Simulasi Rangkaian Elektronika Secara Online

Discussion in 'Computer' started by maswes, Mar 29, 2021.

  1. maswes

    maswes Member

    Joined:
    Sep 21, 2014
    Messages:
    95
    Likes Received:
    17
    Trophy Points:
    8
    Bagi pencinta elektronika mendesain sebuah rangkaian elektronik seperti layaknya seorang seniman. Proses desain rangkaian elektronik cukup menyita waktu. Dimulai dengan ide, menghubungkan bagian dalam blok, menuangkan dalam bentuk rangkaian dan pencarian ketersedian komponen.

    Dalam hal mendesain banyak dilakukan trial dan error sebagai bagian dari proses pembuatan rangkaian elektronik. Hal ini membutuhkan tools untuk mempermudah dan mempercepat waktu dan mengurangi tingkat kesalahan. Sekali lagi biaya dapat ditekan seminimmal mungkin.

    Salahsatu tools yang sangat membantu adalah software yang difungsikan untuk mensimulasi suatu rangkaian elektronik. Software ini memberi banyak keuntungan bagi pengguna mengurangi kegagalan dalam merangkai rangkaian elektronik secara langsung, baik langsung disolder maupun menggunakn breadbroad. Yang berarti menurangi biaya, efisiensi waktu dan tingkat keberhasilan tinggi.

    Salah satu aplikasi simulasi rangkaian elektronika secara online adalah multisim buatan national Instrument yang memang memiliki spesialisasi dan pengalaman tinggi dalam software simulasi elektronik. Aplikasi multisim dapat langsung diakses menggunakan browser tanpa melakukan instalasi terlebih dahulu. Pengguna diharus melakukan registrasi sebelum menggunakannya.

    Bagi pencinta elektronika pasti akan langsung memahami menggunakan aplikasi berbasis web ini. Mulai dari menyiapkan dan meletakkan komponen, merangkai perkawatan dan memberikan parameter nilai. Yang tak luput dari aplikasi multisim adalam disediakan alat ukur virtual tidak hanya voltmeter dan ampermeter digital yang mampu mengukur secara real-time, tetapi juga disediakan osiloskop untuk menampilkan berbagai bentuk sinyal listrik.

    Sungguh menyenangkan berksperimen tanpa menggunakan solder dan timah.

     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,757
    Likes Received:
    124
    Trophy Points:
    63
    Yang paham elektronika bisa bikin sesuatu rangkaian atau modul dengan tujuan tertentu
    kayaknya ada juga yang jualan pcb yang dapat dipesan. kalau ane nyolder saja tangan gemeteran
    gak cocok jadi tukang servis elektronik, tapi suka sih belajar nonton youtube
     
  3. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    290
    Likes Received:
    76
    Trophy Points:
    28
    Nice info!! Ternyata ada ya apk simulasi rangkaian elektronik. Keren, makin canggih saja teknologi sekarang ini. Cocok nih buat tukang servis elektronik. Eh, beda gak ya tukang oprek TV - kulkas ama desainer elektronik? :D
     
  4. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    99
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    UI nya mirip kaya excel ya, tapi menarik untuk dipelajari
     

Share This Page