Si Kecil Susah Makan sayuran?? Coba Resep Ini, Josss!!

Discussion in 'Cooking' started by wariorseiya, Feb 19, 2018.

  1. wariorseiya

    wariorseiya Member

    Joined:
    Feb 22, 2017
    Messages:
    176
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Es krim merupakan makanan dari olahan susu yang dibekukan. Ice krim memiliki daya tarik tersendiri karena varian rasanya yang menggoda. Selain rasa, Ice Cream juga diletakkan pada wadah yang unik, mulai dari cup, cone, stick, dan lain-lain. Tujuan wadah tersebut untuk memudahkan memegang es krim saat mengonsumsinya.

    [​IMG]

    Berbagai bentuk es krim juga menjadi salah satu hal yang membuat konsumen tertarik, terutama anak-anak. Selain itu, pilihan harga Ice Cream yang beragam semakin memudahkan konsumen untuk memanfaatkannya. Hampir semua orang bisa membeli es krim walls, es krim aice, campina karena takaran harga yang mendukung.

    Ice Cream juga menjadi pilihan orangtua sebagai pengganti susu. Selain bisa dibeli langsung di berbagai supermarket terdekat, mereka juga mengolah susu sendiri menjadi es krim untuk dikonsumsi anak-anaknya. Jika kita lihat, tampilan susu tidak terlalu menarik dibandingkan dengan Ice Cream yang memiliki berbagai warna dan bentuk. Oleh karena itu, banyak anak-anak yang lebih menyukai es krim daripada susu.

    Meskipun demikian, pengonsumsian es krim untuk anak-anak perlu dibatasi. Es krim memiliki kandungan bahan pengawet atau tambahan pewarna lainnya. Meskipun tidak semua Ice Cream seperti itu, ada baiknya pengonsumsian dibatasi. Karena makanan dalam kondisi siap saji pun sudah dipastikan belum cukup memiliki kandungan gizi yang maksimal.

    Selain itu, zat gula pada es krim mampu membuat kerusakan gigi menjadi keropos. Gula pada es krim juga dapat berakibat timbulnya penyakit obesitas. Efek dingin pada Ice Cream juga dapat menimbulkan penyakit amandel, flu, batuk, dan juga radang tenggorokkan. Untuk meminimalisir kemungkinan tersebut terjadi, Anda bisa membuat es krim sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan yang aman.

    Ice Cream boleh untuk dikonsumsi, namun tidak secara berlebihan. Selain memiliki varian rasa yang manis dan terkadang asam dari olahan buah-buahan. Selain berbagai rasa tersebut, ternyata ada juga lho campuran es krim dari bahan sayuran. Es Cream tersebut bermaksud untuk memanipulasi rasa agar dapat dimanfaatkan anak-anak.

    Anak-anak biasanya tidak menyukai berbagai jenis sayuran, terutama sayuran hijau. Menurut mereka, sayuran memiliki rasa yang pahit dan tidak enak untuk dikonsumsi. Alhasil, anak-anak kekurangan kandungan dari sayuran. Sayuran merupakan salah satu pelengkap empat sehat lima sempurna. Nah, jika salah satu pelengkap tidak tercukupi, kesehatan tubuh pun akan terganggu.

    Untuk menarik minat anak-anak Anda dalam mengonsumsi sayuran, bisa lho dengan mencampurkan olahan es krim. Salah satunya menggunakan bayam ungu untuk menarik perhatian warna es krim.

    Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat Es Krim Bayam Ungu adalah susu cair, susu kental manis, SP, pasta stroberi, daun bayam ungu tanpa batang, susu bubuk, dan topping. Sebelum diolah, jangan lupa sayuran dicuci terlebih dahulu. Setelah menyiapkan berbagai bahan, yuk kita buat!

