Sejuta Manfaat Madu

Discussion in 'General Discussion' started by hillaryhoney, Sep 19, 2016.

  1. hillaryhoney

    hillaryhoney New Member

    Joined:
    May 3, 2016
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1


    Manfaat madu untuk kulit tubuh


    · Toner Kulit

    Madu dapat bermanfaat sebagai toner kulit dan dapat membuat kulit menjadi kencang, lembut, dan lembab. Caranya dengan mencampurkan 1 buah kulit jeruk dengan 1 sendok madu, kemudian blender hingga halus, setelah itu gosokkan ke bagian wajah dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan dan basuhlah madu yang telah mengering tadi dengan air hangat secara perlahan-lahan.

    · Masker Wajah

    Masker wajah alami dan aman bagi kulit adalah dengan menggunakan madu, karena madu dapat bermanfaat untuk mengencangkan kulit wajah dan menghilangkan flek hitam atau noda hitam pada wajah. Caranya dengan oleskan madu murni pada seluruh daerah wajah, kemudian diamkan selama 13 menit dan biarkan hingga madu benar-benar mengering. Setelah itu basuhlah wajah dengan menggunakan air hangat hingga mengering.

    · Mencegah Penuaan Dini

    Manfaat madu yang paling sering dicari oleh wanita yaitu mencegah atau mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Dengan mengoleskan madu ke wajah secara rutin, kulit wajah anda akan terlihat lebih awet muda. Anda bisa mencampurkan madu dengan 2 sendok the air lemon dan sedikit air.Tuangkan beberapa tetes campuran madu tersebut ke kapas bersih. Kemudian usapkan pada wajah setelah dibersihkan.

    · Membersihkan Kulit

    Madu mempunyai kandungan enzim alami. Jika enzim alami tersebut dicampurkan dengan sedikit air, maka akan berubah menjadi cairan antiseptik yang bisa anda gunakan untuk membersihkan kulit wajah anda. cairan antiseptik madu tersebut tidak akan mengurangi kandungan minyak alami kulit anda.

    · Madu bisa menghaluskan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah.

    Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan 2 gelas susu hangat dengan segelas madu (perbandingan 2 : 1) ke dalam baskom. Kemudian, masukkan kedua kaki ke dalam baskom tersebut. Diamkan selama 15 menit sambil diurut-urutkan. Cara-cara ini juga bisa dipakai dalam perawatan kulit lutut, siku, tangan, atau bagian-bagian tubuh Anda yang lain yang ingin menjadi lebih lembut.

    · Madu bisa sebagai lotion

    Madu bisa dibuat lotion alami untuk perawatan kulit sehari-hari.Lotion ini bermanfaat dalam menjaga kehalusan kulit.Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan cara mencampurkan satu sendok teh madu, satu sendok teh minyak biji anggur, satu sendok the jus lemon, dan tiga tetes minyak lavender. Aduk semua bahan hingga rata dan usapkan di seluruh permukaan kulit tubuh setiap setelah mandi pagi.

    · Madu sebagai scrub

    Madu juga bisa digunakan untuk scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati secara perlahan sekaligus nutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan cara campurkan 1 sendok makan kaolin (sejenis mineral alami yang dapat diperoleh di toko bahan kimia), 1 sendok teh tepung biji gandum, 1 jumput tepung kayu manis, dan 1 sendok makan madu. Lalu oleskan pada wajah dan leher, kemudian gosok dengan gerakan melingkar. Bilas dengan air hangat.


    Manfaat madu untuk luka bakar


    Sejak puluhan ribu tahun lalu, madu banyak digunakan untuk mengobati beragam jenis penyakit, antara lain penyakit lambung dan batuk. Tidak hanya itu, banyak pula penelitian yang mengaitkan manfaat madu dengan berbagai terapi tropikal untuk penyembuhan luka, seperti luka bakar, infeksi, luka pasca-operasi, dan luka ulkus, baik luka ulkus kaki, dekubitus, maupun ulkus kaki diabet.

    Menurut Haryanto, peneliti madu sebagai obat penyembuh luka, sampai saat ini telah banyak hasil penelitian yang melaporkan bahwa madu efektif untuk perawatan luka, baik secara klinis maupun laboratorium. Selain mampu meningkatkan jaringan granulasi, tambah Haryanto, cairan manis kental itu bisa meningkatkan kontraksi pada luka. Keefektifan madu sebagai bahan terapi tropikal salah satunya disebabkan tingginya kandungan nutrisi di dalam madu. Hal tersebut sebenarnya sudah dikenal luas di dunia pengobatan dan kesehatan. Haryanto menjelaskan pada dasarnya kandungan dan sifat madu berbeda-beda, dan hal tersebut bergantung pada sumber madu.

