Serba-Serbi Skincare Menurut Fungsinya

Discussion in 'Health & Medical' started by muezaa, Jan 3, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Skincare merupakan serangkaian aktivitas yang mendukung kesehatan kulit, beberapa tahapan perawatan kulit mulai cuci muka hingga penggunaan tabir surya. Ada beberapa skincare dasar yang perlu diketahui. Berdasarkan fungsinya, skincare dapat digolongkan sebagai berikut.

    [​IMG]

    1. Facial Cleanser
    Facial cleanser atau pembersih wajah digunakan untuk untuk menghilangkan make up dan kotoran yang menumpuk seharian. Pembersih wajah terdiri dari berbagai macam tipe, mulai dari yang berupa sabun (facial foam), milk cleanser, sampai dengan oil cleanser.

    Memilih pembersih wajah perlu disesuaikan juga dengan kulit. Apabila kulit yang kering dan sensitif, pembersih wajah yang disarankan ialah milk cleanser. Sedangkan, untuk kulit normal dan berminyak menggunakan sabun cuci muka.

    2. Toner
    Toner berfungsi untuk mempersiapkan kulit menuju langkah skin care selanjutnya. Gunakan toner setelah membersihkan wajah dan sebelum menggunakan pelembab (moistuizer). Selain itu, toner juga berguna untuk menghilangkan sisa minyak dan make up.

    3. Moisturizer
    Moisturizer atau pelembab sangatlah penting untuk merawat wajah agar kulit wajah tidak kering dan kusam. Varian pelembab bermacam-macam, mulai dari mencerahkan, menghilangkan noda hitam dan jerawat, hingga melindungi wajah dari paparan sinar UV. Penggunaan pelembab juga perlu disesuaikan dengan jenis kulit.

    4. Sunscreen
    Menggunakan sunscreen merupakan salah satu pencegahan terjadinya keriput dan pigmentasi.Apalagi penggunaanya sangat cocok di negara beriklim tropis seperti Indonesia.
     
Loading...

Share This Page