Strategi Digital Marketing Dalam Menjaring Konsumen

Discussion in 'Online Business' started by siti.kamilla, Feb 3, 2017.

  1. siti.kamilla

    siti.kamilla New Member

    Joined:
    Aug 1, 2016
    Messages:
    17
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    3
    Satu hal yang nyaris tak luput dari kehidupan sehari-hari, yaitu menjelajah dan memanfaatkan fasilitas dunia maya. Mulai dari mencari berita, hiburan, bertukar sapa dengan teman dan kolega, sampai jasa jualan, semua bisa dilakukan secara online.

    Dengan habit online individu tersebut, tak heran jika digital marketing menjadi strategi pemasaran yang prospektif. Banyak pebisnis yang memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memasarkan produknya.

    Salah satu fitur yang digunakan adalah platform media sosial. Sejauh mana platform ini bisa membantu bisnis, bahkan yang masih baru?

    Berdasarkan data tahun 2016 dari We Are Social, Indonesia memiliki sekitar 88 juta pengguna internet aktif, yang 89.78% di antaranya aktif menggunakan media sosial.

    [​IMG]

    Dari data di atas menunjukkan bahwa hampir 30% di antaranya melakukan transaksi belanja secara online atau setidaknya pernah browsing di online shop.

    Grafiknya juga menunjukan jika media sosial merupakan salah satu lahan subur untuk menjaring konsumen.

    Tiga besar media sosial yang terbukti sangat bermanfaat bagi bisnis: Facebook, Instagram, dan Twitter. Ketiga platform ini tercatat mampu menjaring banyak pengguna dari Indonesia, mulai dari usia 16 hingga 35 tahun. Range usia ini termasuk dalam usia produktif konsumtif.

    Facebook dan Instagram sangat tepat untuk menjaring pelanggan melalui post bergambar. Calon konsumen bisa melihat produk dan jasa yang ditawarkan. Biasanya, konsumen akan lebih tertarik saat melihat foto yang mengutamakan estetika.

    [​IMG]

    Hal itu pun ditunjukkan dengan tingkat responsif konsumen yang tinggi terhadap produk secara visual. Alhasil, kini Instagram menjadi platform jualan nomor satu.

    Bagi penjual, Instagram - yang mengandalkan fitur album foto digital - merupakan bentuk modern sebuah katalog. Mereka dapat dengan mudah mempromosikan produk-produknya secara lengkap dan detail.

    Semakin menarik konten penawaran yang ditampilkan, akan semakin banyak konsumen yang datang. Perlu diingat, konsumen cenderung tertark akan jasa dan produk yang akrab dengan kehidupan sehari-hari mereka.

    Sedangkan, Twitter sangat tepat untuk sarana berinteraksi dengan konsumen. Pergerakan di Twitter lebih cepat jika dibandingkan Facebook dan Instagram, sehingga akan lebih cepat bagi penjual untuk terhubung dengan sang konsumen.

    Setelah mengetahui besarnya manfaat platform media sosial bagi bisnis, kini saatnya atur strategi pemasaran yang tepat dan sesuai dengan jenis usaha. Berbeda usaha beda cara pemakaian media sosialnya agar lebih optimal dalam menjaring konsumen yang ditargetkan.
     
  2. ekselsior

    ekselsior Member

    Joined:
    Jan 14, 2015
    Messages:
    49
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Sekarang, sudah banyak paltform media sosial yang bisa jadi pertimbangan untuk dijadikan lahan untuk memasarkan produk. Jadi kita nggak cuman mengandalkan yang namanya marketing offline aja seperti brosur, spanduk, iklan di koran dan lain-lain, tapi harus dikombinasikan juga dengan marketing online.
     
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    859
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Betul sekali, jika strategi dan aksi nyata kurang dikerjakan dengan baik, maka akan segera dilibas oleh pesaing bisnis online kita
     
  4. annurmusic

    annurmusic New Member

    Joined:
    Sep 4, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    media sosial memang sangat membantu dalam pemasaran sebuah bisnis online jika dikelola dengan baik, terutama Facebook, Instagram, dan Twitter.
     
Loading...

Share This Page