Service Karburator untuk Mobil Tua

Discussion in 'Otomotif' started by KangAndre, Mar 20, 2015.

  1. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Service Karburator untuk Mobil Tua agar hemat BBM

    Ada salah satu bengkel khusus karburator mobil di Purwokerto (Jateng) yang bernama "Hemat Mobil" menjamin bahwa dengan karburator yang standar dapat menghemat BBM.

    Sebenarnya hampir semua bengkel kendaraan mobil dapat melakukan servis karburator, akan tetapi jika dikerjakan di bengkel khusus karburator tentunya mempunyai kelebihan dan biasanya bengkel ini memang spesialis dalam perbaikan karburator dan tidak menangani masalah lain kecuali karburator.

    Berikut gambaran pengerjaan service spesialis karburator mobil

    1. Melepas karburator
    2. Melepas semua komponen karburator sampai hal yang paling terkecil
    3. Pemeriksaan dan pembersihan komponen karburator.

    [​IMG]
    Pemeriksaan meliputi lubang saluran udara, bensin, spuyer, setelan udara, klep dll. Semua komponen tidak luput dari pemeriksaan sesuai standart kendaraan.

    4. Hasil akhir.

    [​IMG]
    5. Setelah karburator di servis, siap dipasang kembali.
    6. Semua busi juga dilepas untuk diperiksa atau dibersihkan, demikian juga untuk platina.
    7. Setelah busi, platina OK, kendaraan siap di uji coba untuk melakukan penyetelan udara, top delco, dll.
    8. Uji coba kendaraan, bila masih kurang nyaman dilakukan penyetelan ulang.

    Keuntungan servis di spesialis karburator adalah bengkel biasanya siap spare part karburator, kalau membeli carburator kid (lengkap) biasanya ada komponen yang tidak terpakai. Melayani juga tukar tambah karburator mobil bekas dan bergaransi. Sayangnya, tidak semua kota ada service spesialis karburator.

    Pengalaman saya setelah melakukan servis mobil tua kesayangan si Daihatsu Zebra di spesialis karburator telah terbukti.
    • Pertama, zebra 1990, jalannya kadang tersendat-sendat, tarikan kurang spontan, BBM normal 1:12. Beberapa bengkel umum tidak dapat menyembuhkan, di spesialis karburator beres permasalahannya.
    • Kedua, Daihatsu Zebra saya Th 1993 untuk konsumsi BBM 1:6 tentunya sangat boros. Telah saya coba juga servis di beberapa bengkel umum, berhasil menjadi 1:9 itupun banyak komponen yang harus diganti. Setelah diservis di spesialis karburator menjadi 1:14 (standart zebra 1,3 menurut bengkel 1:12).
    Yah... ini nasib mobil tua yang masih pakai karburator, kalau mobil sekarang kebanyakan sudah memakai sistem Fuel Injection.

    Sumber: Service Karburator Hemat BBM Daihatsu Zebra
     
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Bersihin karburatornya pakai solar itu ya kang,,,
    "Purwokerto" *merokok2*deket kampung saya itu,,,
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Pakai minyak tanah. Paling ampuh menggelontor kotoran...
     
  4. Musa M

    Musa M Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    838
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    Kok spertinya sama saja ya kang sebelum dan hasil akhirnya ,mungkin kurang besar gambarnya kang :D
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Maklum pake HP biasa, tapi lebih kinclong...
     
  6. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Baru tahu saya, pengalaman saya hanya pakai solar,,,*merokok2*
     
  7. mobileone

    mobileone Member

    Joined:
    Jul 28, 2015
    Messages:
    136
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    16
Loading...

Share This Page