Sejarah Singkat Tentang Desain Situs Web

Discussion in 'HTML & Website Design' started by seotog, Aug 7, 2018.

  1. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    191
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    1 (2).jpg

    Sejarah Singkat Tentang Desain Situs Web
    Tahukah kamu tampilan desain situs web yang sekarang ini tidak sama seperti yang dulu? Pada saat itu website hanya sebatas teks dengan link berwarna biru untuk mengaitkan antara satu halaman dengan halaman lain, tampilannya pun masih standar saja, belum ada kolom, hanya teks yang tersusun kebawah saja. Barulah setahun kemudian dikenal tabel untuk membuat layout, dengan tabel layout website bisa dibuat menjadi kolom-kolom.

    Internet adalah suatu penemuan yang relatif baru tetapi seseorang yang memiliki banyak hal! Tetapi internet telah mengubah cara hidup kita dan telah bertanggung jawab atas penciptaan ribuan pekerjaan yang tanpa dia tak akan pernah ada.

    Salah satu kategori pekerjaan itu adalah desain web, sesuatu yang akan sangat kita rindukan jika hilang. Apa yang akan kita lakukan tanpa animasi? Latar belakang yang penuh warna, tulisan mewah dan musik yang diputar di latar belakangnya?

    Kapan ini terjadi ?

    Pada tahun 1990, Tim Berners-Lee mengembangkan browser web pertama, dan itu disebut World Wide Web, meskipun kemudian diganti namanya menjadi Nexus. Pada saat itu, hanya teks yang dapat ditampilkan di halaman web. Tidak ada font yang mewah, tidak ada gambar atau video yang menarik, hanya teks biasa sederhana, dengan tautan yang digarisbawahi dengan warna biru.

    Pada tahun 1993, ketika Mosaic dirilis, browser web pertama yang memungkinkan pengembang menambahkan gambar ke halaman web mereka. Mampu mendukung gambar .gif dan formulir web, suatu lompatan besar ke depan untuk masa itu.

    Desain tidak brilian karena kendala peramban dan terbatasnya pemrogram bandwidth daripada perancang yang mendesain sebagian besar situs web.

    Pertengahan 1990-an hingga 2000

    Pada pertengahan tahun 90-an, Netscape adalah peramban web teratas tetapi segera roboh setelahnya oleh Internet Explorer dan memulai perang peramban. Sekitar waktu ini, desain web mulai menjadi sedikit lebih kompleks, menggunakan bingkai dan tabel serta gambar. Gambar .gif animasi dapat digunakan untuk membuat tombol di situs dan JavaScript mulai muncul di beberapa situs web. Dari tahun 1998, kami mulai melihat pengenalan perangkat alat pengembangan web. Ingat tentang DreamWeaver? Go Live? Ini mulai menjadi lebih populer karena mereka memberi lebih banyak pengguna akses ke pembuatan halaman web. Pekerjaan di desain situs web mulai berkembang karena lebih banyak desainer ditawari pekerjaan untuk membangun situs web. Teknologi flash juga dibuat penampilannya selama era desain situs web meskipun tidak terlalu populer untuk awal-awal.

    [​IMG]

    2000 -2004

    Pada tahun 2000, beberapa ratusan ribu bisnis web tiba-tiba jatuh. Namun, ini hanya bersifat sementara dan tidak berlangsung lama. Standar desain web mulai meningkat lagi. Sekarang kita mulai melihat kelas desain yang lebih baik. Kita punya desain yang tidak berdasarkan tabel, kita mendapat transparansi dengan gambar .png dan CMS mulai tumbuh dalam popularitas. Content Management System adalah program yang memungkinkan desainer mempublikasikan konten di web. Mereka dapat kembali dan mengedit apa yang telah mereka terbitkan dan memodifikasinya sesuai keinginan mereka.

    2004 – 2007

    Di tahun ini Web 2.0 lahir pada tahun 2004. Ini adalah era situs web yang berani, desain situs web yang lebih ditujukan untuk komunitas. Ada tipografi tebal dan gradien mengkilap. Sudut menjadi bulat, tepian halus dan desain web, sekali lagi, lepas landas dengan kecepatan cahaya. Situs web mulai lebih fungsional dan membutuhkan lebih banyak cara antarmuka berfungsi dengan baik. Widget diperkenalkan di semua tempat untuk membantu mengintegrasikan satu situs dengan situs lainnya. Ini lebih sering, di mana situs jejaring sosial terlibat, melapisi feed di luar ke situs, atau melapisi dari situs ke blog. Era ini juga ditandai dengan peningkatan aksesibilitas situs web kepada masyarakat umum. Perkembangan seperti WordPress dan Blogger, bersama dengan panduan yang mudah digunakan tentang cara membuat situs web membantu setiap hari orang membuat situs web tanpa harus belajar HTML atau CSS.

