Study Kelayakan Penyelamatkan Bisnis Anda

Discussion in 'General Business' started by zigitmp, May 18, 2018.

  1. zigitmp

    zigitmp New Member

    Joined:
    May 18, 2018
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Berbicara mengenai dunia bisnis dan berbagai elemen didalamnya, tentu akan membuat beberapa orang menjadi lebih bergairah untuk memulai sebuah bisnis. Dsisi lain, ada pula orang-orang yang malah ciut dengan bayangan kompetitor dan hal lain yang harus dihadapi saat akan memulai berbisnis. Bayangan akan sebuah kegagalan adalah hal yang selalu menganggu dan terkadang sukses mengugurkan niat seseorang yang akan menjalankan bisnisnya. Yah, disini saya tidak bilang juga bahwa bisnis merupakan lahan gampang yang siapapun bisa menjalaninya, karena bagaimanapun bisnis memiliki keunikan tersendiri. Lucunya, keunikan dalam dunia bisnis bisa dinilai oleh setiap orang dengan sudut pandang yang berbeda. Kenapa bisa seperti itu? salah satu jawabannya adalah pengalaman.

    Seseorang yang sudah “suka” dengan bisnis tentu akan jauh lebih mendalaminya dengan sangat baik. Mereka akan berusaha menaklukannya. Hal tersebut akan jauh berbeda dari mereka yang hanya ikut-ikutan. Kenapa? Karena mereka tidak mau untuk mendalami ilmunya. Mereka tidak mau capek untuk mencari tahu apa yang sebenarnya membuat bisnis yang didirikan tidak sesuai dengan rencana awal. Mereka terlalu menganggap enteng modal dan para kompetitor bisnis yang tidak jarang sangat menakutkan. Itulah point perbedaannya. Terus bagaimana cara untuk para pebisnis pemula untuk tidak mudah goyah dengan rintangan dalam menjalankan bisnis ? Nah, masuklah pada pembahasan studi kelayakan. Apa itu studi kelayakan ?

    Menurut Hasan dan Muhammad ( 2004: 4 ), studi kelayakan bisnis, yang juga sering disebut studi kelayakan proyek adalah sebuah penelitian yang menjelaskan tentang dapat tidaknya suatu proyek (bisnis yang biasanya proyek investasi) dilaksanakan dengan berhasil. Istilah proyek diartikan sebagai bentuk pendirian suatu usaha baru atau pengenalan suatu produk baru, modifikasi produk.

    Intinya, studi kelayakan adalah sebuah penelitian secara mendalam mengenai ide bisnis, untuk menentukan apakah ide tersebut layak dikerjakan ataupun tidak. Sampai disini, saya yakin Anda sudah memiliki sedikit gambaran mengenai studi kelayakan yang masih dibicarakan ini. Kalau Anda berpendapat bahwa studi kelayakan sangat bermanfaat untuk berjalannya sebuah bisnis. Yah, saya sangat setuju dengan pendapat Anda tersebut, karena bisa dibilang studi kelayakan inilah yang akan menjadi menyelamat bisnis Anda sebelum terlanjur mengalami kerugian terlalu banyak.

    Kenapa saya bisa berani bilang seperti itu ? jawabannya karena dalam studi kelayakan inilah Anda akan mengetahui apakah rencana bisnis yang masih ada dikelapa Anda tersebut layak dikerjakan atau tidak. Jelas, kemungkinannya hanya dua. Yaitu, semisal ide tersebut layak, maka jalankanlah dengan positif thingking dan semangat. Dan sebaliknya, kalau ide bisnis tersebut tidak layak, maka jangan mencoba untuk menjalankannya.

    Baca selengkapnya : Studi kelayakan
     
Loading...
Similar Threads - Study Kelayakan Penyelamatkan
  1. Grapadi88
    Replies:
    0
    Views:
    117

Share This Page