Sekilas tentang minum kopi

Discussion in 'Health & Medical' started by faylaafcharina, May 14, 2016.

  1. faylaafcharina

    faylaafcharina Member

    Joined:
    Mar 17, 2015
    Messages:
    173
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Siapa yang tak kenal dengan kopi , mulai dari pedesaan, warung angkringan di pinggir jalan , mall , hingga hotel berbintang banyak ditemui kedai-kedai kopi . Ini wajar saja sebab kopi bukanlah termasuk minuman/makanan mewah , harganya yang sangat murah membuat seluruh lapisan masyarakat dapat menikmatinya .

    [​IMG]
    Kafein dalam kopi


    Manfaat yang paling bisa kita rasakan adalah dengan kita mengkonsumsi secangkir kopi kita akan kuat mellek ( tidak tidur ) untuk jangka waktu tertentu , hal ini disebabkan karena efek kafein dalam kopi mampu memblokade fungsi adenosi ( senyawa dalam tubuh yang menyuruh kita untuk tidur jika kita sedang letih )

    Waktu yang baik untuk minum kopi

    waktu yang paling tepat untuk mengkonsumsi kopi adalah disaat hormon kortisol dalam tubuh sedang tidak tinggi ( hormon kortisol = hormon penyebab stress ), berikut ini adalah jam-jam dimana hormon kortisol manusia sedang tinggi ( sebaiknya dihindari ) :
    • Jam 08.00 - 09.00
    • Jam 12.00 - 13.00
    • Jam 17.30 - 18.30
    Kita sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi di jam-jam tersebut diatas , itu artinya kita boleh mengkonsumsi pada jam diluar itu misalnya : jam 09.00 - 12.00 , jam 13.00 - 17.30 serta sehabis jam 18.30 , jika ini kita lakukan maka efeknya adalah akan ketergantungan kita pada kopi.

    Batas maksimal mengkonsumsi kopi

    Meskipun kopi rasanya enak , namun tidak berarti bahwa kita boleh seenaknya mengkonsumsi banyak-banyak akan kopi , ada batas wajar yang harus kita patuhi , berikut ini aturannya :
    • Untuk kaum pria batas maksimal mengkonsumsi kafein adalah 400 mg per hari atau setara dengan 4 cangkir kopi .
    • Sedangkan untuk kaum perempuan maka batas maksimal mengkonsumsi kafein adalah 300 mg atau setara dengan 3 cangkir kopi.
     
  2. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    368
    Likes Received:
    39
    Trophy Points:
    28
    nice post bro.. aku kalo ngopi jam 2an dimana pas kerja di hajar sama rasa kantuk yang luar biasa (kebanyakan makan siang bro), trus minum kopi biar di depan komputer bisa fokus tapi masih tetep ngantuk juga.. :D
     
  3. Angkasa Bali

    Angkasa Bali Member

    Joined:
    Oct 20, 2014
    Messages:
    790
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
  4. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Semenjak terkena asam lambung dan tipes saya berhenti minum kopi. Sebenarnya itu adalah minuman favorit, gara gara telat makan, lambung jadi bermasalah,,, Saran saya kepada teman2 semua jangan sampai terlambat makan, pagi, siang dan sore biar tubuh kalian tetap tahes terhadap kopi atau minuman lain.
     
  5. faisalhendri

    faisalhendri Member

    Joined:
    Jul 22, 2016
    Messages:
    152
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    kebetulan banyak sekali orang yang ngopi di waktu2 hormon itu sedang tinggi, contohnya di waktu pagi sedang duduk2 santai, terus di waktu siang saat sedang istirahat dan waktu sore setelah pulang kerja..
    pas banget kan timingnya, ternyata gak boleh yaa
     
Loading...

Share This Page