Tahukah Anda? Menjaga Kondisi Air Akuarium Juga Mempengaruhi Kesehatan Ikan, Lho!

Discussion in 'General Lifestyle' started by ilovemaci, Jan 29, 2019.

  1. ilovemaci

    ilovemaci New Member

    Joined:
    Dec 13, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Agar ikan hias anda sehat dan air dalam akuarium anda tetap bersih dari keruh yakni dengan melakukan perawatan akuarium yang baik. Termasuk penggantian air secara rutin. Kualitas air yang bersih akan membuat ikan hias yang hidup di akuarium anda tetap terjaga kesehatannya.

    Untuk melindungi akuarium agar tidak keruh anda harus memakai filter air yang bagus, atau anda juga bisa menggunakan media MBBR water treatment. Singkatan dari MBBR adalah moving bed biofilm reactor dan alat ini juga bisa disebut kaldnes media filter, fungsinya adalah meningkatkan kesehatan area akuarium dan mengurangi air hijau dan gulma.

    Tips utama agar ikan hias di akuarium anda tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihan air dalam akuarium. Akuarium ikan anda mengharuskan perubahan air periodic maka air harus diganti secara rutin. Namun mengapa air akuarium harus diganti? Karena beberapa alasan berikut,

    · Jika ada sisa dari pakan ikan dalam akuarium, bakteri akan mengubah ammonia yang timbul dari sisa makanan ikan tersebut menjadi nitrit. Nitrit kemudian akan menjadi nitrat. Karena nitrat mengandung racun yang terbentuk dari nitrogen maka akan membahayakan ikan anda jika dibiarkan.

    · Pembentukan nitrat dapat mengurangi kadar alkaline dalam air, hal ini menyebabkan turunnya pH air.

    · Mineral dan garam yang mengendap dalam waktu yang lama dapat menurunkan kadar GH.

    · Air yang kotor akan membuat ikan menjadi stress dan menjadi penyebab utama timbulnya parasite, juga dapat menyebabkan infeksi pada ikan.


    Walaupun akuarium anda sudah memiliki filter airnya, tetap saja anda juga harus mengganti airnya. Yang jadi pertanyaan adalah, seberapa sering yang harus kita lakukan untuk mengganti airnya?.

    Mengganti air akuarium tergantung dari beberapa factor termasuk ukuran dari akuarium, jumlah ikannya, waktu pemberian makannya dan juga sistem filtrasinya. Umumnya mulai dengan mengganti air sebanyak 20%-30% seminggu sekali atau bisa juga 40%-50%. Hal ini baik untuk ikan, jika terlalu sering dan terlalu banyak mengganti airnya dengan jangka waktu yang panjang akan menyebabkan ikan menjadi stress.

    Intinya jangan mengganti air akuarium semuanya, cukup dengan penjelasan diatas agar kondisi suhu pada air mengalami fluktuasi suhu dan air sifat seperti pH. Setelah air di kuras diamkan sekitar 10 menit kemudian tuangkan air yang baru.
     
  2. Aditya WP

    Aditya WP Member

    Joined:
    May 29, 2015
    Messages:
    418
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Saya Kapok pelihara ikan di aquarium, sudah capek2 ngurus, pas ikannya udah besar2 pada mati semua tanpa sebab yg pasti.
     
  3. ilovemaci

    ilovemaci New Member

    Joined:
    Dec 13, 2018
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    yahh jadi ikut sedih deh... coba lagi kak!
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Bener ikutin tips diatas, saya juga ga pernah tuh ganti seluruh air nya, khawatir ikannya lebih stres lagi dan ga kuat hidup
     
Loading...

Share This Page