Siapa Bilang Pemula Tidak Bisa Ikut Berjualan di Instagram? Ketahui Trik Dasarnya Disini!

Discussion in 'General Business' started by Reza Ahmad, Nov 14, 2019.

  1. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    146
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Dengan semakin pesatnya era teknologi membuat bisnis yang ikut terkena dampaknya, salah satunya bisnis online yang banyak digandrungi hingga kini, contohnya situs jual beli online yang marak di internet. Dan ini menjadi salah satu peluang bisnis modal kecil untung besar, bagaimana tidak ? Hanya dengan bermodalkan akses internet saja kita sudah bisa membuat toko online kita sendiri dan mulai menghasilkan.

    Namun selain dengan situs-situs online, penggunaan media sosial juga tidak luput dari ide bisnis online, salah satunya instagram. Media sosial instagram kini bukan hanya sekedar untuk membagikan foto dan momen-momen pribadi saja, melainkan menjadi platform jualan online!

    Ini bisa menjadi salah satu cara anda untuk ikut menjajakan produk jualan anda, terbukti dari banyak yang sukses di usia muda dengan berbisnis online di instagram ini. Meskipun anda seorang pemula di dunia bisnis, bukan berarti anda tidak bisa ikutan jualan. Yuk disimak beberapa tips berjualan di instagram dibawah ini :

    Gunakan gambar yang menarik
    Karena instagram itu bermain hingga 70 persen pada gambar sebagai acuannya ketimbang kata-kata ataupun caption, maka menggunakan gambar yang menarik merupakan senjata utama anda dalam menarik perhatian. Dengan menggunakan desain dan gambar yang menarik akan membuat audience yang melihat akan cukup atraktif terhadap postingan anda dan meningkatkan potensi untuk memberikan engagement, baik itu like, comment, ataupun selling sekalipun. Beberapa tips untuk membuat gambar yang menarik untuk postingan :
    • Menggunakan ragam warna (colorful), agar wall feed instagram toko online menjadi lebih berwarna dan menarik, hal ini terbukti dan banyak diterapkan para toko online dan pebisnis lainnya di instagram.
    • Gunakan gambar yang memiliki resolusi yang baik, seperti yang diketahui bahwa tingkat engagement tertinggi postingan pada instagram itu terletak pada gambar, maka gunakanlah gambar yang memiliki resolusi baik dan tidak pecah.
    • Menggunakan model, jika memiliki teman yang memiliki penampilan baik dan menarik bisa dijadikan model untuk bisnis produk. Hal ini agar postingan menjadi lebih eye catching karena ada model yang menarik perhatian.
    • Jangan mengambil gambar dari akun orang lain.

    Optimasikan Fungsi Hashtag
    Selain google, salah satu cara seseorang dalam mencari sesuatu ialah melalui instagram dengan fungsi hashtag atau tanda pagar (#). Gunakanlah fungsi hashtag dengan baik untuk meningkatkan persentase postingan anda lebih terjangkau banyak orang. Jika anda menjual produk kustom baju misalnya, gunakanlah hashtag yang relevan dengan bisnis anda dan hashtag terpopuler yang relevan, contohnya #kustombajumurah #kustombajukeren #desainkaos

    Buat Promosi Khusus
    Umumnya untuk meningkatkan jumlah followers aktif, para toko online mengadakan promo khusus atau giveaway dengan syarat tertentu. Syarat tersebut seperti posting di akun pribadi mereka serta tag teman mereka dengan jumlah minimal yang ditentukan. Atau ide giveaway lainnya dengan membuat sebuah kuis dengan syarat tag tadi.

    Beberapa tips ini dilakukan saat baru saja memulai dan belum memiliki cukup banyak followers, namun jika followers toko online sudah meningkat hingga ribuan, bisa dibantu promosi menggunakan jasa endorse seperti yang saat ini marak digunakan oleh kalangan artis instagram dan artis-artis papan atas lainnya. Sekiranya itulah beberapa tips berjualan di instagram dan mendapatkan profit dari bisnis modal kecil online yang satu ini.

    Jika anda memiliki tips lainnya yang bisa dilakukan, silahkan sharing supaya teman-teman bisnis disini yang masih baru dapat ikut menerapkannya.
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,239
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Pemberikan giveaway merupakan salah satu bentuk untuk menarik lebih banyak pengikut, bekerja sama dengan akun yang sudah memiliki banyak follower juga akan mampu memberikan jumlah pengikut yang banyak, dengan adanya giveaway maka oranga akn tertarik untuk menjadi pengikutnya, dan ini tujuan bisnis jangka panjang
     
  3. Reza Ahmad

    Reza Ahmad Member

    Joined:
    Apr 3, 2018
    Messages:
    146
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Bener banget, cuma disaat kita belum punya followers yang cukup agak susah juga kalo buat ngadain giveaway. Dan giveaway ini juga umumnya bersyarat tag temannya buat ningkatin visitor dan followers
     
Loading...

Share This Page