Tahukah anda dengan Mengkonsumsi Buah Plum Dapat Menurunkan Berat Badan & Baik untuk Kesehatan

Discussion in 'Health & Medical' started by hikmahtusalisah, Mar 2, 2018.

  1. hikmahtusalisah

    hikmahtusalisah New Member

    Joined:
    Feb 6, 2018
    Messages:
    26
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Adakah yang sudah pernah mencicipi buah plum? Ehmm, sepertinya mayoritas atau kebanyakan orang Indonesia belum pernah mencicipinya ya, bahkan mungkin melihatnya secara langsung saja belum pernah. Wajar memang, karena buah ini tergolong buah impor dan bisa dibilang keberadaannya pun masih langka di negara kita. Nah, agar banyak yang tertarik untuk membudidayakannya di Indonesia, yuk coba kita bahas manfaat buah plum ini. Siapa tahu saja kedepannya buah ini tak lagi menjadi komoditi langka.

    Buah yang banyak dibudidayakan di Negeri Tiongkok ini mengandung begitu banyak senyawa yang amat sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti antioksidan yang tentunya dapat menjadi senjata dalam melawan radikal bebas, zat besi untuk mencegah anemia, serta sorbitol dan isatin yang dapat membantu mengatasi masalah sembelit.
    Bagi yang sedang melakukan diet atau ingin menjaga berat badan ideal, buah ini wajib masuk ke daftar menu diet sehat Anda. Mengapa? karena buah plum rendah kalori (46 kalori per 100 g) dan tidak mengandung lemak jenuh. Sangat mendukung diet sehat Anda bukan?

    Begitu banyak manfaat buah plum, diantaranya sebagai antioksidan, membantu mengatasi obesitas serta komplikasinya, memerangi diabetes, menjaga kesehatan tulang, jantung dan masih banyak lagi. Selengkapnya, yuk kita bahas satu persatu.

    1. Sebagai Antioksidan Buah plum memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Jangan heran, karena plum kaya akan vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, neochlorogenic dan asam klorogenat. Kehadiran zat-zat inilah yang mampu menjadikan buah yang memiliki beragam warna ini sebagai antioksidan yang efektif untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh akibat radikal bebas, termasuk radikal bebas yang berasal dari dalam tubuh seperti radikal oksigen atau radikal anion superoksida. Ditambah dengan kehadiran fenol didalamnya, semakin menunjukkan kemampuan buah ini sebagai salah satu sumber antioksidan yang mampu menjadi senjata dalam melawan radikal bebas.

    2. Membantu Mengatasi Obesitas Nah, bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas, coba tambahkan buah plum kedalam menu diet Anda. Bukan tanpa sebab, menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Liverpool, buah plum terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Hebatnya lagi, buah ini mampu memberikan efek anti-obesitas dan anti-inflamasi pada sel-sel tubuh yang berbeda, termasuk sel-sel lemak. Bahkan, membantu menghindari komplikasi terkait obesitas, seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular berkat kandungan senyawa flavonoid dan fenolik seperti antosianin, asam klorogenik, kuersetin dan katekin yang terkandung didalamnya. Luar biasa bukan!

    3. Membantu Memerangi Diabetes Wow!!! Ternyata buah yang memiliki rasa manis asam ini juga mampu memberikan efek anti-hiperglikemik dan efektif dalam membantu memerangi penyakit diabetes lho. Manfaat buah plum yang satu ini bukan sekedar isapan jempol belaka, karena kandungan flavonoid didalamnya mampu memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh. Selain itu, sebuah studi juga telah membuktikan kemampuannya dalam membantu menurunkan kadar gula darah dan trigliserida dalam tubuh. Jadi, bagi Anda yang menderita diabetes, tunggu apalagi? Rasakan manfaat buah plum yang satu ini!

    4. Membantu Menjaga Kesehatan Tulang Kabarnya, buah plum juga memiliki manfaat yang sangat amat baik bagi kesehatan tulang. Apa benar ya? Hem, ternyata kabar ini benar adanya, hasilnya pun telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang menyatakan bahwa dengan rutin mengonsumsi buah plum kering dapat membantu pemulihan massa tulang yang berkurang akibat penuaan. Kandungan flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang ada didalam buah plum inilah yang menjadi dalang dibalik manfaatnya yang satu ini. Flavonoid seperti asam caffeic dan rutin yang terkandung dalam buah plum mampu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis.

    5. Baik untuk Sistem Pencernaan Manfaat buah plum juga dapat dirasakan bagi Anda yang memiliki masalah pada sistem pencernaan. Mengapa? Karena buah plum merupakan sumber serat makanan yang baik terutama berkat kandungan sorbitol dan isatin didalamnya. Bahkan manfaatnya dalam mengobati gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit disinyalir lebih efektif dibandingkan dengan mengonsumsi sekam dari biji psyllium. Sekali lagi, ini semua berkat kandungan sorbitol dan isatin didalam buah plum yang memiliki efek pencahar serta dapat mendorong sekresi cairan di dalam usus sehingga dapat meningkatkan pembilasan limbah secara lebih efisien melalui usus besar. Sering mengalami gangguan pencernaan? Tak ada salahnya bukan untuk mencoba buah yang satu ini.
     
Loading...

Share This Page