    2008 hingga masa sekarang ini

    Desain situs web saat ini telah berkembang sangat luar biasa selama beberapa tahun terakhir dan satu hal yang telah mendorongnya, luar biasa, adalah iPhone. Desain situs web seluler diperkenalkan, memungkinkan orang melihat situs dengan benar di ponsel mereka. Banyak situs web yang lebih besar membuat versi seluler dari situs mereka khusus untuk ponsel cerdas dan tablet yang cepat menjadi perangkat populer. Di internet sendiri, situs jejaring sosial yang besar dan berkembang pesat menciptakan lebih banyak widget bagi pengguna untuk menempatkan di blog mereka dan situs web lain yang dibuat widget yang dirancang untuk masuk ke situs jaringan sosial. Dalam desain, tipografi meningkat luar biasa dan desain berbasis grid cepat menjadi norma. Saat ini, desain situs web adalah suatu bisnis yang besar. Desain lebih kompleks. Situs web awal sulit dinavigasi tetapi hari ini, situs web yang dirancang dengan baik sudah cukup untuk memastikan bisnis anda akan berhasil. Dalam hal desain, di mana internet mulai dari sekarang adalah pemikiran dari siapa pun. Kami memiliki warna, kami memiliki font dan kami memiliki gambar. Kami bahkan dapat menyematkan video ke situs web sekarang jadi siapa yang tahu kemana tren selanjutnya yang akan membawa kami ?

    [​IMG]

    Itulah kira-kira Sejarah Singkat Tentang Desain Situs Web. Bagaimana desain situs web di era selanjutnya? kita tunggu dan ikuti saja perkembangannya, tutorial desain situs web serta contoh designnya akan selalu menemani dan mudah-mudahan bisa selalu mengikuti perkembangan tersebut ya. PT TOG Indonesia masih terus menerima para talenta muda yang ahli di bidang IT untuk bekerja bersama kami silahkan kirim CV/Resume melalui website yang tertera di artikel ini ya.

    Salam Sukses
    [​IMG]

    TOG Indonesia
     
  2. The sole studio

    The sole studio New Member

    Joined:
    Apr 19, 2018
    Messages:
    5
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    3
    Ternyata website dulunya hanya berupa tautan tanpa ada desain yang menarik seperti sekarang yaa. Terima kasih infonya, jadi menambah pengetahuan saya tentang web design
     
    seotog likes this.
  3. Sugeng Joss

    Sugeng Joss New Member

    Joined:
    Jun 20, 2018
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    tak terbayangkan seandainya tidak ditemukan widget saat ini, karena dengan adanya widget ini seorang blogger pemula sudah dapat mendesain tampilan website/situsnya lebih baik lagi......, terima kasih atas info nya
     
    seotog likes this.
  4. adiproject

    adiproject Member

    Joined:
    May 5, 2014
    Messages:
    116
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Terimakasih infonya, nambah ilmu juga...
     
    seotog likes this.
  5. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    846
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    yang jadi penasaran, dulu sebelum adanya mesin pencari seperti google, bing, yahoo,... nah pake apa browsingnya ??
     
    seotog likes this.
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    9,463
    Likes Received:
    2,444
    Trophy Points:
    313
    mesin pencari atau browser? Untuk web (internet): mesin pencari Archie (1990), sedangkan browser "WorldWideWeb" dari Tim Berners-Lee (1990) :D
     
    seotog likes this.
  7. seotog

    seotog Member

    Joined:
    Mar 29, 2018
    Messages:
    191
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    terima kasih banyak om sudah banyak bantu jawab nih :D
     
  8. boats

    boats Member

    Joined:
    Apr 8, 2015
    Messages:
    90
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    baru tau nih ndan "Pada tahun 2000, beberapa ratusan ribu bisnis web tiba-tiba jatuh. Namun, ini hanya bersifat sementara dan tidak berlangsung lama"
     
    seotog likes this.
  9. elfathin

    elfathin New Member

    Joined:
    Jul 31, 2018
    Messages:
    18
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    jujur baru tau sekarang sejarah situs web.. nice sharing nya
     
Loading...

Share This Page