Syarat Sah Sholat Wajib 5 Waktu Yang Perlu Diketahui

Discussion in 'Education' started by Bella10, Jan 9, 2018.

  1. Bella10

    Bella10 New Member

    Joined:
    Mar 21, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Syarat Sah Sholat Wajib 5 Waktu - Pembahasan mengenai Sholat Wajib 5 Waktu merupakan Sholat yang wajib dikerjakan dan harus dilakukan oleh Setiap Muslim - Muslimah yang telah masuk kedalam (termasuk kedalam golongan) Syarat Wajib Mengerjakan Sholat di Ajaran Islam. Hal tersebut dikarenakan Hukum Mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu adalah Fardhu Ain, yakni wajib dikerjakan sehingga akan mendapatkan Pahala yang banyak bagi Setiap Muslim yg menjaga dan mengerjakannya, tetapi akan mendapatkan Dosa Besar bagi Setiap Muslim - Muslimah yang dengan sengaja meninggalkan dan tidak mengerjakan Sholat Wajib Lima Waktu ini.

    Kemudian didalam Sholat Wajib 5 Waktu ini antara lain Sholat Wajib Subuh, Sholat Wajib Dzuhur, Sholat Wajib Ashar, Sholat Wajib Maghrib dan Sholat Wajib Isya. Selain itu perlu kalian ketahui juga sebagai Pembaca Muslim di Forum Bersosial ini bahwa didalam mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu ini terdapat Syarat Wajib dan Syarat Sah Mengerjakan Sholat Wajib. Adapun untuk penjelasan mengenai Syarat Sah Sholat Wajib bisa kalian baca dan lihat dibawah ini :

    [​IMG]

    1. Mengetahui Masuknya Waktu Sholat

    Sholat wajib adalah sholat yang diwajibkan kepada seluruh umat muslim untuk dikerjakan setiap harinya, dan kelima sholat tersebut sudah memiliki waktu yang telah ditentukan dan waktunya pun berbeda - beda. Maka tidak akan sah apabila seseorang mengerjakan sholat lima waktu tersebut bila belum masuk waktu sholat tersebut, terkeculai terdapat halangan yang membuat seseorang tersebut harus melakukan sholat sebelum atau sesudah masuk waktu sholat.

    Firman Allah SWT :"....Sesungguhnya sholat itu adl kewajiban yg ditentukan waktunya atas orang - orang yg beriman." (QS. An Nissa ayat 103)

    2. Suci dari Hadats Besar dan Kecil

    Untuk syarat sah sholat fardhu yang kedua adalah suci dari hadats besar dan hadats kecil. Hal tersebut telah diterangkan dalam firman Allah SWT yang artinya adalah sebagai berikut.

    "Hai orang - orang yg beriman, apabila km hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dgn siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dgn kedua mata kaki, dan jika kamu junub, maka mandilah...." (QS. Al Maidah ayat 6)

    Hadits riwayat dari Ibnu Umar, Nabi Muhammad SAW bersabda :"Allah tidak menerima sholat (yang dikerjakan) tanpa bersuci"

    Selain harus suci dari hadats besar dan kecil, pakaian yang dikenakan saat mengerjakan sholat juga harus suci dari hadats. Serta tempat yang digunakan untuk mengerjakan sholat juga harus suci, sebagaimana firman Allah SWT sebagai berikut.

    "Dan pakaianmu bersihkanlah." (QS. Al Muddatstsir ayat 4)

    3. Menutup Aurat

    Syarat sah shalat wajib yang berikutnya adalah menutup aurat, dimana terdapat perbedaan antara batas aurat laki - laki dan perempuan. Untuk batas aurat laki - laki adalah dari pusaran sampai ke lutut, sedangkan batas aurat perempuan hampir seluruh badan terkecuali telapak tangan dan muka.

    Firman Allah SWT :"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yg indah disetiap memasuki masjid...." (QS. Al A'raaf ayat 31)

    Tutuplah aurat kalian jika ingin mengerjakan sholat, karena orang - orang yang musyrik melakukan thawaf mengelilingi Ka'bah dengan keadaan telanjang bulat, maka turunlah ayat diatas. Dan dijelaskan pula dalam sebuah hadits yang bunyinya :"Allah tidak menerima sholat wanita yang sudah haid (baligh) keculai dengan mengenakan penutup kepala atau khimar (jilbab/tudung)." (HR. Muslim)

    Sedangkan aurat laki - laki dari pusar sampai lutut, sebuah hadits riwayat dari Amr bin Syu'aib r.a. dari ayahnya, dari kakeknya, secara marfu' mengatakan :"Antara pusar dan lutut adalah aurat." (HR. Ad Daraquthni, Abu Dawud, dan Ahmad)

    4. Menghadap ke arah Kiblat

    Sebagaimana firman Allah SWT yg bunyinya :"......maka palingkanlah wajahmu ke Masjidil Haram. Dan dimana saja kamu (sekalian) berada, maka palingkanlah wajahmu ke arahnya...." (QS. Al Baqarah ayat 150)

    Selain itu, terdapat pula sabda Rasulullah SAW sebagai berikut :"Jika engkau sholat, maka berwudhulah dengan sempurna. Kemudian menghadap ke kiblat...." (HR. Bukhari dan Muslim)

    5. Membaca Niat

    Syarat sah sholat wajib yang terakhir adalah membaca niat sholat wajib, sebagaimana pengertian niat adalah keinginan kuat utk melakukan ibadah dalam rangka mendekatkan diri kpd Allah SWT. Maka tidak sahlah sholatnya apabila tidak didahului dengan membaca niat.

    Sebagaimana sabda Rasulullah SAW berikut :"Sesungguuhnya amal itu tergantung kpd niatnya, dan setiap orang akan mendapatkan apa yg dia niatkan." (HR. Bukhari dan Muslim).

    Seperti itulah pembahasan dan penjelasan mengenai Syarat Sah Mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu didalam Ajaran Islam, dan sekali lagi perlu kalian tekankan bahwa Rukun Mengerjakan Sholat dan Syarat Sah Mengerjakan Sholat Wajib itu harus dilakukan dan harus ada ketika kalian mengerjakan Sholat Wajib 5 Waktu, karena jika salah satu dari Syarat Wajib dan Syarat Sah Mengerjakan Sholat Wajib tidak ada atau ditinggalkan secara sengaja maka Sholatnya tidaklah sah, dan harus diulangi lagi dari awal.
     
  2. Diah Fitriani

    Diah Fitriani New Member

    Joined:
    Jan 9, 2018
    Messages:
    36
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Kalau lagi ada diluar kota pedalaman sekali, atau liburan ke daerah pegunungan, pemahaman tentang Pasnya waktu sholat penting sekali, karena sulit terdengar adzan, alhamdulillah sekarang udah banyak aplikasi untuk reminder sholat dan manajement sholat, jadi seperti asisten kita yg mengingatkan masalah sholat...
     
  3. Wanto25

    Wanto25 Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    68
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Memang betul banget, umat muslim wajib mengetahui syarat sah nya sholat.....mantap gan artikelnya bermanfaat sekali.
     
Loading...

Share This Page