Seluk-Beluk Pendirian Akta Pendirian Yayasan yang Wajib Anda Ketahui

Discussion in 'General Business' started by smartlegal, May 16, 2019.

  1. smartlegal

    smartlegal Member

    Joined:
    Dec 26, 2018
    Messages:
    20
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Pastikan Anda mengetahui cara membentuk yayasan berikut contoh akta pendirian yayasan untuk mendapatkan keabsahan di mata hukum.

    Legalitas hukum penting untuk yayasan agar bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat dan melaksanakan kegiatan dengan lancar. Bukti legalitas tersebut diwujudkan dalam bentuk akta pendirian. Karena itu, Anda harus mengetahui prosedur pembuatan, pengesahan, serta berikut contoh akta pendirian yayasan.

    Langkah-Langkah Membuat Akta Pendirian Yayasan
    Akta pendirian yayasan merupakan dokumen berisi identitas, tujuan, struktur organisasi, serta cakupan kegiatan yayasan. Berkas ini harus disahkan oleh notaris untuk mendapatkan kekuatan hukum. Secara singkat, berikut langkah-langkah membuat akta pendirian yayasan.

    1. Mendatangi kantor notaris bersama para pendiri untuk membubuhkan tanda tangan dan cap sidik jari di akta pendirian yayasan.

    2. Pemberi tanda tangan dan sidik jari harus sesuai daftar yang dibuat oleh pihak pendiri maupun notaris.

    3. Selanjutnya, pengurus dan pendiri yang hadir menandatangani surat pernyataan berisi keterangan tidak dalam perkara maupun sengketa di pengadilan.

    4. Langkah keempat, memberikan tanda tangan di surat pernyataan keterangan domisili yayasan.

    5. Usai akad, Anda harus membuat salinan akta pendirian berbentuk hardcopy dan softcopy dengan format PDF.

    6. Lakukan scan pada salinan akta softcopy ke komputer Anda. File ini nantinya akan digunakan untuk kepentingan akses data via situs AHU.

    7. Langkah ketujuh, buatlah surat keterangan domisili yayasan di kelurahan. Kemudian, bawa surat tersebut ke kantor kecamatan untuk mendapatkan pengesahan.

    8. Langkah terakhir, kumpulkan berkas salinan akta pendirian yayasan dan surat keterangan domisili dalam satu map. Lalu, bawa map ke kantor pelayanan pajak. Di tempat ini, Anda bisa mendapatkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dengan menyerahkan map tersebut.


    Pengesahan Akta Pendirian Yayasan
    Akta pendirian yayasan dinyatakan sah secara hukum jika telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia. Proses mengajukan permohonan pengesahan akta bisa dilakukan oleh notaris dalam waktu kurang lebih 10 hari sejak tanggal pembubuhan tanda tangan.

    Keputusan diterima atau ditolaknya permohonan tersebut, selambat-lambatnya 30 hari sejak tanggal pengajuan. Ketika permohonan ditolak, Menteri Hukum dan HAM akan memberikan pemberitahuan secara tertulis kepada kuasa hukum atau notaris Anda. Alasan penolakan biasanya terkait ketentuan dalam undang-undang atau peraturan pelaksanaannya.

    Supaya hal itu tidak terjadi pada Anda, pastikan dokumen yang diajukan memenuhi syarat. Jangan lupa, patuhi aturan pendirian yayasan sebagaimana tercantum dalam dasar hukum berikut ini.

    · Undang-Undang Republik Indonesia No. 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.

    · Undang-Undang Republik Indonesia No. 28 Tahun 2004 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2001.

    · Peraturan Pemerintah No. 2 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Nomor 63 Tahun 2008 yang mencakup pelaksanaan undang-undang yayasan.


    Mengapa Yayasan Harus Punya Akta?
    Membangun yayasan merupakan pilihan bagi Anda yang ingin berdedikasi di bidang sosial, keagamaan, dan kemanusiaan. Namun, mendirikan yayasan tidak mudah; butuh komitmen, tanggung jawab, dan persiapan untuk menyukseskan kegiatannya.

    Salah satu persiapan tersebut adalah membuat akta pendirian yayasan. Proses ini penting dilakukan supaya yayasan bisa melakukan aktivitas secara legal. Selain itu, akta pendirian memungkinkan yayasan untuk meningkatkan produktivitas hingga skala nasional maupun internasional.

    Tidak hanya itu, akta pendirian yayasan juga memudahkan hubungan dengan instansi pemerintahan. Adanya dokumen tersebut membantu yayasan untuk mengurus legalitas lain yang mendorong tercapainya tujuan.



    Demikian ulasan seputar langkah membuat akta yayasan, mengesahkan, sampai dengan alasan pentingnya memiliki akta tersebut. Jika membutuhkan informasi lebih lanjut seputar prosedur pembuatan berikut contoh akta pendirian yayasan, silakan mengakses situs smartlegal.id.
     

Share This Page