Seni Musik, Pengertian, Fungsi Beserta Unsurnya

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by Pamungkas Adipura, Nov 3, 2016.

  1. Pamungkas Adipura

    Pamungkas Adipura New Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Musik ialah bunyi yang dibuat sedemikian rupa sehingga melahirkan nada, lagu dan keharmonisan terutama bunyi yang dihasilkan dari alat yang dapat menghasilkan irama. Media tersebut bisa berupa alat musik tradisional maupun alat musik modern.

    Barangkali banyak diantara kita yang mengetahui musik sebatas karya yang diciptakan oleh para musisi. Akan tetapi, lebih dalam daripada itu sebelum karya diciptakan ada beberapa komponen yang mesti dipenuhi yakni Unsur-unsur Musik dan Fungsi Musik. Apakah itu? Mari langsung kita bahas satu per satu.

    Fungsi Musik

    Musik adalah sebuah komponen yang penting dalam kehidupan manusia. Sejak dulu kala musik sudah memegang peranan dalam beberapa fungsi berdasarkan bentuk dari musik itu sendiri.
    Dari berbagai klasifikasi musik tersebut, fungsi musik dapat diklasifikasikan dalam sejumlah bagian, yaitu sebagai berikut :


    1. Musik Sebagai Sarana Ekspresi Diri

    Seorang musisi akan lebih mudah mengungkapkan atau meluapkan perasaannya melalui musik. Selain untuk menampilkan bakatnya, ekspresi perasaan lewat musik akan lebih mudah dirasakan.

    Apalagi seandainya musik tersebut berwujud vokal yang berisi kata-kata yang tersusun elok dan mudah dipahami, disertai dengan lantunan irama yang mewakili luapan yang akan dikeluarkan. Misalkan jikalau hendak mengungkapkan sedih, irama yang dimainkan berupa nada yang bertempo lambat dan halus. Sebaliknya, jika nada tersebut cepat dan menggebu-gebu biasanya mewakili luapan senang dan bahagia.

    2. Musik Sebagai Sarana Hiburan

    Musik sangat efektif dalam menghibur. Selama suatu musik tersebut dianggap bagus, sudah pasti musik tersebut bisa menghibur. Seseorang bahkan memerlukan musik untuk menghibur diri jika sedang bosan ataupun sedih. Lebih dari menghibur, musik juga dapat melengahkan manusia dari kehidupan sehari-harinya.

    3. Musik Sebagai Sarana Terapi

    Musik sebagai terapi mulanya diperkenalkan pada perang dunia ke-II untuk memulihkan korban perang. Sekarang musik acap kali dimanfaatkan untuk terapi penyakit kejiwaan atau kelumpuhan anggota tubuh. Musik juga dapat berguna untuk menyegarkan sejenak sistem sistem otak setelah lama digunakan saat bekerja.

    4. Musik Sebagai Sarana Upacara

    Musik di Indonesia, pasti akan selalu berkaitan erat dengan upacara-upacara tertentu seperti perkawinan, kelahiran, kematian, serta upacara keyakinan dan kenegaraan. Di beberapa daerah, suara dari suatu media musik dipercaya memiliki unsur magis.

    5. Musik Sebagai Sarana Komersial

    Bagi para seniman, musik merupakan salah satu pundi-pundi pendapatan. Mereka merekam hasil karya mereka dalam bentuk pita kaset atau CD.

    Kemudian, karya mereka akan dijual ke pasaran. Dari hasil penjualannya ini mereka mendapatkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tidak hanya dalam media kaset dan CD. Para musisi juga melakukan pementasan yang dipungut biaya.

    Musik juga sering dijadikan sebagai soundtrack sebuah film atau biasa disebut OST (Original Soundtrack). Biasanya musik yang dijadikan sebagai OST mempunyai keterkaitan terhadap film berupa keterkaitan cerita yang dapat mengungkapkan isi dari film tersebut. Bahkan musik juga banyak dimanfaatkan sebagai OST dari sebuah Iklan, baik itu di televisi maupun radio.

    6. Musik Sebagai Sarana Tari

    Musik selalu cocok jika dikaitkan dengan tarian. Keduanya saling berkaitan dengan adanya kesamaan pola dan ritme satu satu sama lainnya, suatu tarian tanpa disertai irama musik akan terkesan hampa (kosong) dan menyulitkan bagi sang penari.

