Shalat Dhuha Sebaiknya Jam Berapa?

Discussion in 'Education' started by almuklisin, Jan 12, 2019.

  1. almuklisin

    almuklisin New Member

    Joined:
    Dec 31, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kapan melaksanakan shoat dhuha? Waktu dhuha dimulai dari terbitnya matahari ataumunculnya matahari sampai datang waktu zawal (terbenamnya matahari), selagi belum masuk dalam waktu yang dilarang shalat.
    Jika kalau kita jabarkan pada waktu pagi hari, sekitar jam 7.30 pagi (atau setelah sinar matahari sudah naik kira-kira setinggi tombak), hingga mendekati waktu shalat Dzuhur.

    Berdasarkan dari berbagai referensi sumber, sebaiknya dilakukan ketika seseorang yang ingin melaksanakan shalat dhuha supaya akhir waktunya sampai sinar matahari terasa panas.

    Berdasarkan dalam hadis Rasulullah shallallahu 'alaihi wasllam: "Shalatnya orang-orang yang bertaubat adalah ketika anak unta sudah mulai memerah."(HR. Muslim 748).

    Jumlah rakaat dalam shalat dhuha adalah 2 rakaat atau 4 rakaat atau 8 rakaat, masing-masing satu salam.
    Keutamaan shalat dhuha ini hampir sama dengan shalat yang lainya, karena pada dasarnya semua ibdah yang dilakukan secara istiqomah maka semakin lebih baik. Akan tetapi shalat dhuha ini adalah termasuk shalat sunnah yang dikerjakan pada waktu jam-jam kerja yaitu pada jam 7.30 pagi sampai sekitar jam 11.30 siangPerlu diperhatikan bahwa jangan mengerjakan waktu-waktu shalat yang dilarang.

    Adapun untuk surat yang dibaca dala shalat dhuha adalah surah As-Syam dan surah Ad-Dhuha. Jadi, itu surah yang dianjurkan ketika melaksanakan shalat dhuha.

    Tetapi hukumnya hanya sunnah (boleh dikerjakan boleh tidak) atau membaca sudah yang telah dihafalkan.
     
Loading...

Share This Page