Sering Minum Air Dingin Usai Makan, Ini Bahayanya !

Discussion in 'Health & Medical' started by Wandi suwandi, Sep 16, 2017.

Tags:
  1. Wandi suwandi

    Wandi suwandi Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    105
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Dewasa ini, minum air dingin memang menjadi sesuatu yang menyegarkan, apalagi meminumnya setelah makan, tentu akan melengkapi kelezatan anda. Saat siang hari mungkin mengkonsumsi air dingin lebih dominan, karena saat cuaca lagi terik-teriknya, air dingin adalah pilihan utama yang kita pilih untuk diminum. Minum air dingin setelah makan juga lebih cepat memberikan efek mengenyangkan daripada minum air hangat.

    Namun, tahukan anda bahwa terlalu sering minum air dingin setelah makan dapat memberikan dampak negatif ? ?

    Jika kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan, setidaknya akan ada 8 masalah yang bisa mengganggu kesehatan tubuh anda, apa saja ? mari kita simak ! !

    1. Mengurangi Penyerapan Nutrsi

      Ketika lambung sudah dipenuhi dengan makanan untuk menambah nutrisi pada tubuh, maka sistem pencernaan akan menyerap nutrisi untuk dijadikan sumber energi. Namun, jika air dingin masuk ketika terjadi penyerapan nutrisi, maka sistem pencernaan akan terganggu kinerjanya, disebabkan suhu tubuh yang mengalami fluktuasi menyebabkan organ dalam tubuh tidak bisa menyerap energi secara utuh, dan makanan hanya akan menjadi lemak/sampah yang menumpuk di dalam tubuh.

    2. Gangguan Tenggorokan

      Biasanya gangguan tenggorokan ketika terlalu sering minum air dingin setelah makan, akan sering terjadi pada anak-anak, karena pada usia tersebut sistem kekebalan dan metabolisme tubuh belum stabil, sehingga menyebabkan iritasi dan peradangan tenggorokan yang menyebabkan tenggorokan sakit ketika menelan ludah atau makanan. Dan lama kelamaan iritasi ini bisa berubah menjadi penyakit batuk atau radang amandel.
    3. Gangguan Pada usus

      sering mengonsumsi air dingin setelah makan dapat menyebabkan proses penghancuran dan penyerapan makanan di dalam usus terganggu, Suhu air dingin membuat struktur makanan menjadi beku dan menyebabkan pengendapan lemak pada saluran usus, sehingga jika terus menerus seperti ini dapat menyebabkan radang usus, karena proses pencernaan terganggu.
    4. Ritme Jantung Terganggu

      Saat tubuh sedang aktif dalam menyerap nutrisi, maka aliran darah akan lebih cepat perputaranya, namun ketika air dingin masuk tubuh, akan ada pembekuan pada sebagian sel darah dan bisa menghambat aliran darah menuju jantung. Akibatnya saraf-saraf di sekitar jantung sedikit bermasalah dan dapat mengganggu ritme jantung tidak beraturan.

    5. Berpotensi Membentuk Batu Ginjal

      Hal ini berlaku ketika anda minum air dingin dengan campuran bahan lain, baik itu teh, kopi, atau yang lainya, karena zat-zat yang terkandung dalam minuman tersebut akan membeku dan membentuk kristal-kristal kecil yang sulit di hancurkan, akibatnya dapat membentuk batu-batu kecil dalam ginjal, semakin berjalanya waktu, batu yang tidak terbuang akan semakin membesar.

    6. Pembesaran Amandel

      Pembesaran amandel dapat mengganggu sistem pernafasan dan bisa menjadi iritasi ketika kamu sering minum air dingin yang dibarengi dengan makanan yang mengandung lemak jenuh.

    7. Menyebabkan Sakit Kepala

      Minum air dingin setelah makan dapat mempengaruhi suhu tubuh secara tiba-tiba dan bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah di sekitar kepala. Akibatnya tubuh akan merespon dengan timbulnya rasa sakit dibagian kepala.


    8. Gangguan Pencernaan

      Air dingin bisa memadatkan/membekukan makanan berlemak yang kamu konsumsi. Hal ini sebabkan adanya peningkatan massa di dalam jaringan perut sehingga mengganggu kinerja pencernaan.
    Nah, itulah ulasan dari saya mengenai BAHAYA Minum Air Dingin Setelah Makan, Semoga artikel ini bisa bermanfaat .

    Thread Lainya :
     
Loading...

Share This Page