[SHARE] Langkah-Langkah Dalam Membuat Website

Discussion in 'HTML & Website Design' started by tonbad, Feb 15, 2015.

  1. tonbad

    tonbad Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    260
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Halo para mastah dan member di bersosial.com, ini merupakan Thread Pertama Ane :) Izinkan nubi share ya... :)

    Untuk para mastah, ane minta saran tambahan kalau ada... secara ane masih nubi...

    Jika salah kamar tolong dipindah aja.. Terimakasih

    Pada saat ini, hampir semua para pebisnis sudah mempunyai website untuk menunjang bisnis mereka, bagaimana dengan anda? Di Indonesia para pemilik website bukan hanya mereka yang memiliki bisnis, banyak anak-anak sampai para orang tua berbagi tentang ilmu dan pengalaman melalui web yang mereka bangun.

    Banyak sekali manfaat dalam memiliki website, lebih lengkapnya kunjungi artikel ”Manfaat dan kelebihan memiliki website”. Jika anda ingin membuat website dan bingung dimulai dari mana, dan apa saja langkah yang harus di tempuh dalam membuat dan mendirikan website, dalam tutorial ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam membuat website.

    Mencari dan Memilih Domain

    Membeli domain ialah persiapan awal yang harus dilakukan ketika kita hendak membangun atau membuat sebuah website. Domain ialah sebuah nama yang digunakan sebagai alamat sebuah website. Pemilihan nama domain sendiri umumnya melewati serangkaian penelitian serta analisa. Agar nanti website kita menjadi sangat mudah untuk dikenali dengan target pasar dan pastinya supaya mudah bersaing dengan website-website yang lain yang juga membidik target yang sama.

    Gunakan domain yang simple, unik, serta memanfaatkan keyword yang banyak dicari sama target market tetapi belum banyak digunakan sama pemilik website yang lain. Semakin tepat kita menentukan nama dari domain, maka toko online atau website kita berada pada tempat yang strategis dan memegang kekuatan yang sangat penting sehingga dikunjungi target market yang luas, ibarat sebuah tempat jualan yang berada pada pinggir jalan utama dan berada di letak target pasar yang tepat.

    Lebih jelasnya dalam memilih nama domain, silahkan kunjungi artikel “Cara memilih nama domain yang baik”.

    Menyewa Jasa Hosting

    Langkah yang harus ditempuh selanjutnya adalah membuat atau memesan tempat website tersebut supaya bisa online alias menyewa hosting. Hosting adalah server yang senantiasa terhubung dengan internet, jadi server selalu online selama 24 jam. Bagi kita yang hendak mengembangkan Bisnis ataupun usahanya lewat internet, mempunyai server sendiri pasti lebih strategis. Namun yang pasti dengan begitu kita bayar dengan ongkos yang enggak kecil.

    Membangun web server bisa mencapai belasan atau malahan puluhan juta rupiah. Tetapi bagi kita yang masih pemula lebih disarankan menyewa hosting pada penyedia jasa sewa hosting. Biayanya pun bervariasi kita bisa pilih mulai dengan bulanan atau tahunan, terpaut pada ukuran yang kita butuhkan. Semakin gede isi yang disewa pasti semakin banyak lagi data-data yang dapat kita upload.

    Mendesain Website

    Setelah mempunyai domain bersama hosting, sekarang saatnya kita mendesain website yang kita inginkan. Untuk dapat mendesain sebuah website, kita lebih lebih dulu mesti dapat menguasai bahasa pemrograman. Bagi pemula dapat menekuni bahasa HTML, PHP serta MySQL.

    Untuk belajar membuat halaman website, silahkan kunjungi artikel ”Cara membuat Halaman Web Sederhana”, atau jika ingin melibatkan CSS dan HTML5 silahkan kunjungi artikel “Cara membuat website dengan HTML dan CSS”.

