[Share] 5 Situs Luar Negeri Buat Belajar SEO dan Backlink Yang Blogger Wajib Tahu

Discussion in 'Search Engine Optimization' started by mugianto, Mar 13, 2016.

?

Bermanfaat kah Artikel ini?

  1. Bermanfaat

    9 vote(s)
    90.0%
  2. Tidak Bermanfaat

    1 vote(s)
    10.0%
Multiple votes are allowed.
  1. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    418
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Artikel saya yang satu ini membahas 5 situs tempat buat belajar tentang SEO dan backlink yang menurut saya, para Blogger wajib tahu. Ini semata-mata untuk menunjang dan mendukung agar Blog yang sekarang 'Sohib-M' kelola dapat bekerja semaksimal mungkin.

    Mungkin ada yang masih bertanya Apa Itu SEO dan Backlink?

    Sebenarnya saya belum pantas menjawab pertanyaan di atas, karena nyatanya blog saya pun masih terbilang lemah. Tapi saya akan menjawabnya sesuai dengan pengetahuan yang saya punya, dan jikalau itupun berbeda dengan para ahli SEO dan Backlink mohon untuk dikoreksi.

    Apa itu SEO?

    Kita terjemahkan terlebih dahulu singkatan dari SEO yaitu Search Engine Optimization, kalau diterjemahkan ke bahasa Indonesia adalah Pengoptimalan Mesin Telusur/Pencari saya gunakan Google translate di sini hahahha ^_^.

    Mesin pencari/telusur adalah mesin seperti mesin pencarian Google, Bing, Yandex, Yahoo, maupun Baidu. Mesin-mesin ini berguna untuk menampilkan apa saja yang dicari pengguna, baik itu bentuk dokumen, halaman dan yang lain-lain, dengan satu catatan apa yang mereka cari tersebut telah masuk di dalam perpustakaan mesin telusur tersebut, dan SEO adalah salah satu cara agar, halaman blog kita bisa masuk ke dalam daftar perpustakaan mereka.


    Jadi SEO bisa saya artikan adalah, cara untuk mengoptimalkan halaman blog/website kita untuk bisa masuk kedalam hasil pencarian di mesin-mesin pencarian di atas, sehingga tujuan kita membuat blog akan sedikit terbantu.

    Lalu bagaimana caranya menerapkan SEO?

    Untuk pertanyaan di atas adalah jawaban kenapa saya membuat artikel ini, karena saya belum bisa dibilang orang yang berpengalaman dalam SEO, karena itu saya menuliskan 5 situs yang Blogger wajib tahu dan mungkin bisa dikunjungi untuk lebih memahami apa dan kegunaan SEO serta Backlink.

    Apa itu Backlink?

    Saya coba terjemahkan seperti ini, Backlink terdiri dari dua suku kata yaitu: Back dan Link. Nah jika kita terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, Back berarti Kembali, sementara arti Link adalah Tautan, jadi Backlink adalah tautan yang kembali, bisa juga dibilang 'umpan balik'.

    Jika kita intip ke eyang Wikipedia backlink adalah tautan masuk, tautan terikat, tautan dalam, ataupun tautan balik, yang masuk ke dalam sebuah blog/website untuk dapat menerjemahkan ataupun memberikan penilaian bagi blog ataupun website tersebut.

    Apa kegunaan dari Backlink?

    Bagi saya backlink bisa saya artikan sebagai Pondasi sebuah blog/website untuk dapat berdiri, dan tampil di hasil pencarian mesin telusur yang ada. Backlink juga sangat berguna untuk bisa membuat blog/website kita untuk cepat terindex di dalam mesin pencarian. Dan masih banyak lagi kegunaan yang lainnya.

    Jenis-jenis dari backlink pun bermacam-macam, ada low quality link, dofollow link, nofollow link, inbound link dan ada juga juice link, cape ngetiknya cari aja ya di mbah Google hehehhe.

    Cara mendapatkan Backlink?

    Banyak cara untuk mendapatkan backlink, seperti membuat tread di sebuah forum besar seperti Kompasiana, lalu menyertakan alamat blog kita di tread tersebut dengan catatan harus relevan link tersebut, atau resikonya tread akan dihapus, baca ini: Cara Membuat Akun Kompasiana Terbaru.

    Berkomentar saat kita berkunjung ke blog orang lain (blog walking) dan berikanlah link kesebuah artikel kepunyaan 'Sohib-M' yang berkaitan dengan isi artikel yang sedang kalian komentari, dan berharap sang empunya blog akan mengapprove komentar tersebut.

    Atau bisa juga dengan cara mencari sebuah blog yang menyediakan kolom komentar yang menggunakan ID + Url untuk berkomentar, dan hal ini sangatlah baik bagi kedua belah pihak.
    Tapi jangan sekali-sekali menanamkan link dengan menggunakan hyper text/anchor text untuk berkomentar, karena jika sang empunya blog tidak mengizinkan, nama blog kalian akan tercoreng di mata sang pemilik blog.

