Tahukah Kamu, Jika Catering Adalah Layanan Memasak yang Sudah Ada Sejak Dahulu?

Discussion in 'General Discussion' started by mikailhaykal, Jul 21, 2020.

  1. mikailhaykal

    mikailhaykal New Member

    Joined:
    Jul 18, 2020
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    [​IMG]
    Sumber Gambar
    Jasa boga pesan antar atau yang kini oleh masyarakat lebih dikenal dengan sebutan catering adalah usaha jasa memasak yang melayani pemesanan berbagai macam masakan, mulai makanan berat, snack, dan juga minuman yang diperuntukkan sebuah acara pesta maupun untuk penunjang kebutuhan suatu instansi. Layanan catering pada dasarnya membantu sebuah instansi maupun perorangan guna memenuhi kebutuhan konsumsi dalam skala besar. Biasanya makanan yang disajikan adalah berbagai macam pilihan menu yang sesuai dengan keinginan klien, atau juga bisa berdasarkan paket menu yang telah disediakan oleh pihak catering.
    Dewasa ini sangat banyak layanan catering yang bisa ditemukan di berbagai daerah. Mulai dari catering rumahan, hingga restoran maupun hotel dapat dengan mudah dicari. Bisa dibilang layanan catering adalah salah satu kebutuhan sebagian besar masyarakat di zaman modern ini. Maka tak heran jika usaha catering pun semakin berkembang dan diminati banyak orang.

    Dahulu Catering adalah Layanan Khusus Hanya untuk Para Bangsawan

    [​IMG]
    Sumber Gamber
    Seperti yang diketahui saat ini, catering adalah salah satu bidang bisnis yang telah menjamur di mana-mana dan juga menjanjikan. Tapi tahukah Anda, kapan sebenarnya jasa catering muncul dan berkembang pertama kali? Dilansir dari halaman TGIS istilah catering pertama kali digunakan oleh para pedagang Eropa yang melakukan perjalanan laut. Mereka merupakan orang pertama yang mempekerjakan petugas catering untuk kapal mereka. Petugas catering bertanggung jawab untuk membeli bahan makanan, memasak, dan menyajikan makanan dan minuman kepada orang-orang yang berada di atas kapal untuk melakukan ekspedisi.
    Namun sebenarnya jauh sebelum itu, tepatnya pada tahun ke-4 SM (sebelum Masehi), di Kerajaan Cina sudah terdapat jasa layanan memasak alias catering. Saat itu catering adalah salah satu layanan yang ditujukan untuk pesta dan perayaan yang digelar oleh para bangsawan kerajaan. Bahkan ternyata pada zaman Mesir – Yunani kuno, dan kerajaan romawi catering dimanfaatkan sebagai akomodasi dalam perjalanan para tentara dan juga sebagai alat barter dalam jalur perdagangan. Kemudian berkembang untuk melayani jamuan pesta atau komoditi mewah para kelas elit di masa itu.
    Perubahan konsep catering seiring zaman
    Seiring perubahan zaman, jasa catering tidak lagi hanya menjadi layanan memasak untuk para kaum elit maupun bangsawan tapi juga tersedia untuk masyarakat umum. Selain itu, jika dahulu catering adalah layanan yang menyediakan masakan untuk acara pesta besar dan mewah, kini jasa memasak ini bisa digunakan untuk segala acara. Mulai dari catering pernikahan, acara perusahaan atau organisasi, ulang tahun, arisan, ataupun untuk catering perorangan.
    Catering adalah Layanan Memasak yang Terus Berkembang Jenisnya

