Liburan akhir tahun sudah di depan mata. Namun, momen akhir tahun kali ini berbeda dari biasanya. Dengan adanya pandemi yang juga mempengaruhi keadaan ekonomi, baik konsumen maupun bisnis perlu melakukan beberapa penyesuaian terhadap rencana akhir tahun mereka. Sejak pandemi, lebih dari 60% konsumen global mengubah kebiasaan berbelanja mereka dan kebiasaan ini diperkirakan akan terus berlanjut hingga pandemi selesai. Tren belanja di e-commerce menjadi preferensi dengan 37% konsumen berencana untuk lebih sering berbelanja online. Dengan perubahan-perubahan ini, bagaimana tren belanja konsumen di akhir tahun 2020 dan bagaimana bisnis dapat menghadapi perubahan ini? Mencoba Brand Baru Menurut riset, 40% konsumen telah mencoba brand baru selama pandemi. Hanya 12% konsumen menyatakan mereka akan tetap berbelanja dari brand dan toko ritel yang sama seperti tahun sebelumnya. Ini merupakan tantangan sekaligus peluang bagi bisnis. Tantangan karena dengan banyaknya customer yang mencoba brand baru, bisnis harus bisa mencari serta melakukan berbagai strategi dan cara yang efektif untuk bisa mempertahankan loyalitas customer. Di sisi lain, ini juga merupakan kesempatan bagi bisnis untuk memperluas jangkauan pasar dan mencari customer baru. Media Sosial Jadi Sumber Inspirasi Untuk dapat mempertahankan loyalitas dan menjangkau target pasar yang luas, personalisasi dan media sosial menjadi kunci khususnya bagi bisnis ritel. Menurut riset McKinsey, 31% konsumen mengatakan bahwa media sosial dapat menjadi dorongan untuk mereka melakukan pembelian sementara 25% lainnya mengatakan bahwa campaign terpersonalisasi menjadi dorongan. Maka itu, kembangkan strategi campaign yang terpersonalisasi dan memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan campaign tersebut sekaligus membangun hubungan dengan customer. Baca Juga: 6 Tips Foto Produk Makanan yang Instagramable Untuk Bisnis Kuliner Mengurangi Pengeluaran Kecuali Saat Momen Spesial Adanya pandemi membuat sebagian besar konsumen berencana untuk mengurangi pengeluaran mereka saat liburan akhir tahun. Namun demikian, ada pengecualian yakni saat momen-momen spesial atau hari raya. 39% konsumen mengatakan mereka akan berbelanja lebih banyak di hari-hari tertentu seperti Harbolnas atau Natal. Ini menjadi peluang bagi pebisnis untuk mengembangkan strategi campaign dan promo dengan tepat pada momen-momen tersebut. Promo Tetap Jadi Faktor Utama Dalam hal belanja akhir tahun, promo atau harga yang lebih baik tetap menjadi faktor utama yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli barang. Tepatnya sebanyak 48% konsumen menyatakan bahwa promosi menjadi alasan utama dalam memilih suatu brand, diikuti dengan nilai yang ditawarkan dari produk atau brand tersebut. Selain dua faktor itu, kualitas produk, ketersediaan barang, dan biaya pengiriman turut menjadi faktor yang berpengaruh terhadap keputusan konsumen. Maka itu, pebisnis harus bisa menyeimbangkan baik dari segi harga, kualitas barang, hingga operasional seperti stok dan pengiriman. Untuk menjamin kualitas barang tetap terjaga, stok tetap aman, serta harga pengiriman kompetitif, pilih jasa pengiriman barang yang dapat menawarkan keamanan serta harga yang terjangkau. Baca Juga: Simak Tren Belanja Akhir Tahun 2020 di Tengah Pandemi Triana A., Dec 3, 2020 #1 blackking Well-Known Member Joined: Sep 1, 2016 Messages: 2,264 Likes Received: 157 Trophy Points: 63 Kalau ane beli sesuatu kok seringnya melihat ke barangnya sama harganya mana yang murah, kadang sudah lupa di toko mana dibeli, kalau butuh beli barang lagi yang mencari lagi dari mula blackking, Dec 4, 2020 #2 andikasa Member Joined: Nov 27, 2020 Messages: 168 Likes Received: 9 Trophy Points: 18 kalau saya sejak pandemi lebih byk belanja di marketplace tapi hanya untuk barang2 kebutuhan sehari2 yg gak terlalu berat karna kalau berat akan mahal di ongkir untuk sayur mayur dan buah2an sih tetap beli di pasar tradisional atau warung sayur andikasa, Dec 4, 2020 #3 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Loading... Similar Threads - Simak Tren Belanja Crowde Gagal Bayar? Simak Penjelasan Dari Sini RyanNDI, Sep 15, 2021, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 2 Views: 5,842 RyanNDI Sep 20, 2021 Ingin Bikin PT? Simak Cara Lengkapnya di Sini Issyana, Aug 28, 2020, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 2 Views: 5,398 Yusuf Ramadhan Aug 29, 2020 Ingin Rumah Anda Dihiasi Lantai Kayu Sesuai Selera? Simak Tips Gokil Berikut Ini Zuli Haismi, Jun 18, 2020, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 0 Views: 5,358 Zuli Haismi Jun 18, 2020 Apa Saja Keuntungan Gunakan Pom Mini? Simak Disini Romi Yanto, Feb 5, 2019, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 0 Views: 1,273 Romi Yanto Feb 5, 2019 Simak 5 Tips Berikut untuk Mengelola Usaha Kecil yang Menjanjikan prita amalita, Oct 6, 2017, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 9 Views: 1,858 HartK Jun 11, 2019 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in
Kalau ane beli sesuatu kok seringnya melihat ke barangnya sama harganya mana yang murah, kadang sudah lupa di toko mana dibeli, kalau butuh beli barang lagi yang mencari lagi dari mula
kalau saya sejak pandemi lebih byk belanja di marketplace tapi hanya untuk barang2 kebutuhan sehari2 yg gak terlalu berat karna kalau berat akan mahal di ongkir untuk sayur mayur dan buah2an sih tetap beli di pasar tradisional atau warung sayur