Strategi Ampuh Memajukan Bisnis Online

Discussion in 'Internet Marketing' started by Silaen Medan, May 5, 2018.

  1. Silaen Medan

    Silaen Medan Member

    Joined:
    Dec 31, 2017
    Messages:
    153
    Likes Received:
    16
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Jumlah pengguna internet yang terus meningkat di 2018 ini, membuat banyak pebisnis yang berkonsentrasi di segmen bisnis online akan selalu berusaha sekuat tenaga mengeluarkan jurus ampuh untuk mengembangkan sekaligus memajukan bisnis online agar bisa sukses mencatatkan keuntungan.


    Adanya keinginan setiap para pebisnis ini, tentu adalah hal yang wajar sehingga turut memperketat terjadinya persaingan sesama penjual di dunia bisnis online. Dalam mengembangkan dan memajukan bisnis berbasis online ini, setiap penjual tentu mempunyai strategi dan cara tersendiri untuk memasarkan produknya agar cepat terjual (laris manis dibeli pelanggan). Namun, banyak di antara pedagang online yang masih menggunakan cara-cara yang konvensional dan tidak memaksimalkan pemanfaatan dunia digital dan media sosial.


    Memang tidak semua pebisnis online yang tidak peka atas adanya peningkatan pengguna internet yang setiap harinya terus meroket, dimana kami dari grup silaenseocom melihat bahwa banyak diantara pedagang online yang justru terus berusaha memanfaatkan adanya peningkatan pengguna internet untuk menjaring pelanggan baru, sekaligus mencari pola yang ampuh dan strategis untuk mengembangkan jaringan bisnis mereka, baik offline maupun online.


    Tak dapat dipungkiri, sepanjang tahun 2017 yang lalu, ada banyak pelaku bisnis online yang justru sengaja membuat website atau blog maupun fans page toko online mereka di jejaring sosial media. Akselerasi memanfaatkan kemajuan teknologi medsos ini tentu saja dimanfaatkan sebagai salah satu media atau satu strategi ampuh pemasaran bisnis untuk mendapatkan pelanggan baru. Ya, pada intinya dengan memanfaatkan fasilitas dari adanya kemajuan teknologi dan alat komunikasi, para pelaku bisnis juga dapat memperluas jangkauan pasar mereka ke seluruh penjuru dunia. Sehingga, konsumen yang jauh dari domisili anda dapat di jangkau tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut untuk memasarkannya.


    Adanya teknik pemasaran terbarukan diatas, tentu orang-orang akan semakin banyak yang tahu bahwa pemasaran bisnis online semakin lebih efektif dan efisien dari pada tetap bertahan pada sistem strategi bisnis toko konvensial. Mengapa? Karena dengan berbisnis online, maka membuat usaha apapun seakan-akan tetap buka selama 24 jam non-stop dan dapat di akses seluruh penjuru dunia. Hanya dengan melakukan optimasi yang benar dan tepat, usaha anda akan lebih mudah ditemukan dan dikenal oleh orang banyak.


    Nah, dalam kerangka melaksanakan optimasi yang tepat dan benar, ada beberapa strategi ampuh dan jitu yang dapat menjadi senjata dalam memerangi persaingan bisnis online yang semakin ketat dan sekaligus mempertahankan kemajuan bisnis/usaha online, khususnya di hasil pencarian mesin pencari, yakni:


    1) Membuat Website Menopang Strategi Online Marketing

    Jika anda memiliki sebuah website/blog, maka usaha anda seakan-akan buka selama 24 jam tanpa henti. Beberapa hal penting yang perlu anda perhatikan dari web usaha ini, dimana pada website usaha tersebut anda harus mampu menjelaskan secara rinci tentang produk yang sedang dipasarkan dan tentu harus terlihat menarik dan profesional untuk menimbulkan rasa ketertarikan dan kepercayaan konsumen terhadap produk yang anda jual dan selanjutnya akan membelinya. Selain itu anda juga harus memberikan konten-konten yang bagus dan bermanfaat agar pembaca kembali lagi untuk hari berikutnya berkunjung dan melihat produk-produk lain yang terupdate di blog toko online anda.


    2) Optimasi Website Sebagai Strategi Marketing Online Terbaik

    Dengan adanya kebijakan untuk melakukan optimasi website, maka sebagian besar pengguna internet yang sedang mencari berbagai informasi menggunakan search engine, seperti Google, Baidu, Bing, MSN, Yahoo, Yadex, dlsb, senantiasa akan menampilkan web toko online anda di hasil pencariannya.


    Hal inilah yang perlu terus digunakan para pebisnis daring agar senantiasa memanfaatkan seoptimal strategi marketing online menggunakan search engine agar website jualan online anda selalu tampil diposisi terbaik di search engine akibat penggunaan strategi pemasaran online dalam menjangkau pelanggan potensial.


    Salah satu strategi optimasi website yang masih relevan dan terfavorit adalah menggunakan teknik SEO, baik apakah itu dengan teknik SEO onpage maupun teknik SEO offpage. Tapi satu hal yang perlu diingat, agar senantiasa para pebisnis menghindari dan menjauhi adanya penggunaan teknik black hat SEO karena berakibat buruk terhadap web/blog bisnis online anda karena bisa terkena sanksi dari google, seperti noindex, banned ataupun di suspend.


