Strategi Shopee Jadi Top E-commerce Platform Indonesia

Discussion in 'E-Commerce' started by achbarfarizqy, Dec 28, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    63
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Siapa yang tidak mengetahui Shopee top e-commerce platform Indonesia? Platform yang pada tahun ini menjadi e-commerce Indonesia yang paling banyak digunakan dan sangat populer, ternyata memiliki strategi yang bisa kamu tiru.

    Bukan tanpa sebab Shopee bisa mencapai pada titik sekarang ini, berbagai strategi yang sudah digunakan oleh Shopee dapat menarik minat para penjual dan pembeli. Dan strategi ini bisa kamu terapkan dalam toko online yang sedang kamu rintis.

    Saat ini Shopee sudah sangat unggul pada brand awareness dan memiliki pengguna terbanyak, mengalahkan Tokopedia dan Lazada. Padahal Shopee baru hadir di Indonesia pada akhir Desember 2015, dibanding dengan e-commerce Indonesia Tokopedia yang sudah ada sejak 2009 dan Lazada pada 2012. Terbukti Shopee berhasil bersaing dengan top e-commerce platform Indonesia yang telah ada sebelumnya.

    Berikut beberapa kunci strategi pemasaran yang digunakan Shopee yang bisa kamu tiru:

    Pemasaran yang Mengikuti Tren

    Masih ingat pada saat “Sobat Ambyar” menjadi tren anak muda? Saat itu penyanyi daerah Alm Didi Kempot yang sedang naik daun dan banyak kaum milenial yang menyanyikan lagu-lagu romantisnya. Siapa yang sangka, bila kemudian Didi Kempot menjadi brand ambassador Shopee, dan menarik minat anak muda untuk mengetahui lebih lanjut tentang Shopee.

    Strategi pemasaran yang digunakan oleh Shopee selalu tentang hal yang sedang tren ataupun yang sedang viral. Oleh karena itu, banyak orang yang menjadi lebih mudah mengingat, dan kuncinya adalah konten sudah diketahui banyak orang, relatable, dan tepat sasaran.

    Memakai Media yang Tepat

    Dari awal Shopee hadir di Indonesia, platform e-commerce ini selalu memfokuskan bidang bisnisnya terhadap pengguna aplikasi yang ada di smartphone. Dan Shopee juga dikenal sebagai pencetus e-commerce Indonesia yang mengkampanyekan aktivitas belanja melalui smartphone. Dengan menggunakan informasi yang akurat sebagai landasan strategi bisnis, membuat pemasaran yang digunakan Shopee menjadi tepat sasaran.

    Selalu Berani Soal Promo

    Sudah banyak pelanggan di Indonesia yang merasakan promo yang tidak tanggung-tanggung dari Shopee. Hal ini menjadi senjata Shopee untuk menarik perhatian para pelanggan. Mulai dari promo gratis ongkos kirim yang diberikan dengan batasan pembelian tertentu, sampai harga promo yang kadang di luar nalar.

    Selalu Memberikan Jaminan Harga Termurah

    Siapa yang tidak tergiur membeli sesuatu dengan harga yang murah? Harga menjadi faktor utama yang dijadikan pertimbangan setiap pelanggan ingin membeli sesuatu barang. Oleh karena itu, Shopee memanfaatkan harga untuk bisa bersaing dengan e-commerce Indonesia lain, dengan menggunakan tagline “Garansi Harga Termurah, Uang Kembali 2x Lipat”.

    Tentunya kamu bisa meniru strategi tersebut, kamu bisa melakukan riset kembali untuk menemukan supplier termudah dan memberikan harga termurah dibanding pesaing bisnis kamu. Dan tentunya kamu sangat bisa bersaing dengan para pesaing bisnis kamu.

    Target Pasar yang Jelas

    Strategi pemasaran yang dilakukan Shopee selanjutnya adalah sudah menentukan target pasar yang jelas. Dengan pengguna e-commerce Indonesia didominasi oleh wanita, terutama usia muda. Maka Shopee menentukan prioritas pasar mereka adalah wanita, dengan berfokus kepada kebutuhan wanita seperti produk kecantikan dan fashion wanita.

    Tentunya kamu bisa menargetkan pasar kamu lebih spesifik lagi, dibanding kamu harus menargetkan pasar yang luas. Dan begitulah strategi pemasaran yang bisa membawa kesuksesan Shopee sampai saat ini sebagai top e-commerce Indonesia yang bisa kamu tiru.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,631
    Likes Received:
    122
    Trophy Points:
    63
    Istri saya yang suka beli di Shopee
    kalau saya sendiri belum pernah, malah sering di Toped
     
  3. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    40
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Makanya iklan shopee yang nongol di tv kebanyakan khusus untuk wanita lha target produk ternyata buat pemakai wanita*bingung*
     
  4. Mas Her

    Mas Her Member

    Joined:
    Oct 14, 2020
    Messages:
    42
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    sudah bagus dananya ga habis habis, mantap lah
     
  5. Chandra Devi

    Chandra Devi New Member

    Joined:
    Feb 22, 2020
    Messages:
    8
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Konsep yang bagus, biaya ada, team creative ada, semuanya saling mendukung...
     
  6. AmriMF

    AmriMF Member

    Joined:
    Jan 31, 2015
    Messages:
    428
    Likes Received:
    49
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau menurut saya, ada sesuatu yang ada di Shopee tapi tidak ada di platform lain yaitu Gamification.
    Contoh: Goyang Shopee, Tanam Shopee dan lain-lain, dengan cara itu penggunanya ikut mempromosikan Shopee dengan masifnya.
    Hal itu wajar saja karena Shopee itu berada di bawah Garena dan Tencent, publisher game dari China.
     
Loading...

Share This Page