SEO Twitter: Trik Untuk Perbaikan Reputasi

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by uptopromotips, Aug 10, 2017.

  1. uptopromotips

    uptopromotips Member

    Joined:
    Oct 6, 2016
    Messages:
    109
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Jika Anda ingin memperbaiki reputasi pribadi secara online, mengoptimalkan akun Twitter merupakan langkah yang tepat. Kolumnis Chris Silver Smith membagikan tip SEO untuk membantu meningkatkan peringkat profil Twitter Anda.

    Twitter adalah salah satu aset yang patut di perhitungkan karena akan mengganti konten negatif di hasil mesin pencari. Jika reputasi Anda telah dirugikan oleh beberapa konten negatif yang mendapatkan peringkat saat nama Anda dicari, akun Twitter yang kuat bisa menjadi salah satu sumber utama untuk mendorong hal buruk berperingkat rendah di Google dan Bing. Sayangnya, banyak individu, bisnis kecil dan agen reputasi melakukan langkah yang buruk dalam mengoptimalkan profil Twitter.

    Saat mencari nama seseorang dan sebuah bisnis di mesin pencari, akun Twitter bisa muncul di halaman satu Google dan Bing jika sudah dioptimalkan dengan baik. Misalnya, pencarian Coca-Cola menunjukkan akun Twitter utama merek di halaman satu di posisi kedua, tepat di bawah daftar perusahaan untuk situs resmi mereka.
    [​IMG]

    Dalam contoh lain dari Bing, jika Anda mencari Pepsi, Anda akan menemukan akun Twitter resmi dari brand mereka yang muncul di halaman satu untuk pencarian namanya.
    [​IMG]

    Mungkin saja dan tidak mustahil jika penelusuran kata kunci “Trump” di Google atau Bing menampilkan daftar akun Twitter Presiden Trump di dalam dua atau tiga posisi teratas dalam hasil pencarian. Tapi jika Anda mencari di Google untuk nama besar lainnya, Anda akan sering mendapati bahwa akun Twitter mereka berperingkat tinggi juga.

    Pada contoh di bawah ini, yang menampilkan CEO mobil Tesla, Elon Musk, Google telah mengevaluasi tweetnya untuk menjadi sangat penting karena pencarian namanya dan sebuah korsel ditampilkan di hasil pencarian, tepat di bawah daftar akun Twitter-nya.

    Beberapa tadi adalah akun Twitter yang terkenal para selebriti dan brand kuat dengan manajemen media sosial yang canggih. Namun, nama yang kurang dikenal pun bisa mencapai penempatan di halaman pertama di search engine. Dan, jika Anda berada di halaman pertama, Anda mungkin memiliki kesempatan bagus untuk menggunakan akun Twitter Anda untuk menggantikan sesuatu yang negatif tentang Anda di halaman pertama.

    Tapi ini tidak bisa terjadi jika akun Twitter tidak dioptimalkan dengan benar. Jadi, berikut beberapa trik untuk memaksimalkan kekuatan peringkat profil Twitter Anda.



    Optimalkan Username Twitter Anda!

    Hal ini sebagai salah satu dari dua elemen paling berpengaruh dan penting untuk usaha pengoptimalan Twitter Anda. Username Anda, juga dikenal sebagai nama pengguna Anda, digabungkan oleh Twitter ke URL profil dan judul halaman Anda. Ini juga dapat muncul berkali-kali dalam teks profil yang terlihat, dan tautan dan judul yang mengarah dari tempat lain ke halaman Anda.

