Sistem Kerja ATM Dalam Membaca Kartu dan Mengeluarkan Uang

Discussion in 'General Discussion' started by Syamsoul, May 28, 2020.

  1. Syamsoul

    Syamsoul New Member

    Joined:
    Nov 14, 2018
    Messages:
    10
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Sistem kerja ATM

    Monstermac.id – Sistem kerja ATM alias Automatic Teller Machine sangat penting di dunia modern saat ini. ATM ini adalah salah atu aspek yang tidak bisa dilepaskan dari dunia kita. Bayangkan, kita bisa memindahkan uang dalam jumlah yang besar, tanpa menghiraukan jaraknya. Itulah mengapa ATM bisa menjadi sepopuler itu. Tak jarang orang/ penjahat mencari cara untuk membobol/ hack mesin ATM ini.

    ATM yang dilengkapi dengan sensor ini dapat melakukan banyak hal, mulai dari penarikan tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM.

    Bagaimana cara kerja mesin ATM ini?

    Sekilas mengenai mesin ATM
    ATM terdiri dari komponen- komponen tertentu, seperti 1 unit computer CPU, key board, modem, kotak uang, printer kecil dan card reader. Dan di luar terdapat tombol angka, layar monitor dan kamera (optional).

    Cara menggunakan mesin ATM
    Langkah awal penggunaan ATM. bisa melakukan langkah di bawah ini….

    1. Masukkan kartu ATM anda ke dalam mesin ATM
    2. Setelah kartu ATM masuk ke mesin ATM, selanjutnya magnetic card reader yang ada pada mesin akan membaca kartu ATM Anda. Sedikit informasi mengenai megnetic card reader ini, berperan sebagai pembaca dan penerima data kartu dimana setelah itu data akan dikirimkan ke sistem komputerisasi bank.
    3. Setelah mesin berhasil membaca data dari kartu ATM, selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan nomor PIN (Personal Identification Number). PIN ini dibuat ketika membuka rekening dan membuat kartu ATM,
    4. Selanjutnya, data PIN akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerisasi di bank yang bersangkutan. Pengacakan data pada PIN bertujuan agar data-data nasabah aman dan tidak terbaca oleh pihak lain.
    5. Setelah data-data selesai diproses oleh komputer bank, maka selanjutnya data-data tadi akan dikirim kembali ke mesin ATM. Di sinilah proses utamanya berlangsung. Anda akan memperoleh apa yang ingin dilakukan di mesin ATM seperti penarikan uang tunai, cek saldo, transfer tunai, setoran tunai dan sebagainya.
    6. Silahkan lakukan transaksi apa yang Anda inginkan, Anda juga bisa membayar pembayaran dengan beragam jenis pada mesin ATM yang canggih tersebut.
    7. Jangan lupa untuk mengambil kartu ATM setelah melakukan transaksi dan hati- hati dengan penipuan.
    Ternyata terdapat garis yang dinamakan Magnetic Chip pada kartu ATM yang berfungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik kartu ATM. Magnetic Chip ini sangatlah sensitif dengan berbagai keadaan. Seperti ketika Magnetic Chip ini tergesek oleh sebuah benda, maka bisa saja Magnetic Chip tersebut akan kehilangan fungsinya.

    Kedua perangkat saling berhubungan sehingga Anda harus selalu mengingat PIN number dan memastikan agar kartu ATM tetap aman. Untuk itu, sebisa mungkin untuk tidak meminjamkan Kartu ATM Anda kepada orang asing untuk kepentingan apapun, meski dia berusaha untuk membantu Anda. Lebih baik Anda langsung pergi saja bilamana ada orang yang tiba- tiba meminta PIN ATM. Cobalah untuk mengganti pin secara berkala jangan pernah menggunakan nomer tahun dan tanggal lahir Anda dalam membuat pin.
     
Loading...

Share This Page