    Setelah menguasai itu semua, kita dapat meneruskan dengan berlatih pemrograman dengan bahasa CSS serta Javascript. Tetapi bagi kita yang enggak bersedia sibuk serta sangat suka praktis kita dapat membeli desain web kepada penyedia jasa web desain. Tentu saja memakai dana yang tidak murah dan tidak sedikit (Seni itu mahal :) ). Jika kita bisa mendesain web kita sendiri pasti akan lebih murah dalam produksi.

    Jika ingin mencari inspirasi dalam desain web, kita bisa mencoba untuk mengunjungi website tetangga. Setelah itu coba periksa dan amati desainnya, kita juga bisa mengambil kode css jika kita ingin meniru dan memodifikasi dengan Cara melihat Source Code website.

    Ada solusi lain semisal kita kagak suka pusing karena bahasa pemrograman, tapi kita mau membikin beserta mewujudkan web kita sendiri, kita dapat membuat web dengan instant cuma lewat beberapa klik saja, itu semua diwujudkan berkat adanya program CMS ( wordpress, joomla, drupal, dll ) yang cukup mudah untuk dipelajari.

    Saatnya Melaunching Website

    Setelah seluruhnya beres dan siap, tibalah saatnya kita meluncurkan website kita. Disarankan, sebelum dipublikasikan kita melakukan pengecekan kembali terlebih dulu. Lakukan pengecekan pada setiap browser ( Internet Explorer, Firefox, Chrome lalu Safari ), usahakan bentuk tampilan web kita sama pada setiap browser.

    Gunakan juga Google Analytics buat mengenal dan menganalisa browser apa saja yang paling kerap dan sering dipakai sama user, karena begitu kita mampu lebih fokus serta menitikberatkan setting pada bentuk tampilan yang paling kerap digunakan user. Setelah tampilan dengan konten dari web kita telah standar, kita dapat lekas melaksanakan launching website kita tersebut.

    Melakukan Perawatan

    Memiliki website hebat dengan desain yang menarik saja belum cukup. Upaya publikasi bersama update data ataupun postingan wajib rutin dilakukan. Update data dapat dilakukan secara harian, berikan tamu web kita informasi yang bermanfaat. Jangan lupa lakukan backup data secara berkala, misalnya 1 pekan sekali. Tujuannya adalah menghindari kehilangan data yang diakibatkan kesalahan kita atau pihak yang lain.

    Itulah langkah-langkah dalam membuat website dari awal hingga akhir.. semoga membantu...
     
    Last edited: Feb 15, 2015
    Atep Roni likes this.
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,131
    Likes Received:
    2,694
    Trophy Points:
    413
    Membantu banget. Terima kasih share-nya
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  3. Damar

    Damar Well-Known Member

    Joined:
    Jun 22, 2014
    Messages:
    1,467
    Likes Received:
    212
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ini yang terlewatkan selama ini dalam hidupku, thanks infonya.. :)
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  4. Achmad Muharya

    Achmad Muharya Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    427
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Wah yang ngecek setiap browser itu saya nggak mikirin om (soalnya cape kalo ngecek satu-satu), ternyata penting juga toh...
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  5. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Share juga dongg langkah-langkah membuat blog... hehehehehe bingung dehhh
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  6. tonbad

    tonbad Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    260
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Alhamdulillah kalau bisa membantu... :) share dari nubi...

    Biasanya di cek dulu supaya g ada eror di browser lain... IE jadul biasanya g kompak sama browser lain... :)

    Biasanya IE yang rewel mas... :)

    Waduh... Agan nelson lebih jago nih... hehehe... :) kalau blog ya sama aja sih,... kan sharenya langkah2 umum...
     
