Simak 5 Tips Berikut untuk Mengelola Usaha Kecil yang Menjanjikan

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by prita amalita, Oct 6, 2017.

  1. prita amalita

    prita amalita New Member

    Joined:
    Jan 12, 2017
    Messages:
    28
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    3
    Sebenarnya memang tidak sedikit peluang usaha kecil yang menjanjikan hanya saja karena modal yang terbatas biasanya hanya mampu memberi keuntungan yang minim. Lumrah memang sebab dengan modal yang terbatas membuat produk yang dihasilkan pun memiliki keterbatasan. Baik dari segi kualitas karena memakai bahan baku yang lebih murah atau mungkin membatasi jumlah produksi. Sehingga dengan produk dagang yang jumlahnya minim otomatis keuntungan yang didapatkan juga tidak kalah minim.

    Sebaliknya ketika produk usaha terbilang banyak maka keuntungan yang kecil tinggal di faktor kali yang tentu memberi pemasukan dalam jumlah lumayan. Menyadari fakta ini membuat industri UKM di tanah air terus mengalami penurunan karena sadar modal minim butuh usaha ekstra. Padahal jika didongkrak dan pelakunya lebih kreatif maka dijamin segala keterbatasan yang dimiliki akan menguap dengan mudah. Pengelolaan secara optimal diperlukan supaya dengan keuntungan yang masih terbatas perlahan bisa ditingkatkan.

    Bagaimana Cara Mengelolanya?

    Bagi pelaku usaha kecil yang memang pada dasarnya usaha tersebut punya prospek menjanjikan, maka usahakan terus belajar tata kelolanya. Simak beberapa tips berikut supaya tidak keteteran dan kecolongan dalam mengelola usaha kecil:

    1. Batasi dulu jumlah tenaga kerja

    Minimnya modal membuat Anda perlu bekerja lebih keras dan giat sebab dianjurkan untuk membatasi jumlah tenaga kerja. Pemangkasan jumlah ini penting karena banyaknya orang yang perlu digaji membuat biaya usaha membengkak. Padahal keuntungan yang didapat tentu belum stabil dan cenderung sangat kecil.


    2. Pasarkan produk secara cerdas


    Pemasaran produk merupakan kunci untuk menjadikan usaha kecil yang menjanjikan benar-benar mendatangkan masa depan menjanjikan. Pemasaran pun usahakan untuk lebih kreatif supaya produk semakin laku namun tidak membuat pengeluaran usaha membengkak. Misalnya mengikuti pameran atau bazar gratis untuk kalangan UMKM sehingga semakin dikenal publik. Sementara untuk jangkauan pemasaran lebih luas bisa memasarkan produk melalui internet, paling murah dan mudah adalah lewat media sosial.

    3. Ambil keuntungan sekecil mungkin

    Kadang kala pengusaha kecil merasa kurang sabar untuk mendapatkan keuntungan besar sehingga menjual produk terlalu mahal. Efeknya tentu saja membatasi jumlah konsumen karena memang sesuai jangkauan kalangan tertentu. Ketika Anda menekuni usaha kecil meskipun punya produk yang keren usahakan menekan keuntungan sekecil mungkin. Sebab menjadi media promosi gratis, tanpa perlu membayar dan tentunya bisa untung ketika produk laku. Keuntungan yang kecil bukanlah pilihan buruk sebab bisa membantu memperluas jangkauan pasar.

    4. Atur keuangan secara cerdik

    Sudah berani masuk ke dunia usaha maka usahakan untuk belajar bagaimana mengatur keuangan secara cerdik. Kecerdikan tentu sangat diperlukan untuk membantu menjalankan usaha kecil tetap bertahan. Kecilnya keuntungan membuat gerakan usaha lebih terbatas namun jika diusahakan dengan cerdik dijamin akan menjadi senjata untuk sukses. Misalnya saja menekan pengeluaran dan memperluas pasar sehingga keuntungan meningkat. Jika biaya produksi membludak maka bisa ajukan pinjaman dan yakinkan usaha sudah berjalan minimal 3 tahun.

    5. Fokus untuk mengembangkan usaha

    Semangat untuk terus menjaga roda usaha tetap berputar tentu bukanlah tanpa hasil, sebab semua usaha akan menunjukan hasil yang sama besar seperti usaha yang dilakukan. Fokuslah untuk mengembangkan usaha namun jangan buru-buru sebab usaha kecil umumnya berkembang ketika berjalan minimal 3 tahun. Maka kelola perlahan namun kritis supaya setiap peluang kecil di depan mata bisa ditangkap, nantinya akan menjadi usaha yang menjanjikan.
     
    Rip Neko likes this.
  2. Om Toni

    Om Toni Active Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    184
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    Kalau bisa sih keuntungan yang besar difaktor kali, jadi berlipat deh profitnya. Tapi ya sulit juga jika pesaingnya banyak terus kita menetapkan harga terlampau tinggi. Nice share
     
  3. FixifPro

    FixifPro Member

    Joined:
    Oct 7, 2017
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Point "" AMBIL KEUNTUNGAN SEKECIL MUNGKIN" sangat betul tuh, nanti kalau usahanya udah besar, kta bisa memetik lebih besar ko, yg penting ada buat makan atau sehari" dulu saja... biar bisa diputar lagi ke usaha nya
     
  4. Prabu

    Prabu Member

    Joined:
    Aug 14, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Point nomor 5 ini perlu, kalau kata mastah di sebelah, jangan menaruh telur di keranjang yang sama
     
Loading...

Share This Page