    Untuk mengoptimalkan username terbaik untuk mendapatkan peringkat nama Anda, Anda perlu membuat username untuk dibilang sedekat mungkin dengan versi nama Anda yang orang ketik saat mencarinya. Orang yang tidak mengerti mesin pencari selalu melakukan kesalahan dalam hal ini. Berikut adalah beberapa tip untuk menyusun nama yang baik:

    • Konvensi penamaan yang ideal adalah menguraikan nama Anda. Semakin dekat Anda mencocokkan ejaan Anda, semakin banyak mesin telusur yang cenderung mengevaluasi username agar sangat relevan dengan penelusuran Anda (mis., @chrmissmith).
    • Jika konfigurasi nama ideal Anda tidak tersedia, kemungkinan nama Anda lebih umum, maka Anda harus membuat variasi di dalamnya. Cobalah untuk memilih singkatan yang sedekat mungkin dengan nama aslinya. Semakin tinggi tingkat kemiripannya, semakin relevan search engine akan mempertimbangkan namanya dibandingkan dengan nama sebenarnya. Buatlah nama yang mungkin terlihat seperti milik Anda jika dibaca dengan cepat, lalu uji dengan menggunakan nama itu untuk mencari di Google. Jika Google secara otomatis mengaitkan versi alternatif dengan situs web Anda dan materi identitas online lainnya, kemungkinan besar Anda berada di jalur yang benar.
    • Jika nama Anda lebih panjang dari 15 karakter yang diberikan oleh Twitter, Anda pasti harus menyingkatnya. Sekali lagi, buatlah nama yang disingkat ini dengan saksama dan ujilah di Google. Misalnya, jika saya mencoba menggunakan nama lengkap saya tanpa spasi, itu adalah: @chrissilversmith. Pada 16 karakter, itu satu karakter terlalu lama untuk bisa diterima oleh Twitter. Sebagai gantinya, saya mungkin memilih untuk menggunakan @chrissilversmth atau @chrissilvrsmith.
    • Jangan tambahkan emoji ke nama pengguna Anda. Ini mungkin terlihat menyenangkan, namun karakter tambahan dapat menyebabkan nama Anda tampil sebagai kata kunci yang kurang relevan saat orang mencari Anda secara online.
    • Sangat menggoda untuk menggunakan garis bawah untuk nama multi-kata untuk menggantikan tempat (mis. @chris_silver). Hindari melakukan hal ini karena Google tidak memperlakukan underscore sebagai karakter seperti spasi, titik, tanda hubung dan sebagainya.


    Optimalkan Nama Lengkap Anda

    Selain bidang Username, Twitter menyediakan field “Nama Lengkap”. Nama Lengkap tampil mencolok di bagian atas profil Anda di bawah foto avatar profil Anda, dan juga muncul bersama ikon avatar di semua tweet Anda.

    Nama Lengkap cukup penting karena beberapa alasan, termasuk:

    1) Namanya dimasukkan ke dalam teks Judul halaman profil, beserta username;

    2) Itu ditampilkan dalam teks yang lebih besar di dekat bagian atas halaman dengan tag judul <h1>;

    3) Itu muncul bersama semua tweet Anda, dan teks ini adalah teks utama di mana pun tweet Anda tampil, akan menautkan kembali langsung ke halaman profil Anda.

    Jadi, Nama Lengkap membantu memperkuat mesin pencari apa nama Anda, dan karena itu urutan kata kunci apa di halaman harus dianggap paling relevan. Seperti bidang Username, satu memiliki karakter terbatas untuk digunakan, meskipun lebih panjang dari nama pengguna, panjangnya 20 karakter, maksimal.

    Buat Nama Lengkap meniru dari nama sebenarnya yang dicari orang semaksimal mungkin kurang lebih 20 karakter cukup panjang untuk menampung nama lengkap Anda. Jika tidak, Anda harus menyingkatnya dengan cara tertentu.

    Tinggalkan kata-kata yang tidak penting, dan bereksperimen dengan mencari variasi nama untuk melihat bagaimana Google dapat mengevaluasi urutannya – apakah Google telah mengasosiasikan nama yang Anda gunakan dengan materi identifikasi online Anda yang ada? Jika demikian, itu pertanda bagus.



    Optimalkan Field Deskripsi ‘Bio’

    Filed deskripsi ini adalah field lain untuk menambahkan beberapa kata kunci yang terkait dengan Anda. Jika nama Anda tidak disertakan dalam kolom Username dan Nama Lengkap tanpa disingkat, jelaskan kembali nama lengkap di Bio, di awal bidang teks. Jika tidak, bio dapat memungkinkan Anda memasukkan kata kunci kombinasi lainnya yang bisa bermanfaat bagi identitas dan representasi online Anda di hasil pencarian.