    Diwaktu penari memperagakan gerak tarinya dibutuhkan tempo dan ritme agar gerakannya bagus. Di Indonesia, bunyi-bunyian atau musik diciptakan oleh masyarakat untuk mengiringi tarian-tarian daerah.

    Oleh karena itu, kebanyakan tarian daerah di Indonesia hanya dapat diisi oleh musik daerah nya sendiri. Barangkali di luar negeri juga begitu. Seperti dansa, balet dan dan lain sebagainya.

    7. Musik Sebagai Sarana Pendidikan

    Sebagai media pendidikan, musik dipakai dalam proses pembelajaran di sekolah. Musik dimanfaatkan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air kepada siswa-siswa melalui lagu-lagu perjuangan.

    Lebih dari itu itu, lagu daerah juga bisa dimanfaatkan untuk pendidikan siswa dalam hal meningkatkan sikap tenggang rasa terhadap perbedaan suku, ras dan agama.

    Dalam pendidikan, musik juga dapat digunakan sebagai media pengembangan diri murid. Musik juga dapat membentuk mental yang bagus bagi seseorang. Seperti yang diungkapkan oleh Bung Hatta, bahwasanya musik dapat menumbuhkan perasaan halus dan budi yang halus dalam mental manusia.

    Dengan musik, jiwa lebih memiliki rasa akan harmoni dan nada. Diantara keduanya ialah dasar yang bagus untuk menghidupkan rasa keadilan. Namun dalam pendidikan musik, harus dijauhkan lagu-lagu yang bersifat melemahkan jiwa serta mudah meningkatkan nafsu tercela.

    8. Musik Sebagai Sarana Komunikasi

    Di beberapa daerah di Indonesia, bunyi-bunyi instrumen tertentu yang memiliki makna tertentu juga bagi anggota golongan masyarakatnya. Irama-irama itu memiliki struktur ritme tertentu yang menandakan bahwa ada suatu peristiwa atau agenda yang ingin dibagikan kepada penduduk. Instrumen yang sering digunakan dalam masyarakat Indonesia ialah seperti kentongan, bedug di masjid, dan lonceng di gereja.

    9. Musik Sebagai Sarana Kreativitas

    Kreatif adalah sifat yang disematkan pada diri manusia yang dihubungkan dengan skill atau kekuatan untuk menghasilkan. Sifat kreatifitas ini senantiasa diperlukan untuk mengisii perangai manusia dalam hal memenuhi keperluannya.

    Unsur-Unsur Seni Musik

    1. Melodi

    Melodi yaitu suatu kesatuan frase yang tercipta dari bunyi-bunyi dengan urutan, interval, dan tinggi rendah yang teratur. Diantara unsur-unsur seni musik yang lain, melodi dianggap sebagai unsur yang menjadi daya tarik musik itu sendiri.

    Adapun untuk menghasilkan melodi, para seniman biasanya menggunakan perkusi atau media musik melodis lainnya seperti piano, gitar, atau bonang.

    2. Irama

    Irama (ritme) yaitu pergantian panjang pendek, tinggi rendah, dan keras lembut nada atau bunyi dalam suatu susunan musik. Secara sederhana, irama dapat drangakaian sebagai penentu ketukan dalam musik.

    Adapun munculnya unsur seni musik yang satu ini biasanya dikarenakan oleh pengulangan bunyi, panjang pendek kata dalam lagu, atau sebab pergantian tekanan-tekanan kata.

    3. Birama

    Birama adalah unsur seni musik yang berupa ketukan atau ayunan berulang-ulang yang datang dengan teratur pada waktu yang sama.

    Penulisan birama acap kali ditulis dalam angka pecahan seperti 2/4, 3/4, 2/3, dan seterusnya. Angka di atas tanda “/” (pembilang) menyiratkan jumlah ketukan, sedangkan angka di atas tanda “/” (penyebut) menunjukkan nilai nada dalam satu ketukan.

    Birama yang nilai penyebutnya genap disebut birama bainar, sedangkan birama yang penyebutnya ganjil disebut birama ternair.

    4. Harmoni

    Harmoni yaitu sekumpulan nada yang semisal dimainkan bersama-sama menjadi bunyi yang enak di dengar. Harmoni juga bisa diartikan sebagai suatu rangkaian akord-akord yang disusun selaras dan dimainkan sebagai iringan musik.

    5. Tangga Nada


    Tangga nada ialah deret nada yang disusun berjenjang dan dimainkan sebagai unsur penting dalam pementasan seni musik. Ada 2 macam tangga nada, yakni tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis.

