Sumber Daya Alam Terpendam di Lumajang

Discussion in 'General Discussion' started by Devita, Jun 6, 2020.

  1. Devita

    Devita Active Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    1,191
    Likes Received:
    43
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    [​IMG]
    Salah satu kota yang memiliki sumber daya alam yang cukup melimpah di provinsi Jawa Timur adalah Lumajang. Kota ini berbatasan langsung dengan kabupaten Probolinggo, kabupaten Malang, Kabupaten Jember dan pantai Laut Selatan. Lumajang memiliki potensi yang cukup banyak mulai dari pertambangan pariwisata dan juga pertanian. Salah satu komoditas yang banyak di lirik oleh kalangan pengusaha dari luar kota adalah pasir dan barang tambang lainnya.

    Pasir merupakan salah satu hasil pertambangan dari Lumajang yang cukup populer di Jawa Timur, yang memiliki kualitas unggul untuk dijadikan bahan bangunan. Pasir ini merupakan hasil dari proses vulkanik dari gunung Semeru yang hampir setiap hari mengeluarkan lahar. Kandungan besi pada pasir Lumajang cukup tinggi dan kadar lumpur yang cukup rendah. Banyak dari kalangan masyarakat di Jawa Timur mempercayakan pada pasir dari Lumajang untuk kebutuhan bahan bangunan mereka.

    Salah satu kota yang banyak menyerap kebutuhan bahan bangunan yang berasal dari Lumajang adalah Surabaya, meskipun Surabaya sendiri memiliki jarak yang cukup jauh dengan wilayah Lumajang, tetapi masyarakat Surabaya yang ingin membangun rumah memiliki animo yang cukup tinggi untuk menggunakan pasir dari kawasan Lumajang untuk dijadikan bahan baku pembuatan rumahnya, meski harga pasir Lumajang di Surabaya cukup tinggi dibandingkan dengan pasir - pasir dari kawasan lain di sekitar Surabaya.

    Selain pertambangan Lumajang juga terkenal dengan objek wisata, mulai dari pantai, air terjun, wahana permainan air dan lain sebagainya. Kebanyakan objek wisata yang ada di Lumajang didominasi oleh objek - objek wisata alam yang masih asli dan asri. Bagi aden - aden yang penasaran untuk menikmati wisata di Lumajang beberapa objek wisata ini bisa menjadi pilihan referensi.

    • B29 Bromo
    • Air Terjun Tumpak Sewu
    • Pantai Selatan Lumajang
    • Kebun Teh Gucialit
    • Ranu Klakah
    • Ranu Yoso
    • Pura Mandara Giri Semeru Agung
    • Dll
    Dari hasil pertanian Lumajang memiliki hasil pertanian dan perkebunan yang tidak kalah terkenal, selain penghasil padi, Lumajang juga terkenal dengan penghasil pisang, buah pisang dari Lumajang memiliki kualitas yang bagus serta buahnya yang besar - besar oleh sebab itu Lumajang juga dijuluki dengan Kota Pisang.

    itulah sepenggal mengenai sumber daya terpendam yang ada di kawasan kabupaten Lumajang, semoga artikel tersebut memberikan aden - aden referensi mengenai kota kecil di kawasan Jawa Timur yang menyimpan jutaan sejarah dan juga sumber daya.
     
Loading...

Share This Page