Strategi Meningkatkan Keamanan Bisnis Ritel

Discussion in 'General Business' started by Ikhlas, Dec 19, 2016.

  1. Ikhlas

    Ikhlas Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    119
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Keamanan menjadi salah satu aspek pertimbangan krusial dalam sebuah perusahaan tak peduli besar atau kecil, baru atau lama. Sayangnya, kini lebih banyak lagi ancaman besar yang harus dipertimbangkan oleh orang dan kemiskinan. Kita perlu mewaspadai hal ini.

    Para pemilik semua jenis bisnis termasuk toko-toko dan gerai ritel tidak kebal dari ancaman keamanan. Sebenarnya, jenis-jenis usaha sering menjadi target dan para pemilik bisnis harus melindungi dirinya sendiri.

    Ancaman terhadap keamanan usaha bisa datang dari berbagai bentuk dan mungkin berupa semua hal yang berasal dari penipuan, pencurian dan perampokan, kebakaran, tindak anarkis, vandalisme dan teror.

    Kebijakan yang terperinci dengan baik harus dimiliki oleh sebuah bisnis ritel untuk mencegah hal yang terburuk terjadi. Strategi proaktif perlu dilaksanakan dengan tepat untuk meminimalkan ancaman terhadap keamanan terjadi secara terus menerus.

    Setelah diterapkan, prosedur ini harus ditinjau secara rutin, setidaknya setiap tahun, untuk memastikan semuanya tetap mencerminkan sifat perubahan bisnis Anda serta lingkungan di mana Anda beroperasi.

    Jadi, kita lihat di sekitar bisnis Anda. Seberapa amankah itu? Apakah keamanan pribadi Anda, staf Anda dan pelanggan dilindungi karena dapat? Seberapa rentan adalah milik dan saham?

    Setelah Anda telah menilai masalah keamanan potensial, mengambil tindakan! Kegagalan untuk menempatkan langkah-langkah keamanan yang tepat di tempat tidak hanya meninggalkan cara yang jelas bagi pencuri, itu juga berdampak pada bisnis asuransi Anda.

    Perusahaan asuransi Anda akan meminta Anda untuk mematuhi tindakan pencegahan minimal keamanan mereka untuk jenis bisnis yang Anda jalankan, seperti pemasangan jenis tertentu alarm atau kunci tertentu pada pintu eksternal. Kurangnya kepatuhan dengan tindakan pencegahan tertentu dapat membatalkan kebijakan Anda dan meninggalkan Anda berbahaya terkena harus sebuah insiden terjadi.

    Namun, kebanyakan pemilik bisnis ingin melampaui hanya melakukan minimal, memahami pentingnya menjaga kesejahteraan pribadi mereka, staf mereka dan pelanggan serta kemampuan untuk bisnis mereka untuk beroperasi.

    Dan seperti memilih asuransi bisnis yang tepat tidak bekerja pada "satu ukuran cocok untuk semua" pendekatan, juga tidak perencanaan keamanan Anda.

    Sebuah agen perjalanan dengan saham tidak, hanya peralatan kantor akan memiliki kebutuhan asuransi sangat berbeda dengan perhiasan yang mungkin memiliki ratusan ribu pound saham di tangan.

    Perencanaan keamanan tidak perlu harus melibatkan langkah-langkah yang canggih atau mahal. Evaluasi sederhana potensi risiko dan praktis, hemat biaya strategi bisa mencegah banyak kerugian material dan imaterial.

    Berikut merupakan daftar yang berisi 10 poin dalam memberikan titik awal pertimbangan keamanan tempat usaha Anda:

    1. Keamanan pencahayaan. Apakah lampu keamanan dipasang di seluruh dan di sekitar tempat? Apakah semua lampu menyala dengan baik?

    2. Desain bangunan. Apakah bangunan telah dibangun dengan kokoh sehingga akses yang tidak sah dibatasi? Apakah ada perlindungan memadai terhadap risiko masuknya pencuri melalui atap? Apakah bangunan dijamin untuk mengurangi risiko kebakaran?

    3. Pintu dan jendela. Apakah pintu eksternal dan jendela kokoh dibangun? Apakah semua itu dilengkapi dengan pintu dan rute darurat? Apakah pintu dan jendela terkunci sepanjang waktu? Apakah skylight dijamin?

    4. Identifikasi properti. Apakah nama pemakai, model dan nomor seri barang-barang seperti komputer, printer dan mesin fotokopi telah dicatat? Apakah properti Anda difoto untuk identifikasi?

    5. Telepon. Apakah telepon telah diatur sebelumnya untuk terhubung dengan nomor kontak darurat? Apakah saluran telepon dipasang sedemikian rupa sehingga tidak dapat dirusak (ini sangat penting jika sistem alarm Anda terhubung ke saluran telepon Anda)?

    6. Brankas. Apakah yang aman telah diinstal? Apakah brankas sudah tepat posisinya? Apakah itu terus terkunci?

    7. Penanganan uang tunai. Apakah ada prosedur penanganan uang tunai yang sudah baik? Apakah Anda memiliki prosedur proses perbankan yang teratur? Adalah uang dihitung keluar dari pandangan publik? Apakah Anda menggunakan jasa sebuah perusahaan untuk mengangkut uang tunai?

    8. Kunci dan kontrol barang-barang berharga. Apakah ada daftar kunci? Apakah semua kunci dijamin? Apakah staf memiliki tempat untuk menyimpan barang-barang pribadi mereka aman? Apakah ada akses terbatas ke area ini?

    9. Alarm sistem / peralatan pengawasan. Apakah sistem alarm anti penyusup telah diinstal? Apakah itu dipantau? Apakah alat-alat pengintai dipasang? Apakah rekaman direkam dengan kaset disimpan selama minimal tujuh hari? Apakah ada alarm kebakaran?

    10. Umum. Apakah dokumen sensitif dihancurkan dengan tepat? Apakah password komputer diubah secara teratur? Apakah Anda memiliki rencana evakuasi darurat? Apakah staf mengetahui rencana evakuasi darurat tersebut? (sumber)
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,496
    Likes Received:
    112
    Trophy Points:
    63
    Buat perusahaan besar sistem keamanan ini sangat penting karena didalamnya perusahaan juga memuat kebutuhan banyak karyawan, satpam juga menjadi kebutuhan bagi perusahaan besar, atau kalau perlu melatih satpam seperti layaknya petarung yang siap dengan segala kemungkinan
     
  3. Lax Tekno

    Lax Tekno New Member

    Joined:
    Jan 26, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    nice share, tapi yang paling penting menurut saya sih ya pastinya sisitem alarm yah, dan pastinya juga harus ada orang yang mampu mengawal atau menjaga tempat usaha kita selama 24 jam penuh.
     
  4. Dudu

    Dudu Guest

    yg terpenting sih menjaga sistem keamanan sepertim alarm supaya tetap berfungsi dengan baik, dan sebagai tindak pencegahannya apabila kebobolan ya harus memilih team security terbaik yg memang memiliki dasar bela diri yg kuat
     
Loading...

Share This Page