    Tangga nada diantonis adalah tangga nada yang tercipta dari 7 buah nada dengan 2 jenis jarak (1/2 dan 1), sedangkan tangga nada diatonis ialah tangga nada yang terdiri dari 5 buah nada dengan jarak tertentu.

    6. Tempo

    Tempo merupakan ukuran kecepatan birama lagu. Semakin cepat suatu lagu dimainkan, maka semakin besar juga nilai tempo dari lagu tersebut. Unsur-unsur seni musik yang satu ini dikelompokkan menjadi 8, yaitu Largo (Lambat Sekali), Lento (Lebih Lambat), Adagio (Lambat), Andante (Sedang), Moderato (Sedang Agak Cepat), Allegro (Cepat), Vivace (Lebih Cepat), dan
    Presto (Cepat Sekali).

    7. Dinamik

    Dinamik adalah tanda untuk memainkan nada dengan volume nyaring atau lembut. Di antara unsur-unsur seni musik yang lain, dinamika menjadi unsur yang paling kuat meluapkan perasaan yang terkandung dalam suatu komposisi musik.

    Dinamika penting untuk menggambarkan apakah sebuah lagu memiliki nuansa sedih, riang, agresif, dan datar.

    Dinamika dinotasikan dalam singkatan sebagai berikut f (forte), ff (fotissimo), fff (forte fortissimo), mf (mezzo forte), p (piano), pp (pianissimo), ppp (piano pianissimo), mp (mezzo piano), > (crescendo), dan < (decrescendo).

    8. Timbre


    Timbre yaitu kualitas atau warna bunyi. Unsur seni musik satu ini keberadaannya sangat dipengaruhi sumber suara dan cara bergetarnya. Timbre yang dihasilkan media musik tiup tentunya akan berbeda dengan timbre yang dihasilkan dari alat musik petik, kendatipun keduanya dimainkan dalam nada yang sama.
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,872
    Likes Received:
    170
    Trophy Points:
    63
    Kami suka musik bahkan seluruh keluarga kami juga suka.
    Ini lebih kepada sarana komunikasi kepada Yang Maha Kuasa.
    Untuk kreativitas masih belum ada anggota keluarga yang menjurus ke sana.
    Salam
     
  3. Safari

    Safari Member

    Joined:
    Oct 27, 2016
    Messages:
    124
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Musik pengantar tidur setelah makan siang ... sahdu....:D
     
  4. Yana Mulyana

    Yana Mulyana Member

    Joined:
    Aug 31, 2016
    Messages:
    98
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Menurut bung rhoma seni adalah bahasa jadi mari kita sukai seni musik*music*
     
  5. Doni Bianconeri

    Doni Bianconeri New Member

    Joined:
    May 19, 2014
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Musik memiliki banyak sekalig ragamnya di dunia ini. Dari musik tradisional hingga ke yang modern memiliki "parent music". Jenis Pop dan Rock sebagai 'parent music' yang paling mayoritas di dunia begitu banyak "anak" ragam dan warna. Begitu juga dengan musik Dangdut yang merupakan hasil kreativitas budaya bangsa asli Indonesia yang berasal dari perpaduan unsur musik Arab, Hindi, Melayu, Barat dan unsur-unsur musik tradisional daerah Indonesia seperti Tarling, Banyuwangian, Campursari dan sebagainya.
     
  6. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    212
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Dengan mengengarkan musik bisa membuat ane tidur lebih ce*santai*pat
     
  7. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    483
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    ane seni banget , musik memang salah satu buat hiburan yang simple tapi menghibur .
     
  8. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    819
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul tuh, tanpa musik bagai sayur tanpa bumbu hehe, sayangnya sekarang lagi mulai dibatasi nih, di mobil, kabarnya itu kita udah ga boleh dengerin musik walau lewat dashboard mobil, mustinya langsung menilang pabrikan mobilnya, agar jangan dikasih fitur audio dll.. menilang hulu nya, pasti hilirnya ga akan adalagi bawa mobil sambil dengerin musik heheee
     
  9. OkaSaputra

    OkaSaputra Member

    Joined:
    Dec 2, 2017
    Messages:
    100
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Mudah"an untuk point terakhir segera ada pencerahan lebih lanjut yaa, jangan sampai kita yang bawa mobil atau motor jadi sasaran buat ditindak tanpa adanya pasal yg jelas melarang audio sebenarnya
     
Loading...

Share This Page