dan kelongsong dicat dengan warna yang sama dengan bodi (sebelumnya, ini hanya tersedia pada model Limited varian tertinggi saja).

    Ford Escape Generasi Ketiga Facelift Tahun 2010-2012

    Pada tahun 2009, Ford Escape kode ZD facelift hadir dengan gril dan bumper depan baru. Trim 3 baris Chrome benar-benar dilepas dari gril, diganti dengan gril sarang lebah hitam yang lebih kecil sebagai Ford Escape terakhir. Pada tahun-tahun terakhirnya dijual berdampingan dengan penggantinya, Ford Kuga hingga Kuga menggantinya pada 2013. Tapi sayang Ford Kuga tidak masuk ke Indonesia.

    [​IMG]
     
    Last edited by a moderator: Mar 2, 2021
Loading...

Share This Page