    Atep Roni likes this.
  7. kitapunya

    kitapunya Guest

    pingin punya website, sekarang adanya baru blog gratisan,, he he.
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  8. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Enggalah bro... gue gak banyak tau.. hanya sedikit revisi aja, karena di atas disebut rajin update, saya jadi mikirnya yang dimaksud adalah blog (Kalau setiap kata website diganti blog, posisi SERP artikel ini bagus).. hehehehe karena kalau website itu statis sifatnya. Kalau blog itu memang update. Lain lagi kalo weblog (blog dengan homepage statis).. CMIIW.
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  9. tonbad

    tonbad Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    260
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Memang benar gan... blog dengan website beda, kalau kita sering update konten ya jadi blog deh... hehehe... Yang ane tahu sekarang website-website besar juga memiliki blog demi menunjang populer dan juga media berbagi.. di woorank kalau test SEO juga di cek apakah web punya blog atau enggak... kalau blog ya udah pasti punya... hahahaha... Cuma masalahnya kalau website yang g punya ide untuk mau share apaan... jadi g bisa bikin blog... hehehe.... Cmiiw... juga.... :)
     
    Atep Roni and nelson sitompul like this.
  10. doemaz

    doemaz Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    60
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    sebuah sharing tutorial yang bermanfaat..
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  11. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,292
    Likes Received:
    398
    Trophy Points:
    83
    Setuju banget.. bagi saya website itu perwakilan kita.. kalau kita tidak berbagi via blog, pengunjung rasanya tidak mungkin jadi pelanggan.. kecuali kalau kita dibutuhkan banget dan tidak ada lawan. Hehehehe
     
    tonbad likes this.
  12. Ardilas

    Ardilas Super Level

    Joined:
    Feb 18, 2013
    Messages:
    4,245
    Likes Received:
    317
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Setuju. Tapi terkadang ada seseorang yang menganggap seni/desain itu gampang/sepele (teman-teman kita yang dari percetakan sudah pasti pernah mendapati pelanggan seperti itu).

    Menurut saya membuat website tidaklah mudah. Langkah pertama kita harus bisa menganalisa kebutuhan dan merancang Sistem Informasinya. Suatu perusahaan pembuat website biasanya sudah memiliki dan menyiapkan rancangan website yang siap dipakai untuk clientnya.

    Merancang website dari awal itu merupakan tantangan. Tapi sekarang harus serba cepat, kalau tidak siap harus mau menggunakan CMS (dulu untuk sekolah seringnya memakai Joomla). Tetapi masih harus menguasai bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, CSS dan MySQL, untuk memodifikasi CMS agar sesuai kebutuhan.
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  13. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Waduh... Tempatnya para Mastah nih...! Ane harus menambahkan apa ya...? Bukan bidang ane...! ane bisanya cuma nulis...!
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  14. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,353
    Likes Received:
    151
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    beli aja kali, bayar webmaster, lebih joss gandhos
     
    Atep Roni and tonbad like this.
  15. tonbad

    tonbad Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    260
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Sama aja gan.... yang penting bisa online... :)

    Terimaksih gan... :)

    Yang tepat tempat para pencari ilmu kayak ane gan... hehe... ane masih nubi... :)

    Bener gan... sekali bayar dah... tinggal nunggu jadi... mantap.... :)
     
  16. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    Tapi jika dilihat dari Thread dan Komentar yang sudah diterbitkan.. Agan itu udah kelihatan banget kalau udah master...!
     
  17. tonbad

    tonbad Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    260
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    hehe... sama-sama belajar kita gan... :) *keren3*
     
  18. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,852
    Likes Received:
    359
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    patut diacungi jempol nih si master..!*bagus*
     
  19. DwiKhasbullah

    DwiKhasbullah Well-Known Member

    Joined:
    Aug 7, 2014
    Messages:
    1,943
    Likes Received:
    138
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Sangat membantu sekali gan seperti ane yang masih belajar mengeblog *bagus**bagus**bagus*
     
  20. simopunkc

    simopunkc Member

    Joined:
    Aug 6, 2014
    Messages:
    298
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    musti siapin modal dulu ni.. he he he... :D
     
    Atep Roni likes this.
Loading...

Share This Page