    Field ini harus menggambarkan secara ringkas siapa dan seperti apa diri Anda. Tapi Anda juga bisa memasukkan nama Twitter dari perusahaan Anda, atau nama kota tempat Anda berada jika Anda adalah perusahaan lokal. Sangat aneh, jika diperhatikan bahwa Twitter tidak menggunakan tag Meta Description pada halaman profilnya.



    Isi kolom Link URL dan Location

    Beberapa individu dan bahkan bisnis, akan membiarkan field ini kosong. Mengisi bidang Tautan Anda dengan URL situs web Anda dapat memperkuat rangkingnya dalam pencarian. Pastikan untuk menggunakan URL kanonik yang tepat untuk ini.

    Hindari penggunaan tautan singkat atau tautan pengarah lainnya. Situs utama Anda juga TIDAK boleh hanya halaman Facebook – itu harus ke situs personal tentang Anda atau perusahaan Anda.

    Periksa link setelah menambahkannya – kesalahan ketik terkadang terjadi. Di field Lokasi, penting jika Anda dikaitkan dengan tempat tertentu, seperti kota atau wilayah metropolitan. Ini harus terdaftar sebagai “Nama Kota, Negara Bagian.” Jangan di sembunyikan dan menempatkan geocoordinate di bidang ini, atau nomor telepon atau apapun yang bukan nama tempat. Jika untuk brand atau tidak terkait dengan wilayah tertentu, Anda boleh membiarkan field Lokasi ini kosong.



    Tweet

    Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa cukup banyak tweeting dari waktu ke waktu akan mengoptimalkan profil Twitter Anda, tapi memang begitu. Setiap tweet dikaitkan kembali ke halaman profil Twitter Anda. Jadi, semakin banyak tweet, semakin banyak link dalam Twitter yang mengarah ke profil Anda. Ini tidak berarti Anda dapat mengirimkan spam dari Twitter melalui akun Anda. Dan juga, jika akun lain dapat meretweet posting Anda, ini juga menghasilkan tautan dari profil mereka ke profil Anda.

    Melakukan tweet dengan benar dengan konten yang bagus dapat menghasilkan kumpulan nilai yang berharga yang membangun kekuatan profil Anda. Lebih banyak tweet sama dengan lebih banyak kesempatan untuk link ke profil Anda.



    Retweet dan Like

    Berbagi konten orang lain dengan cara retweet atau klik untuk Like it (tombol berbentuk hati, juga kadang-kadang disebut sebagai “Favorit”), memungkinkan Anda untuk menarik perhatian pengguna Twitter lainnya. Bahkan lebih baik lagi, beberapa retweet dan Likes benar-benar akan memberi Anda tautan ke profil Anda.

    Bayangkan mendapatkan link dari halaman profil utama pengguna akun Twitter terkemuka, seperti majalah Ellen DeGeneres atau Time. Jangan terobsesi menjadi salah satu dari sembilan orang, tapi teruslah retweet dari tweet orang lain yang masuk akal untuk area topik akun Anda, dan akhirnya Anda akan menemukan beberapa tautan berharga ke profil Anda sendiri.



    Dapatkan Lebih Banyak Pengikut

    Di satu sisi, Google telah menyatakan bahwa mereka tidak menganalisis hal-hal seperti jumlah pengikut di Twitter. Di sisi lain, mereka menganalisis hubungan antar halaman dalam menentukan nilai peringkat relatif, dan mereka mungkin telah berupaya menilai kepastian identitas yang terhubung ke akun media sosial – yang berarti bahwa pengikut dapat menjadi faktor penting, namun pasti harus berinteraksi yang terkait dengan tautan (Tweets dan retweets) bisa bertambah.

