Sirih Gading, Tanaman Hias Indoor untuk Mempercantik Rumah

Discussion in 'General Lifestyle' started by muezaa, Oct 21, 2020.

  1. muezaa

    muezaa Member

    Joined:
    Jan 16, 2017
    Messages:
    70
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Selama pandemi, berkebun menjadi aktivitas yang banyak dilakukan. Tanaman hias menjadi salah satu komoditi yang banyak dicari. Berbagai macam tanaman hias tidak hanya dapat menghadirkan keindahan pada rumah Anda. Mulai dari jenis aglaonema hingga jenis monstera.

    Tidak hanya diluar ruangan, bahkan Anda bisa menaruhnya didalam ruangan sebagai dekorasi rumah. Salah satu jenis tanaman hias indoor itu adalah jenis sirih gading, yang merupakan semacam tumbuhan merambat semi-epifit yang biasa ditanam sebagai penghias pekarangan atau ruangan.

    Sirih gading termasuk tanaman yang mudah sekali dirawatnya, sebab tanaman yang satu ini cepat sekali tumbuh. Secara ilmiah dikenal sebagai Epipremnum aureum, namun terkadang juga disebut sebagai golden pothos.

    [​IMG]

    Dalam sejarahnya, tanaman sirih gading awalnya merupakan tanaman asli (dan terbatas) di pulau Mo'orea, di kepulauan Polinesia Perancis. Seiring berjalannya waktu, tanaman ini kini banyak dinaturalisasi di hutan hujan tropis dan sub tropis di seluruh dunia. Termasuk di kawasan Asia, Kepulauan Pasifik, Hindia Barat dan Australia.

    Dilansir dari laman HaiBunda, tanaman sirih gading tumbung dengan merambat. Sehingga cocok sekali dijadikan tanaman hias yang digantung di rumah. Ada beberapa kultivar dan variasi dari tanaman sirih gading, meskipun secara penampilan tidak ada banyak perbedaan. Kebanyakan varietas tanaman ini berwarna hijau dan juga warna kuning belang-belang.

    Terpopuler dari berbagai kultivar sirih gading adalah Epipremnum aureum.Jenis ini termasuk mudah untuk tumbuh, dan paling sulit untuk dimatikan. Biasanya menampilkan variasi warna hijau pertengahan dan kuning sawi yang indah, serta bentuk daun yang seperti bentuk bentuk hati.

    Semakin terang daunnya, semakin banyak sinar matahari yang dipaparkan pada tanaman ini. Jadi, pastikan untuk meletakkannya di area yang terkena sinar matahari, seperti meletakkanya tidak jauh dari jendela. Namun, ini bisa juga dengan sinar matahari tidak langsung atau cahaya buatan yang terang.

    Tanaman hias sirih gading juga bisa hidup di tempat kering. Sehingga, tidak perlu khawatir akan mati meskipun jarang disiram.
     
Loading...
Similar Threads - Sirih Gading Tanaman
  1. riyadsupriyatna
    Replies:
    4
    Views:
    648

Share This Page