    Cara Membuat Es Krim Sayuran
    • Siran daun bayam ungu dengan air mendidih dengan lama waktu 30 detik-1 menit. Setelah itu, bayam ditiriskan.
    • Campurkan daun bayam tadi dengan 225 ml susu cair. Kemudian saring sebanyak 300 ml. Ampas sisa saringan jangan dibuang.
    • Kocok atau aduk rata susu kental manis dan SP leleh selama 10 menit hingga kental mengembang.
    • Tambahkan setengah hasil saringan bayam tadi dengan susu bubuk, aduk sampai kental.
    • Untuk memanipulasi sedikit rasa bayam, gunakan pasta stroberi dan sisi jus bayam tadi. Kocok selama lima menit sampai kental.
    • Kemudian tambahkan 2 sdm ampas daun bayam lalu kocok hingga merata. Pastikan ampas daun bayam tidak mengandung banyak air.
    • Setelah semua merata, tuang adonan ke dalam wadah dan dibekukan di dalam freezer sekitar 6 jam.
    • Sajikan dengan topping sesuai dengan keinginan
    • Sayuran yang diolah menjadi Ice Cream tentu akan menarik rasa penasaran mereka yang tidak menyukai sayuran, terutama anak-anak. Apalagi, pengolahannya pun dibantu dengan pewarna pasta stroberi, pasti anak-anak tidak akan menyangka jika es krim tersebut juga terdapat campuran dari sayuran.

    Selain daun bayam merah, Anda juga bisa menggunakan campuran sayur sawi hijau. Sama seperti resep sebelumnya, untuk memanipulasi rasa gunakan pasta. Karena sayuran yang digunakan memiliki warna hijau, Anda dapat menggunakan pasta pandan.

    Resep Es Krim & Bahan-bahan Membuat Ice Cream Sawi Hijau:

    150 ml susu kental manis putih
    1 sdm SP/TBM
    300 ml air es
    2 batang sawi hijau
    3 sdm susu bubuk
    Secukupnya vanili esens/pasta pandan
    Cara membuat Es Krim Sawi Hijau

    • Campurkan sawi dengan air es. Kemudian saring hingga 300 ml
    • Aduk susu kental manis dan SP/TBM selama 10 menit hingga mengental
    • Kocok setengah air sawi dan susu bubuk sampai kental
    • Tuang sisa air sawi lalu berikan pasta pandan/vanili esens, kocok hingga mengental
    • Tuang adonan ke dalam wadah dan ditutup, lalu simpan di freezer selama 6-8 jam, jika anda memiliki mesin pembuat es krim profesional maka akan jauh lebih efisien
    • Jika Anda ingin menambahkan topping meises, oreo, selai, atau yang lainnya akan menambah tampilan es krim yang menarik

    Itu dia dua resep es krim sayuran yang dapat Anda coba. Ice Cream sayuran sendiri juga menggunakan pasta warna untuk menekan rasa dominan pada sayuran. Oleh karena itu, meskipun menggunakan olahan dari sayuran, dijamin anak-anak Anda tidak mengetahui ada kandungan sayuran di dalamnya. Apalagi ditambah pasta, bisa saja berpikiran bahwa es krim tersebut berasal dari rasa buah-buahan.

    [​IMG]

    Ada berbagai cara untuk membuat anak menyukai sayuran. Orangtua pun juga harus memutar otak bagaimana caranya kandungan sayuran tercukupi untuk anak-anaknya. Sayuran memiliki banyak manfaat, oleh karena itu sejak dini orangtua memperkenalkan sayuran kepada anak-anaknya.

    Sayuran memiliki manfaat mencegah dan mengurangi stress berlebih dengan cara mengonsumsi ubi, sayuran hijau, tomat, labu, jamur, buncis, dan lain-lain. Kemudian sayur juga memiliki peranan untuk memperlancar buang air besar dengan memanfaatkan kubis, bayam, wortel dan lain-lain.

    Untuk menekan munculnya penyakit jantung dan kanker Anda dapat menikmati lobak, labu, paprika merah, dan bayam. Tomat, brokoli, terong, ubi jalar dapat menyeimbangi berat badan. Sayuran juga dapat menjadi sumber energi tubuh, jenis sayuran yang dapat Anda manfaatkan, yaitu beras merah, kentang, dan kacang-kacangan.

    Sayuran juga memiliki peranan untuk detoksifikasi atau membersihkan racun dalam tubuh, sayur yang bisa digunakan adalah salada air, jahet, rumput laut, serai, dan lain-lain. Selain itu ada wortel yang berperan menjaga kesehatan mata. Tidak hanya wortel, bayam dan brokoli juga memiliki peranan yang sama.

    Untuk menjaga kulit agar tidak kering, gunakanlah krim temulawak ,tomat, wortel, dan brokoli. Sedangkan untuk memperkuat tulang, Anda dapat mengonsumsi sawi hijau, lobak hijau, kangkung, dan lain-lain.
     
Loading...

Share This Page