    3) Memanfaatkan Jejaring Sosial (Social Media)

    Sampai detik ini, jejaring sosial tetap menjadi alat yang bagus, terbaik dan efektif sebagai media mempromosikan bisnis online ke berbagai lapisan masyarakat. Saat ini, sebagaian besar pengguna internet mempunyai akun di berbagai situs jejaring sosial, misalnya Facebook, Linkedin, Twitter, Tumblr, Instagram, Whatsapp, Line, Path, dlsb. Nah, karena seperti yang kita ketahui dan lihat di sepanjang tahun 2018 ini, jejaring sosial tersebut dapat digunakan untuk promosi produk ataupun branding jasa apa saja, dan jejaring social media ini juga banyak di akses oleh orang-orang dari seluruh belahan dunia.


    Di tahun 2018 ini, sebagian besar pengguna internet mempunyai akun di situs jejaring sosial, misalnya Facebook dan Twitter. Jejaring media sosial ini juga bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk dan jasa. Mengapa medsos – sosmed ini banyak di pilih oleh pebisnis online ? Alasannya disebabkan pengguna jejaring sosial di dunia berjumlah milliaran pengguna. Tentunya ini bisa jadi salah satu pangsa pasar yang sangat menguntungkan bila bisa dikelola dengan baik untuk menjaring pelanggan dan sekaligus memelihara pelanggan maupun merek.


    4) Strategi Menggunakan E-mail Marketing

    Selain menggunakan website/blog dan berbagai jejaring sosial, para pebisnis juga bisa memanfaatkan surat elektronik (e-mail) sebagai media promosi untuk mensasar pelanggan anda. Pemberitahuan mengenai produk terbaru dapat anda kirimkan melalui e-mail kepada pelanggan anda. Dengan promosi dan pemasaran melalui e-mail juga akan mengurangi biaya pengeluaran untuk beriklan.


    5) Komunitas atau Forum

    Jika anda sudah memiliki website usaha anda dengan tampilan terbaik dan kontennya juga menarik, anda dapat membagikan atau memporomosikan link maupun produk anda di forum atau tempat diskusi maupun komunitas online yang ada di daerah anda maupun di daerah lain.


    Disamping itu, Anda juga dapat meminta anggota forum yang ada untuk memasang foto produk, info produk dan informasi kontak anda (customer service). Sehingga, informasi tentang bisnis anda akan dengan cepat menyebar dan banyak diketahui oleh masyarakat online.


    Contohnya, seandainya anda bergabung dengan komunitas blogger jakarta atau komunitas blogger bali, surabaya, bandung, semarang, makasar ataupun misalnya saja anda tergabung dan menjadi anggota di blogger medan community, maka ikutilah thread hangat yang sedang dibahas dengan meninggalkan link yang se-tema dengan konten yang pernah anda posting di website/blog bisnis online anda. Dengan adanya blogger club ini, maka eksistensi anda dan produk turunan anda akan semakin populer dikenal dan juga menciptakan kepercayaan atas produk atau jasa yang anda tawarkan.




    6) Promosi Bisnis Melalui Iklan Gratis

    Saat ini, di internet sudah menjamur layanan iklan murah atau iklan gratis online yang mana anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar untuk mempromosikan iklan produk. Anda cukup hanya registrasi ke situs iklan dan membuat iklan produk anda ke situs tersebut.


    Namun, seandainya Anda mempunyai budget lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba beriklan lewat Facebook Adsense (ads) dan Google Adsense. Sebab, Facebook menempatkan iklan tersebut sesuai dengan target pasar yang sudah anda tetapkan sebelumnya. Misalnya, bila Anda mempunyai produk fashion atau tas ataupun kosmetik dari Italia, maka Facebook dan Google akan menempatkan iklan tersebut di halaman pengguna remaja wanita yang memang memerlukan fashion, tas dan juga cosmetik. Jadi sasaran iklan produknya sangat terarah langsung ke konsumen yang membutuhkan.


    Nah, itulah beberapa strategi ampuh untuk memajukan bisnis online anda agar dapat lebih optimal dalam rangka untuk meningkatkan pelanggan toko online anda dan memberikan keuntungan bagi bisnis anda kedepannya. Dari uraian diatas juga terlihat bahwasanya membuka toko online tidak hanya mampu menghasilkan pendapatan yang segitu-segitu saja ? lihat saja website milik Amazon, Alibaba, Tokopedia, Olx, Shopee, Gojek, Grab, Bukalapak, Zappos telah membuktikan lewat kesuksesan berbisnis lewat online. Nah, anda juga mempunya kesempatan yang sangat untuk menyusul mereka.
     
    agus sulistyo likes this.
  2. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    trategi im tahun 2018 ini ya
     
  3. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    generasi modern harus puya bisnis online sekarang zamannya teknologi.,.,
    nicce post
     
  4. GembeL Berdasi

    GembeL Berdasi Member

    Joined:
    May 22, 2017
    Messages:
    61
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
  5. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    893
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    bantu jawab ya, jadi ini bisa diterapkan tidak hanya 2018, untuk kedepan juga oke, hanya saja sekarang upaya" diatas lebih sulit, cara" gratis sulit sekali, lebih baik melalui Google Adwords maupun FB ads yang udah banyak terbukti bagus, bisa target konsumen dengan baik
     
  6. Deasy Dianna

    Deasy Dianna Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    41
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Makasih gan tambahannya, sangat bermanfaat, saya udah nyoba FB ADS, cukup bagus, tapi belum berani ke Google Adwords, katanya biaya per klikya mahal ya?
     
  7. agam

    agam Member

    Joined:
    May 30, 2018
    Messages:
    215
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    mulai saatinya memaksimalkan teknologi untuk bisnis,... bisnis cerdas,...
     
  8. agus sulistyo

    agus sulistyo New Member

    Joined:
    Jun 9, 2018
    Messages:
    14
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    info yang sangat lengkap dan sangat berguna saya sendiri support sekali dengan tipsnya
     
Loading...

Share This Page