Simak Cara Balik Nama Motor Bekas Berikut Ini, Mudah Kok!

Discussion in 'Otomotif' started by Budimola, Aug 14, 2019 at 4:55 PM.

  1. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    236
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Sobat Rider baru saja membeli motor bekas? Wajib lho hukumnya untuk segera melakukan balik nama atas motor yang kalian beli, sob, karena banyak sekali hambatan ke depannya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) bukan nama pemilik asli. Salah satunya adalah bolak balik meminjam KTP pemilik motor lama hanya untuk mengurus perpanjangan STNK.

    Tidak susah kok prosesnya, sob. Nah, supaya kalian punya gambaran, berikut adalah informasi dari Sobat Rider seputar tata cara balik nama motor dan juga biaya yang harus kalian bayarkan. Simak baik-baik ya.


    Dokumen yang Dibutuhkan
    Prosesnya membutuhkan beberapa dokumen, antara lain adalah STNK asli dan salinannya, serta KTP Sobat Rider sebagai pemilik baru dari kendaraan tersebut.

    Pastikan kalian membawa KTP asli maupun fotokopi. Jangan lupa juga membawa BPKB yang asli beserta fotokopinya, serta bukti pembelian motor yang ditandatangai di atas materai.

    Biasanya kuitansi pembelian di atas satu juta wajib mencantumkan materai di dalamnya. Setelah semua dokumen tersebut lengkap, Sobat Rider bisa mendatangi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) untuk mengurus proses balik nama.


    Proses Balik Nama
    Lalu bagaimana proses melakukan balik nama setelah Sobat Rider sampai di kantor SAMSAT? Jangan khawatir ini dia informasi step by step-nya:

    1. Datang Ke SAMSAT Sesuai dengan Wilayah
    Apabila Sobat Rider memegang KTP Surabaya, maka bisa mendatangi kantor SAMSAT terdekat di wilayah Surabaya dengan membawa dokumen yang telah kalian siapkan.

    Dokumen fotokopi silakan dijadikan satu dan masukkan ke dalam map yang mudah dibawa kemana-mana. Untuk dokumen yang asli silakan diletakkan di tempat yang aman, namun mudah dijangkau jika sewaktu-waktu diperlukan.

    Apabila pemilik nama belum mencabut kepemilikan atas motor lama, maka mau tidak mau kalian harus melakukan cabut berkas dari motor yang baru kalian beli.

    Misalnya, pemilik motor yang lama berada di kota Malang dan mendaftarkan motornya di SAMSAT Malang, maka kalian harus mencabut kepemilikan motor terlebih dahulu di kota Malang, baru melakukan balik nama di SAMSAT Surabaya.

    Daripada bolak-balik antar kota, lebih baik kalian ingatkan pemilik motor yang lama untuk segera melakukan blokir nama setelah menjual motornya kepada kalian, sob.


    2. Lakukan Cek Fisik Kendaraan
    [​IMG]
    Lakukan cek fisik kendaraan

    Sesampainya di SAMSAT, segera bawa motor kalian ke area cek fisik, sob. Petugas pengecekan selain memeriksa kondisi motor juga akan mengecek nomor rangka dan nomor mesin kendaraan kalian.

    Bukti pengecekan fisik ini juga harus disertakan dalam berkas yang harus kalian masukkan ke loket. Biasanya biaya cek fisik ini antara Rp 15 ribu hingga Rp 20 ribu.

    Hasil cek fisik yang sudah divalidasi dan kuitansi pembelian motor jangan lupa difotokopi rangkap tiga. Simpan baik-baik salinan tersebut sebagai berkas pendukung untuk pengurusan balik nama BPKB di POLDA setelah kalian selesai melakukan balik nama STNK di SAMSAT.


    3. Isi Formulir
    Formulir ini bisa kalian dapatkan di loket pendaftaran. Setelah mengisi semua informasi yang diperlukan, tahap selanjutnya adalah menyerahkan seluruh berkas yang sudah kalian siapkan, termasuk formulir pendaftaran berikut hasil cek fisik yang sudah divalidasi ke loket pengecekan berkas.

    Loket ini bertugas memeriksa kelengkapan dokumen kalian. Dokumen yang asli seperti BPKB dan KTP akan langsung dikembalikan ke Sobat Rider, kemudian kalian akan diberikan tanda terima bahwa berkas sedang diproses.

    Proses selanjutnya adalah melakukan pembayaran biaya pendaftaran balik nama. Jangan lupa tanyakan kepada petugas kapan kalian harus kembali untuk melengkapi proses selanjutnya. Biasanya kalian akan diminta datang kembali dalam jangka waktu 2 sampai 5 hari lagi. Lanjut baca ulasan selengkapnya disini.
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    353
    Likes Received:
    15
    Trophy Points:
    18
    total biaya nya berapa ya gan perkiraan nya ?
     
    Budimola likes this.
  3. Budimola

    Budimola Member

    Joined:
    May 27, 2019
    Messages:
    236
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Untuk berita selengkapnya ada di link diatas gan:):)
     
Loading...

Share This Page