Sistem Keamanan Rumah Anti Jebol Maling Dengan IoT

Discussion in 'General Discussion' started by Syamsoul, Jul 17, 2020.

  1. Syamsoul

    Syamsoul New Member

    Joined:
    Nov 14, 2018
    Messages:
    17
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    sistem keamanan rumah iot

    Montermac.id – Anda pernah mengalami atau mengetahui bencana yang terjadi di rumah Anda atau tetangga Anda, seperti pencurian kebakaran dll? Bencana ini terjadi di saat keadaan di rumah sedang tidak ada penghuni atau kosong. Sistem keamanan rumah dengan sistem IoT akan menjadi solusi untuk menanggulangani permasalahan tersebut.

    Dalam situasi seperti ini dibutuhkan suatu sistem keamanan yang baik pada sebuah rumah yang tidak ada penghuninya. Perkembangan zaman ikut meningkatkan teknologi sistem keamanan pada suatu rumah. Salah satunya adalah dengan mengaplikasikan sistem keamanan rumah dengan basis Internet of Things dimana kita bisa mengakses dan mendapatkan laporan tentang kondisi rumah secara real time kapan dan dimana saja.

    Rumah merupakan hal yang penting karena bukan hanya sebagai tempat berteduh tetapi juga sebagai aset Anda dan keluarga. Supaya bisa tetap tenang ketika meninggalkan rumah dalam keadaan kosong dalam waktu lama, Anda dapat mengaplikasikan sistem keamanan rumah dengan basis Internet of Things dimana bisa mengakses dan mendapatkan laporan tentang kondisi rumah secara real time.

    Dari permasalahan diatas, perlu dirancang suatu sistem keamanan rumah yang bukan hanya mengamankan rumah dari tindak kriminalitas pencurian tetapi juga mengamankan rumah dari bahaya kebakaran akibat kebocoran gas. Konsep Internet of Things dengan media email dan aplikasi android pada perangkat android digunakan untuk memonitor kondisi rumah ketika rumah ditinggalkan oleh pemiliknya.

    Internet of Things
    Internet of Things (IoT) adalah salah satu konsep yang sedang populer saat ini. Latar belakang dari konsep Internet of Things adalah bagaimana setiap objek atau benda dalam kehidupan kita sehari- hari dapat terhubung ke jaringan internet.

    Dimana objek atau benda tersebut dapat mengirimkan data ke internet dan dapat kita akses dari mana dan kapan saja. Hal ini juga memungkinkan objek atau benda tersebut untuk bisa berinteraksi langsung dengan benda-benda lainnya. Istilah ini dikenal juga dengan komunikasi mesin dengan mesin M2M.

    Mikrokontroler Arduino Uno
    Mikrokontroler Arduino Uno merupakan salah satu dari banyak jenis mikrokontroler yang di keluarkan oleh arduino, sebuah perusahaan dari Italia yang bergerak di bidang pengembangan mikrokontroler.

    Baca juga: Aplikasi IoT di Indonesia Meningkatkan Omset Bisnis

    Mikrokontroler Arduino Uno adalah sebuah board mikrokontroler yang memiliki basis ATmega328. Arduino Uno memiliki 14 pin input/output yang mana 6 pin dapat digunakan sebagai output PWM, 6 analog input, crystal osilator 16 MHz, koneksi USB, jack power, kepala ICSP, dan tombol reset. Mikrokontroler arduino dapat dikoneksikan dengan komputer menggunakan kabel USB

    Analisa Perancangan Sistem
    Perancangan sistem keamanan rumah berbasis Internet of Things dengan platform android ini berorientasi pada monitoring dan kontrol. Monitoring keadaan rumah saat ditinggal oleh penghuninya dan mengontrol beberapa peralatan yang berhubungan dengan keamanan rumah.

    Beberapa fitur monitoring dan kontrol dari sistem keamanan rumah ini diantaranya :

    1. Menyalakan lampu didalam ruangan
    2. Mengaktifkan solenoid door lock untuk membuka atau mengunci pintu
    3. Memonitor kondisi rumah dari pencuri yang menyusup kedalam rumah
    4. Memonitor kondisi rumah dari kebocoran gas
    Sistem keamanan rumah berbasis IoT merupakan suatu sistem yang memungkinkan kita untuk melakukan kontrol dan monitoring suatu peralatan dari sistem keamanan rumah dari jarak jauh melalui jaringan internet yang bisa kita akses kapan dan dimana saja.

    Klik dibawah ini untuk mendapatkan penawaran spesial!


    Whatsapp
    DOWNLOAD OUR COMPANY PROFILE
     
  2. avirss

    avirss Member

    Joined:
    May 1, 2014
    Messages:
    221
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Kalau malingnya jago it pasti jebol
     
Loading...

Share This Page