Selamatkan Hutan dengan Beli Produk Berlogo FSC

Discussion in 'General Lifestyle' started by Forum Hijau, Jul 15, 2015.

  1. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    FORUMHIJAU.COM - Tanpa disadari, manusia sangat bergantung pada hutan. Manfaat hutan bagi manusia tidak hanya berupa kayu untuk bangunan dan mebel saja, kertas juga produk hutan. Demikian juga bahan baku untuk obat- obatan, kosmetik, dan jasa lingkungan, seperti air dan kemampuan hutan menyerap polusi.

    Kebutuhan manusia akan produk dan jasa hasil hutan semakin meningkat dengan semakin bertambahnya penduduk. Indonesia yang memiliki penduduk lebih dari 250 juta jiwa, dengan penduduk usia produktifnya mencapai lebih dari 60 persen, menjadikan negara ini memiliki pola konsumtif yang besar, sehingga ancaman terhadap hutan pun besar.

    Saat ini ada 600 produk di Indonesia yang menggunakan label Forest Stewardship Council (FSC). Dengan adanya label FSC pihak produsen memastikan jika produknya ramah lingkungan dan tidak merusak hutan.

    ''Label FSC pada produk merupakan simbol yang menyatakan produk tersebut dihasilkan dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab baik secara lingkungan maupun sosial,'' kata Hartono Prabowo, FSC Indonesia Representative.

    Hartono menjelaskan saat ini terdapat 2 juta hektar hutan yang tersertifikasi dengan standar FSC, baik hutan alam (HPH) maupun hutan rakyat. Luasannya akan meningkat hingga dua kali lipat dalam 3-4 tahun mendatang, termasuk dengan akan disertifikasinya beberapa perusahaan pengelola hutan alam dalam waktu dekat.

    Namun demikian, jumlah ini hanya 2 persen saja dari total hutan alam yang ada di Indonesia.

    ''Sampai saat ini belum ada hutan tanaman industri (HTI) yang tersertifikasi,'' kata Hartono.

    Di Indonesia produk sehari-hari yang menggunakan label FSC untuk produk minuman yang menggunakan kemasan berlabel FSC antara lain adalah Susu Ultra dan Teh Kotak. Pensil Faber-Castell juga sudah menggunakan kayu dari hutan yang bersertifikat FSC.

    Selain produk kemasan dan pensil, banyak perusahaan kayu dan mebel Indonesia yang sudah bersertifikat FSC namun masih lebih banyak yang berorientasi ekspor. Salah satu produk yang telah menggunakan label FSC adalah Tetra Pak. Produk Teta Pak saat ini telah digunakan lebih dari 170 negara.

    Kemasan karton pertama untuk makanan dan minuman yang menggunakan label FSC diluncurkan oleh Tetra Pak di Inggris di tahun 2007.

    "Kemasan Tetra Pak sebagian besar terdiri dari serat kayu, oleh karena itu hutan yang sehat merupakan kunci keberhasilan usaha kami. Dengan memilih kemasan Tetra Pak berlabel FSC, maka kita turut berperan melindungi hutan-hutan di seluruh dunia," Mignonne N.B. Maramis Akiyama, Direktur Komunikasi Tetra Pak Indonesia.

    Logo FSC lihat disini > http://forumhijau.com/?p=2173

    Source : Forumhijau.com

    Follow us : @ForumHijau_ID
     
  2. Leni Fitriani

    Leni Fitriani Member

    Joined:
    Jul 14, 2015
    Messages:
    211
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    Semakin Banyak Ekploitasi pada hutan makin terancam pula keberadaan Hutan.
     
  3. noetral

    noetral Member

    Joined:
    Apr 6, 2013
    Messages:
    458
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    selamatkan hutan dengan tidak menebang nya :D
     
Loading...

Share This Page