    [​IMG]
    Sumber Gamber
    Jika dahulu kamu mungkin hanya tahu layanan catering prasmanan untuk acara-acara besar seperti pernikahan, maka saat ini ada begitu banyak jenis catering, lho! Adanya berbagai jenis catering adalah hasil dari study para pelaku bisnis ini akan kebutuhan konsumsi makanan masyarakat yang senantiasa berkembang dan berubah. Adapun berbagai jenis catering adalah berikut ini;
    • Catering Prasmanan
    Jenis catering ini merupakan yang paling umum dijumpai. Konsep penyajian catering adalah menyajikan makanan dan minuman yang telah dipesan klien di atas meja prasmanan. Dalam layanan catering prasmanan beberapa staff catering tetap berada di dapur untuk mengurus segala keperluan dapur termasuk dalam memasak makanan. Namun ada juga staf yang ada di dekat meja prasmanan. Mereka bertugas untuk memastikan jika persediaan makanan dan minuman yang tersaji tetap aman. Jika makanan atau minuman akan habis, mereka akan pergi ke dapur untuk mengambil makanan untuk mengisi makanan di meja prasmanan
    • Private Catering
    Jenis jasa catering satu ini biasanya ditawarkan oleh catering profesional. Layanan private catering adalah menempatkan seorang pramusaji yang selalu siap memberikan pelayanan pada sebuah meja makan. Jenis pelayanan seperti ini mampu meningkatkan nilai pelayanan dari suatu penyedia jasa catering. Dan tentu saja budget yang perlu dikeluarkan juga lebih banyak.
    • Catering Sehat atau Catering Diet
    Di era kehidupan masyarakat modern ini, kesadaran akan pentingnya mengonsumsi makanan sehat memang telah cukup berkembang pesat. Namun terkadang kesibukan yang padat, serta kesulitan mengatur kebutuhan nutrisi harian membuat banyak orang kesulitan menyiapkan makanan sehat.
    Sebab itu saat ini telah banyak jasa catering yang menyediakan layanan catering yang menyediakan menu makanan sehat, hingga untuk program diet. Biasanya menu makanan untuk catering jenis ini disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi, gizi, dan kalori masing-masing klien.
    • Self Service Catering
    Jenis layanan catering ini bisa masuk ke dalam kategori catering murah. Cara kerja dari jenis catering ini adalah klien hanya akan memesan masakan dari pihak catering. Dalam layanan self service catering, pihak catering hanya akan menyediakan masakan dan perlengkapan makan untuk pihak klien. Selanjutnya untuk urusan penyajian makanan diserahkan pada klien.
    • Catering Dine-in
    Penyedia catering ini biasanya akan menyajikan makanan dengan konsep seperti berada di restoran. Catering dine-in biasanya banyak digunakan untuk acara-acara formal yang berisi banyak tamu. Biasanya menu catering ini meliputi menu appetizer, main course, dan juga dessert, yang setiap jenisnya dihidangkan per porsi untuk masing-masing tamu.
    • Catering box
    Jenis catering yang terakhir adalah catering yang cukup praktis dan banyak diminati. Dalam catering ini makanan yang dipesan oleh klien bisa berupa nasi kotak alias nasi box, maupun snack box. Dalam layanan ini, pihak catering hanya menyediakan pesanan klien yang dikemas dalam wadah box kardus, sehingga tidak diperlukan petugas untuk melayani tamu.
    Dari segi harga, jenis catering ini tergolong lebih hemat biaya. Sebab biasanya sudah ada menu paket yang ditawarkan kepada klien. Jenis catering makanan ini sangat cocok untuk digunakan pada acara-acara rapat, seminar, konsumsi kantor maupun acara aqiqah. Selain itu beberapa jasa catering juga ada yang menyediakan catering pesanan tumpeng untuk berbagai acara istimewa.
    Nah, jadi dari ulasan di atas kamu semakin mengerti jika catering adalah sebuah jasa layanan yang banyak dibutuhkan oleh masyarakat modern.
     
  2. semutaspal

    semutaspal Member

    Joined:
    May 3, 2020
    Messages:
    91
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Baru tau yang satu ini... Terima kasih wawasannya
     
    mikailhaykal likes this.
Loading...

Share This Page