    Madu juga mengandung zat antioksidan dan hidrogen peroksida (H2O2) sebagai senyawa yang bisa menetralisasi radikal bebas. Senyawa- senyawa itulah yang sangat mendukung madu untuk digunakan sebagai bahan terapi tropikal perawatan luka. Salah satu jenis madu yang cukup dikenal masyarakat untuk digunakan sebagai perawatan luka ialah madu manuka honey. Madu itu efektif digunakan sebagai bahan terapi tropikal karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi serta sifatnya yang memang cocok untuk menyembuhkan luka.

    Menurut Haryanto, ada beberapa hal yang membuat madu bermanfaat sebagai penyembuh luka, terutama luka ulkus diabetus dan luka bakar. Madu memiliki sifat osmolaritas yang cukup tinggi. Osmolaritas diartikan sebagai total mmol elektrolit yang terkandung dalam suatu cairan. Cairan lembut itu merupakan larutan yang mengalami supersaturasi dengan kandungan gula yang tinggi dan memiliki interaksi kuat dengan molekul air. Kondisi itu akan menghambat pertumbuhan mikroorganisme serta mengurangi aroma pada luka.

    Penanganan luka bakar dengan madu ini hanya direkomendasikan untuk derajat luka bakar tingkat awal (tingkat satu), yaitu luka bakar yang hanya mengenai lapisan kulit paling luar (lapisan tanduk), yaitu lapisan kulit yang tediri dari sel-sel kulit yang dapat terkelupas dan mati, lalu diganti dengan sel-sel baru. Untuk luka bakar tingkat 2 dan 3, yaitu yang mengenai lapisan dibawah lapisan tanduk hingga jaringan kulit (ditandai dengan warna kemerah-merahan dan timbulnya gelembung-gelembung cairan berwarna jernih tapi kental, diiringi dengan rasa sakit yang mengganggu dan bila gelembung tersebut pecah akan terlihat kulit berwarna kemerah-merahan), sebaiknya harus segera dilakukan pertolongan medis oleh dokter.

    Manfaat madu untuk ibu hamil

    Amankah Madu bagi kehamilan?

    Madu alami sebenarnya mengandung spora yang bernama botulisme. Namun madu masih aman jika dikonsumsi oleh orang dewasa termasuk Wanita hamil. Hal ini karena dalam usus orang dewasa lebih asam serta mengandung bakteri menguntungkan yang bermanfaat mencegah perkembangan dari spora bakteri ini. Jadi pada wanita hamil dan orang dewasa pada umumnya, spora dalam madu ini seringkali tidak menyebabkan penyakit. Hal ini karena akan mati ketika berada didalam usus wanita hamil, sehingga spora tidak bisa mencapai aliran darah dan tidak diteruskan kepada bayinya. Jawabannya, madu alami aman bagi ibu hamil!

    Namun yang perlu diingat bahwa madu mentah asli bisa menyebabkan penyakit pada bayi yang berumur dibawah 1 tahun, karena tingkat keasaman usus mereka masih belum mampu untuk mematikan spora ini.

    Madu kaya akan kandungan gizi mulai dari asam amino, zat gula glukosa dan fruktosa, vitamin, riboflavin, thiamin, asam pantotenat, niasin, asam askorbat, piridoksin, dan kandungan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, phosphor, zat besi, sulfut, dan mangan. Selain itu, madu juga dilengkapi dengan keunggulan lain yaitu kandungan antibiotic yang terdapat dalam tiap tetesnya. Itulah kenapa madu menjadi salah satu sumber energy yang sangat dianjurkan bagi ibu hamil.

    Dan juga dapat mengatasi morning sickness. Morning sickness dialami oleh sebanyak 70% dari seluruh ibu hamil. Mual dan muntah pada trimester pertama masa kehamilan menjadi gangguan juga. Dalam kasus yang berat morning sickness dapat menyebabkan penurunan berat badan, malnutrisi atau komplikasi kesehatan yang serius, sehingga dapat memengaruhi perkembangan janin. Dalam pengobatan tradisional untuk ibu hamil yang mengalami mual dan muntah menggunakan soda dan kerupuk, namun ini hanya sedikit membantu. Maka sebagai obatnya ibu hamil dapat menyeduh Jahe hangat dengan madu. Jahe yang efektif terhadap sistem reproduksi dan pencernaan, sehingga dapat merangsang sirkulasi dan menyuplai darah sehat untuk organ-organ pencernaan.


    Sumber : klik di sini
     
    Last edited: Sep 19, 2016
  2. rosemina

    rosemina New Member

    Joined:
    Sep 20, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    sekarang susah cari madu yang asli banyak yang jual tapi sudah campuran
     
Loading...

Share This Page