    Mencari teman untuk bertukar link, cara ini sebenarnya cara yang kurang saya sukai, namun banyak para ahli SEO yang tidak menyarankan hal ini untuk reputasi blog. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

    Setelah sedikit tahu apa itu SEO dan Backlink yuk kita intip ke 5 Situs Buat Belajar SEO dan Backlink yang Blogger Wajib Tahu.

    [​IMG]
    Backlinko.com
    1. Backlinko.

    Situs kepunyaan Brian Dean iniadalah rekomendasi pertama saya yang juga menjadi favorit saya untuk sering jadi tempat belajar saya dalam menerapkan SEO dan mencari backlink berkualitas. Di situs ini mengajarkan banyak cara yang sangat relevan dengan perkembangan teknik SEO seiring jaman.
    Mulai dari pencarian keyword untuk membuat kontent yang berkualitas dan baik untuk Search Engine, juga tutorial bagaimana mendapatkan backlink dari situs-situs terkemuka dikupas habis di situs ini.
    Tutorialnya pun terbilang sangatlah merinci, mudah dipahami, dan sangat mendalam. Dilihat dari cara dia menjawab semua komentar pada artikelnya pun menunjukan, bahwa dia adalah orang yang sangat supel dan bisa diandalkan.

    [​IMG]
    Brian Dean CEO dari Backlinko
    Sebagai tambahan Brian Dean adalah seorang SEO Expert (Ahli SEO) internationally recognized entrepreneur, namanya sudah diakui oleh banyak perusahaan-perusahaan internasional terkemuka di dunia.

    Sejak tahun 2010 Brian Dean sudah mendirikan sebuah perusahaan internet marketing terkemuka selagi ia mengadakan perjalanan keberbagai negara, seperti Turki, Jepang, Thailand, dan Spanyol, dan untuk saat ini ia menetap di Jerman tepatnya di Berlin.

    [​IMG]
    NeilPatel.com
    2. Neil Patel Blog

    Situs ini memfokuskan tentang peningkatan trafik blog maupun website dengan cara-cara yang sangat up to date. Bagaimana menage blog/website dengan baik sehingga para pengunjung akan terus datang tanpa perlu kita mengundang mereka terus menerus, bagaimana memuaskan pengunjung, dan bagaimana menerapkan SEO yang baik untuk situs yang sedang dikelola.

    Situs kepunyaan dari Neil Patel ini juga menjadi banyak referensi bagi para SEO Expert ataupun yang mengaku-ngaku ahli SEO untuk belajar dan saling bertukar pikiran. Yang paling saya suka dari Neil Patel Blog adalah, gaya dari tampilan situs tersebut yang sangat menarik.

    [​IMG]
    Neil Patel CEO dari Neilpatel.com
    Sebagai tambahan pria kelaharin 24 April 1985 (tanggal lahirnya sama kaya saya hehehe) London Inggris ini juga adalah CEO dari Hello Bar,Crazy Egg, dan KISSmetrics, yang sudah punya nama besar di dunia marketing online.

    Neil Patel juga tercatat sebagai 10 orang marketing online terbaik di dunia berdasarkanForbes. Dan juga termasuk dalam jajaran orang yang berpengaruh di dunia berdasarkan dari The Wall Street Journal .
    Ia juga salah satu orang yang membantu perkembangan dariNBC, GM, Amazon, HP dan Viacom dalam meraup keuntungan bagi perusahan-perusahaan terkemuka itu. Jadi masih ragu untuk melihat situsnya?

    [​IMG]
    Josh Steimle.com
    3. Josh Steimle.

    Situs perorangan ini membahas rahasia kunci sukses dirinya dalam dunia Marketing Online, bagaimana memanfaatkan media sosial yang ada semaksimal mungkin, bagaimana memaksimalkan layanan Customer Service maupun Halaman Kontak sebuah Website/Blog, dan itu adalah salah satu dari ribuan trik SEO yang wajib kita ketahui sebagai Blogger.
    Josh Steimle juga menyediakan sebuah artikel yang mengajarkan kita bagaimana menjadi seorang entrepreneur sejati. Tak main-main, lihat saja tulisan yang ia buat dengan sedetail ini (Baca: What It Means To Be An Entrepreneur).

    [​IMG]
    Josh Steimle
    Untuk tambahan, Josh Steimle adalah penulis di Forbes tentang 10 orang marketing online yang wajib kita ikuti (Baca: Top 10 Online Marketing Experts To Follow In 2014), yang Neil Patel berada di dalamnya

    Pria kelahiran Southern California yang kini menetap di Hongkong ini mempunyai gelar sebagai Information Systems Management Master. Selain itu ayah dari dua orang anak ini bukan hanya penulis di Forbes saja, ia juga banyak menulis di Time, Huffington Post, SEMrush, Periscope, Entrepreneur, dan masih banyak lagi.

