Sendi Mengalami Pembengkakan ? Ini Dia Penyebabnya

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Sep 14, 2018.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    184
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Penyakit rematik ini adalah penyakit yang menyebabkan terjadinya peradangan, dan kemudian akan berakibat terasa nyeri, kaku, dan bahkan sampai bengkak pada sendi. Pada kebanyakan kasus biasanya penyakit ini disebabkan oleh autoimun. Tangan, pergelangan kaki, tangan da lutut adalah yang sering terkena penyakit rematik ini. Selain di area luar, penyakit rematik ini juga dapat menyerang anggota tubuh bagian dalam seperti jantung, mata, pembuluh darah, kulit, syaraf, dan paru-paru.

    Dalam beraktivitas pun penderita penyakit rematik ini menjadi banyak terganggu. Hal ini dapat mempengaruhi kemampuan untuk melakukan aktivitas harian seperti menulis, membuka botol, membawa barang, dan memakai baju. Jika yang terkena penyakit rematik adalah bagian pinggul, lutut, atau kaki akan dapat membuat sulit untuk berjalan membungkuk, atau bahkan berdiri.

    Kebanyakan kasus, penyakit rematik ini lebih sering menyerang pada usia 20-40 tahun. Pria lebih jarang terkena penyakit rematik ini dibandingkan dengan wanita yang berpotensi 2-3 kali lipat untuk terkena penyakit ini.

    Faktor Penyebab Terjadinya Rematik

    Banyak hal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit rematik ini terhadap seseorang. Berikut ini beberapa faktor umum yang menyebabkan terjadinya penyakit rematik, diantaranya :

    • Usia, Lebih sering menyerang atau menjangkit pada usia kisaran 20-40 tahun. Tidak menutupi kemungkinan bahwa yang muda dan lansia pun dapat terkena penyakit yang satu ini.
    • Riwayat Keluarga, Apabila anda seseorang yang dari keturunan penderita rematik, anda lebih berpotensi untuk terkena penyakit ini.
    • Gender, Wanita cenderung lebih berpotensi terkena penyakit yang rematik ini. Namun, bagi pria harus tetap waspada agar senantiasa dalam selalu melakukan pola hidup sehat.
    Gejala Penyakit Rematik
    • Area sendi yang terkena terlihat merah dan terasa panas.
    • Ketika di pagi hari, sendi lebih sering tidak dapat digerakan.
    • Sendi mengalami pembengkakan.
    • Adanya inflamasi atau peradangan aktif yang mengakibatkan timbulnya rasa sakit.
    Gejala-gejala di atas belum semua tertulis. Penyakit rematik ini dapat menyebabkan kerusakan dan perubahan pada bentuk permanen sendi. Jika terus dibiarkan, pergerakan sendi akan lebih terbatas dan fungsi sendi dapat kehilangan kendali sepenuhnya. Selain itu, gejala-gejala yang timbul akibat penyakit rematik ini adalah mudah merasa lelah, mengalami demam, terasa nyeri pada otot, dan nafsu makan yang berkurang. Jika mengalami hal-hal seperti di atas, segera lakukan pengobatan dan pencegahan dengan cara yang tepat dan benar.
     
Loading...

Share This Page