    Semakin banyak orang yang mengikuti Anda, semakin banyak orang akan memiliki kesempatan untuk melihat postingan update status Anda, dan semakin besar kemungkinan Anda memiliki retweet posting Anda. Ada beberapa cara untuk mendapatkan lebih banyak pengikut. Anda dapat kembali-mengikuti mereka yang mengikuti Anda, dan ikuti akun lain yang memiliki rasio pengikut-pengikut yang diikuti. Anda bisa membayar iklan di Twitter untuk mendapatkan pengikut dengan cepat. Ada sejumlah metode lain untuk meningkatkan pengikut Anda juga, namun perlu dengan hati-hati, karena beberapa metode memerlukan teknik yang bagus.



    Verifikasi Akun Anda

    Sebuah studi yang dilakukan oleh Stone Temple Consulting menemukan korelasi tinggi antara akun Twitter yang terverifikasi dan indeksasi tweet mereka – sebuah indikator penting bahwa Google dapat mempertimbangkan akun yang terverifikasi agar lebih bermanfaat. Semakin banyak tweet Anda terindeks, semakin banyak halaman profil Anda yang cenderung meraih keuntungan peringkat juga.



    Tautkan ke Akun Twitter Anda

    Sungguh menakjubkan betapa banyak orang dan bisnis yang mengabaikan tautan ke profil Twitter mereka. Menghubungkan langsung ke akun Twitter Anda dari situs web utama dan situs pendukung lainnya dapat membantu memastikannya terindeks dan memberi kesempatan lebih banyak untuk mendapatkan peringkat.

    Ini juga memberi pengunjung situs Anda kesempatan untuk terhubung dengan tweet Anda. Jangan lupa untuk memasukkan nama Anda ke dalam teks tautan untuk memperkuat relevansi kata kunci.



    Sering Posting Image dan Video

    Tweet yang berisi gambar atau video umumnya akan memiliki lebih banyak interaksi – terutama interaksi seperti Retweets dan Favorites / Likes yang bisa bermanfaat bagi Anda. Tentu Anda tidak sering dapat menghasilkan konten semacam itu, namun bisa juga mendapatkan nilai dari retweet konten semacam itu dari sumber lain.



    Bergabung dengan Twitter Card di Situs Anda

    Jika Anda memposting artikel di situs Anda secara konsisten, siapkan kode markup semantik di laman situs Anda untuk mengintegrasikan Twitter Card. Hal ini akan menampilkan pratinjau konten halaman web muncul saat akan ditweet, dan pratinjau ini secara otomatis membuat tweet jauh lebih menarik daripada tweet berbasis teks.

    Twitter Card akan menarik contoh foto atau video dari halaman web Anda saat URL mereka di-tweet, dan kontennya akan menarik pengguna untuk berinteraksi lebih banyak. Jika situs Anda dikirimkan ke platform WordPress, maka SEO Yoast untuk plugin WordPress dapat memberi Anda kode yang tepat untuk Twitter Card, sehingga implementasi menjadi sangat mudah.



    Gunakan Emoji di Tweet Anda

    Dari tahun 2009, direkomedasikan penggunaan emoji dan karakter khusus lainnya di tweets karena menurut pengamatan bahwa hal itu meningkatkan tingkat keterlibatan. Yang lain telah meneliti hal ini dan menemukan hal yang sama. Karena tingkat keterlibatan sering kali sama dengan tautan ke akun tweet dan Twitter Anda, ini berarti menggunakan emoji dapat menemukan tautan Anda dan membantu akun Anda agar berperingkat lebih baik.

    Selanjutnya, Google juga sekarang menampilkan emado dalam hasil pencariannya kapanpun, jadi jika dan kapan tweet Anda terindeks, mereka mungkin juga mendapatkan lebih banyak klik per impresi dari pencari.

    Ketika Anda mengoperasikan akun Twitter yang dioptimalkan dengan baik, profil Anda tertaut ke situs Anda dan tautan di tweet Anda yang bisa diindeks oleh Google dapat membantu konten yang Anda tautkan untuk mencapai peringkat yang lebih baik. Sekarang, Twitter telah menetapkan semua tautan profil dan tautan pembaruan status di tweets untuk menyertakan atribut Nofollow – yang berarti memberi isyarat bahwa tautan tidak lulus manfaat PageRank.