    [​IMG]
    Moz.com
    4. MOZ.

    Seharusnya Moz ada diurutan pertama list situs yang wajib dikunjungi untuk para Blogger, namun karena saya lebih dahulu mengenal ketiga orang di atas dan situsnya, jadi saya letakan Moz diurutan ke 4 dari list 5 Situs Belajar SEO dan Backlink yang Blogger Wajib Tahu.

    Situs ini menyajikan pembahasan segala sesuatu yang berhubungan dengan SEO, dari bagaimana memulai untuk menerapkan SEO bagi pemula. Bagaimana mencari backlink yang berkualitas tinggi, maupun penerapan SEO onpage pada halaman blog/website kita.

    [​IMG]
    Moz Team
    Moz mempunyai banyak sekali pakar di tiap bidang-bidangnya, seperti Abe, Adam (more Adam), Adriana, Susan Sestak, Tara Low, Zoya, Zach, Tim (more Tim), dan masih banyak yang lainnya yang akan buat saya pusing jika menuliskannya semua Y_Y.

    Jadi situs ini wajib untuk para Blogger kunjungi dan ambil ilmu-ilmu yang mereka berikan di situs itu. Dan juga Moz juga menyediakan tool yang bisa 'Sohib-M' gunakan untuk membantu kalian untuk memaksimalkan optimisasi search engine blog kalian.

    [​IMG]
    AdvenceWebRangking.com
    5. Advence Web Ranking.

    Situs yang terakhir ini adalah situs yang menurut saya wajib kalian kunjungi wahai para Blogger. Mengapa? Karena situs ini sangatlah tersusun rapi apa yang harus kita pelajari untuk pertama kalinya bagi para pemula seperti kita.

    Seperti bagaimana Search Engine bekerja, Apa yang ada di dalam Search Engine, Mengarahkan kita pedoman Search Engine, Sejarah Search Engine, dan masih banyak yang lainnya yang perlu kita ketahui mengenai Search Engine.

    [​IMG]
    The Team
    Situs yang bertanggotakan Peter Petrescu (The Maestro), Dana Loiz (SEO Pixie), Robert Dinu (AWR almanac), Nadine Predescu (Fearless programmer), Lia Boangiu (Conten Ing Slinger), dan masih banyak lagi. Saya kira pantas dan layak untuk kunjungi sebagai tempat belajar memahami SEO dan Backlink.

    Masih banyak sebenarnya situs-situs yang saya rasa layak untuk kita kunjungi dan dijadikan tempat kita para Blogger untuk belajar, dan jumlahnya pun tak terhitung. Namun dari ke 5 situs yang ada di atas saya harap bisa menjadi patokan awal untuk kita mencari situs yang terarah.

    Jikalau 'Sohib-M' ingin memahami tentang SEO dan Backlink, mungkin dapat mencoba layanan online berbayar yang mereka tawarkan. Hasilnya mungkin akan sesuai dengan apa yang kalian inginkan selama ini.

    Berikut adalah beberapa situs berbayar lainnya yang bisa anda coba untuk belajar online tentang SEO dan Backlink:




      • UCI Extension



      • TheLeftBank



      • Barkeley Advence Media Institute



      • Oregon State University



      • SEO Education

    Semoga 'Sohib-M' dapat sedikit terbantu dengan terbuatnya artikel ini. Isi dari artikel ini dapat dipertanggung jawabkan menurut tanggal artikel ini diciptakan, jika ada perubahan dan kendala dalam mempraktekannya saya mohon maaf sebesar-besarnya.

    Kurang lebihnya kualitas artikel 5 Situs Luar Buat Belajar SEO dan Backlink Yang Blogger Wajib Tahu yang saya buat ini, saya harap 'Sohib-M' mau memakluminya. Tolong bantu saya, untuk share artikel ini jika bermanfaat, serta bantu like,share dan subscribe social media yang saya punya.

    Hal tersebut dapat mendongkrak semangat saya untuk terus membuat kelanjutan apa yang tengah saya bahas ini, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Dan jangan lupa untuk berkunjung ke Blog kumuh saya ya kawan-kawan Bersosial.com.
    Maaf untuk link2 yang berkaitan di atas bisa di cari di Goole, karena forum ini hanya memperbolehkan 3 link dari luar, mohon maaf sebesar besarnya.

    www.mugianto.web.id

    Salam
    Mugianto
     
    Last edited: Mar 13, 2016
    oktri angga, yakub and lasealwin like this.
  2. Fahmi

    Fahmi Newbie

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    1,719
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Kurang afdol kalau ngomongin SEO tanpa situs Varvy ( https://varvy.com/ ) , resource paling mudah dipelajari dan lengkap :)
     
  3. Qoeple

    Qoeple Member

    Joined:
    Nov 21, 2015
    Messages:
    551
    Likes Received:
    90
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Idem buat yang ini Gan !!

