Susu Ibu Hamil | usia kehamilan 3 dan 4 bulan

Discussion in 'Health & Medical' started by Aldi Sutanto, Sep 26, 2014.

  1. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    375
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    [​IMG]

    Mengandung pada usia 3 dan 4 bulan, usia janin terus berkembang menyempurnakan bentuk anggota-angota tubuh. Seperti hati, ginjal dan organ lainnya mulai berfungsi dengan baik. Syaraf-syaraf berkembang dengan pesat. Bayi bahkan pada bulan ke 4 sudah mulai menghisap jari. Ia sering bermain dengan tali pusar dan bergerak-gerak di dalam rahim. Tulang terus - berkembang dan terus bertambah panjang. Maka tidak heran bila proses kehamilan memerlukan
    susu untuk ibu hamil agar membutuhkan banyak protein dan nutrisi.


    Pada bulan keberapa janin / rahim mulai di tiupkannya ruh ? menurut beberapa ulama dan ilmu kedokteran berpendapat “usia janin mulai ditiupkan ruh kepadanya adalah 120 hari atau sekitar 4 bulan” atau di setiap 40 hari selama 4 bulan.

    Jadi susu untuk ibu hamil sangatlah berguna sekali, terutama untuk kesehatan bunda dan juga perkembangan janin atau rahim.

    Frase-frase perkembangan janin :

    Minggu Ke-1
    Pertumbuhan janin sel telur dan sperma yang telah menyatu membentuk satu sel yang disebut “zigot”. Dalam minggu pertama setelah pembuahan, sel tunggal itu membelah menjadi 200-an sel seperti sekumpulan bola yang di sebut “blastula”. Kemudian blastula itu akan membelah diri terus menerus dan terus berjalan menuju rahim untuk kemudian menanamkan di dinding rahim. Perlekatan dan penetrasi berikutnya oleh telur yang telah dibuahi (implantasi).

    Tubuh Ibu Hamil
    Anda belum merasakan perubahan apa pun di dalam tubuh. Malah banyak wanita tidak menyadari kalau dirinya sedang mengalami proses kehamilan.

    Minggu ke-2
    Pertumbuhan janin saat ini panjang embrio ( hasil pembuahan yang sudah berimplantasi di rahim) baru sekitar 0,36 – 1 milimeter. Sangat kecil memang, tetapi proses perkembangan terus terjadi. Saat ini rongga kantung ketuban atau kantung kehamilan (amnion) yang nantinya akan terisi air ketuban yang memulai membentuk.


    Tubuh Anda masih belum mengalami perubahan yang berarti. Umumnya anda juga belum menyadari kalau sudah terjadinya proses kehamilan.

    Minggu Ke - 3
    Pertumbuhan janin sekarang panjang embrio mulai bertambah menjadi sekitar 1,25 milimeter. Bentuknya mirip pelat yang nantinya akan menjadi jantung. Mulai saat ini sistem saraf pusat (otak dan tulang belakang), otot-otot serta tulang-tulang mulai terbentuk. Beberapa wanita ada yang mulai mengalami pertambahan berat badan sedikit dan berasa mual serta tidak nafsu makan.


    Minggu ke - 4
    Formasi dasar dari manusia (bayi) mulai muncul. Panjang embrio semakin bertambah sekitar 2 hingga 4 milimeter dan ia sudah mempunyai dasar-dasar dari otak dan tulang belakang. Saat ini merupakan awal dari periode embriyonik (dari konsepsi / pembuahan hingga minggu-8 kehamilan). Boleh di katakan, masa ini periode penting, sebab janin sangat rentan terhadap faktor-faktor dari luaran dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Banyak kasus malformasi (salah bentuk) terjadi pada periode ini.

    Tubuh berat badan Anda bisa jadi sudah bertambah 1-2 kilogram, dan rasa mual serta tidak nafsu makan mulai jelas terasa. Nah, anda telah hamil satu bulan! Saat ini mungkin Anda sudah menyadari terjadi kehamilan di tubuh, karena masa haid sudah terlewati. Bagi anda yang mengharapkan kehamilan, tentunya merasa sangat surprise!


    Minggu ke-5
    Pertumbuhan janin, embrio di dalam rahim Anda melewati masa pertumbuhan yang cepat dan mengagumkan. Di awal minggu ke-5, panjang embrio sekitar 4-5 milimeter dan di akhir minggu ini ukurannya jadi 1,1 - 3 cm.

    Di minggu ke 5 ini, pucuk “calon” kaki dan tangan mulai muncul. Lubang mata mulai kelihatan namun bentuk kepala masih terlihat besar. Jantung embrio mulai membentuk menjadi 2 kamar (kanan dan kiri), dan paru-paru serta bronchi (saluran udara) juga mulai muncul. Begitu juga usus dan pankreas. Surprise mungkin masih menyelimuti Anda. Namun, meski bentuk tubuh belum begitu berubah atau sempurna, rasa mual dan ingin muntah bisa terjadi kembali.


    Semoga informasi ini dapat berguna dan bermanfaat mengenai usia kehamilan dan frase-frase perkembangan rahim untuk mengatuhi maupun menjaga saat sedang mengalami proses kehamilan.
     
  2. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Pengetahuan penting untuk calon Bapak dan Calon IBU
     
  3. Andi Liryk

    Andi Liryk Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    154
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    betul sekali , salut deh buat wanita yang sedan hamil . memikul berat selama 9 bulan
     
    Aldi Sutanto likes this.
  4. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    375
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    iya betul andi,, pengorbanan seorang ibu sangat berat *nangis1*
     
  5. Angga Kurniawan

    Angga Kurniawan Member

    Joined:
    Oct 12, 2014
    Messages:
    41
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    pengetahuan penting, pingin beli jadinya
     
    Aldi Sutanto likes this.
  6. Aldi Sutanto

    Aldi Sutanto Member

    Joined:
    Aug 19, 2014
    Messages:
    375
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    terima kasih
     
Loading...

Share This Page