    Beberapa menafsirkan adanya Nofollow dalam atribut link sebagai pengungkapan manfaat SEO. Namun, ada dua hal yang perlu diingat. Pertama, Google mungkin memilih untuk mengabaikan Nofollow untuk situs tertentu, atau konten tertentu dari situs tertentu. Jadi, dalam keadaan tertentu, Google mungkin menggunakan tautan dari Twitter yang memenuhi kriteria berkualitas tinggi untuk melewati PageRank.

    Kedua, bahkan jika PageRank tidak disampaikan, Google dapat menggunakan tweets sebagai sumber penemuan tautan lainnya – jadi, Twitter berpotensi membantu konten Anda terindeks lebih cepat dari Google, meskipun konten tersebut tidak membantu agar konten lebih tinggi. Dan semakin terindeks sebelumnya bisa meningkatkan performa rangking secara tidak langsung. Penelitian tentang topik ini telah bervariasi untuk beberapa waktu, dan seringkali sulit untuk menghilangkan banyak variabel lain yang terlibat dalam peringkat.

    Namun, dalam campaign pengelolaan reputasi, fokus utama Anda harus dipusatkan pada membantu laman profil Twitter Anda agar mendapat peringkat lebih tinggi di Google. Setiap peningkatan teoretis konten Anda yang lain yang mana tweet Anda akan ditampilan anggap saja itu adalah sebuah bonus dari hal itu.

    Tip SEO ini akan membantu Anda benar-benar memanfaatkan Twitter sebagai aset utama dalam campaign perbaikan reputasi Anda. Untuk jangan lewatkan kelebihan-kelebihan yang ditawarkan dari twiter mengenai hal ini.

    Sumber: uptopromo.co.id/blog
     
  2. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    855
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    Ini cocoknya untuo brand yang sudah terkenal kang, bukan brand baru.

    Tidak membutuhkan backlink lagi yah kang.
     
  3. ys. herbi

    ys. herbi Active Member

    Joined:
    Mar 6, 2016
    Messages:
    881
    Likes Received:
    127
    Trophy Points:
    43
    Google+:
    Keyeeeen.. Uptopromo sekarang semakin terkenal nihhh... *bagus**bagus**bagus*
    nggak kepikiran soal ini....
    Ini akun jasa sob.. tumpeh2 backlinknya.... *ketawa4*
     
  4. Isfan Fajar

    Isfan Fajar Member

    Joined:
    Aug 10, 2017
    Messages:
    42
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Mantep banget kang, penjelasan nya lugas lagi bisa bahan pembelajaran nih *bagus*
     
  5. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    855
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    Oiyah kang, hampir lupa kalo uptopromo kan buka jasa seo.:D
     
  6. ParketBandung

    ParketBandung New Member

    Joined:
    Aug 11, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Google+:
    bisa di coba nih d website saya...
     
  7. IC Consultant

    IC Consultant Member

    Joined:
    May 4, 2017
    Messages:
    69
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    iya social media memang sangat mempengaruhi sekali posisi di search engine
     
  8. Toni Sunandar

    Toni Sunandar Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    147
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Kelihatan ribet sih .. tapi insha allah saya coba .. sepertinya yang paling susah yang musti banyak followers deh.. :D
     
  9. Achmad Try

    Achmad Try Active Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    654
    Likes Received:
    75
    Trophy Points:
    28
  10. uptopromotips

    uptopromotips Member

    Joined:
    Oct 6, 2016
    Messages:
    109
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Eh siapa bilang :D :D
     
  11. uptopromotips

    uptopromotips Member

    Joined:
    Oct 6, 2016
    Messages:
    109
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Wkwkwkwkwkk, sok tw neh hahaa :D
     
  12. uptopromotips

    uptopromotips Member

    Joined:
    Oct 6, 2016
    Messages:
    109
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :)
     
Loading...

Share This Page