    Yang ini mantep juga, ane bookmark dolo dah :D
     
  4. wphoet

    wphoet You'll Never Walk Alone

    Joined:
    Feb 19, 2013
    Messages:
    1,149
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Google+:
  5. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,878
    Likes Received:
    174
    Trophy Points:
    63
    Sebenarnya SEO hanya untuk mereka yang punya saingan den.
    Jika aden bisa tampil unik dan beda di Internet maka aden akan otomatis dapat posisi bagus di mesin pencari.
    Salam seo is the dead
     
  6. budiw92

    budiw92 Member

    Joined:
    Feb 11, 2013
    Messages:
    720
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    saya kurang ngerti bahasa inggris, mungkin lain kali ada yang mau bahas disini ilmunya yang didapat disana? *bingung*
     
  7. Minecraftndns

    Minecraftndns Active Member

    Joined:
    Dec 13, 2015
    Messages:
    923
    Likes Received:
    101
    Trophy Points:
    43
    kendala yg sama mas, emang kalo si linggis ga tau sering keteteran masalah SEO dan BL. Situs luar lebih up to date dia dari pada situs lokal (menurut ane)
     
  8. masdoni

    masdoni Member

    Joined:
    Mar 11, 2016
    Messages:
    167
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    yang bahasa indonesia gak ada nih ?? pusing kalau harus baca tulisan bhs inggris :D
     
  9. yakub

    yakub Member

    Joined:
    Feb 23, 2016
    Messages:
    132
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Ane langsung bookmark thc broo
     
  10. Dina Astuti

    Dina Astuti New Member

    Joined:
    Nov 7, 2015
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    setuju mas, buat kita yang yg inggirsnya kurang nih, lebih milih yang indo saja.
     
  11. lignab

    lignab Member

    Joined:
    Feb 29, 2016
    Messages:
    136
    Likes Received:
    13
    Trophy Points:
    18
    Bahasa Inggris sih ok ok aja, tapi saya lebih nyaman belajar di situs berbahasa Indonesia aja, lebih nyaman. Tapi tergantung juga sih, target pasarnya lokal atau internasional.
     
  12. Si Raja

    Si Raja Member

    Joined:
    Nov 24, 2015
    Messages:
    855
    Likes Received:
    70
    Trophy Points:
    28
    wah Raja Baru tahu nich...
    mudahan bermanfaat buat kita semua..
     
  13. adi hasan

    adi hasan Member

    Joined:
    Jul 6, 2015
    Messages:
    776
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    kalo kamu bisa menguasai SEO... bisnis online appapun pasti larissss
     
  14. AOP MALANG

    AOP MALANG New Member

    Joined:
    Jan 5, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    . Backlinko. yah... saya coba deh gan, sapa tahu juga seo saya meningkat dari yang kemarin2 :) . *thx bgt gan
     
  15. vibicla

    vibicla Member

    Joined:
    Dec 23, 2015
    Messages:
    73
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
  16. NieeLz

    NieeLz Well-Known Member

    Joined:
    Aug 24, 2015
    Messages:
    1,775
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    penting dan berguna banget, soalnya web indon pada pelit mau taro backlink :D UUD semuanya
     
  17. aria34

    aria34 Member

    Joined:
    May 20, 2014
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Kalau saya sih favoritnya cuman 1, MOZ hahahah dapet banyak ilmu di website situ hahahahah ilmunya dari yang ringan sampe berat kwkwkwk kalau web Indonesia kayaknya lom ada deh ya, palingan ke web om Max aja hahaha
     
  18. Muh. Wira Wijaya

    Muh. Wira Wijaya Member

    Joined:
    Oct 6, 2015
    Messages:
    676
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    28
    Informasinya bermanfaat. Tapi sayang, untuk bahasa linggis, saya cuman tahu litle2. CMIIW
     
  19. bangboss

    bangboss Member

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    81
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Kalo ane banyak belajar matthew woodward ama ahref.com/blog
     
  20. patupedia

    patupedia Member

    Joined:
    Mar 1, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    wihh keren euy... seo terus
     
  21. mugianto

    mugianto Member

    Joined:
    Mar 7, 2016
    Messages:
    418
    Likes Received:
    48
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bingung nih saya banyak bener nyang komen hehhehe, nanti saya mau buat artikel cara mudah cari Backlink Dari Gov, Edu, Go.id, Ac.Id dll harap ditunggu ya
     
Loading...

Share This Page