Tahukah Kamu? Ternyata Cincau Sangat Bermanfaat Untuk Tubuh

Discussion in 'Health & Medical' started by Puput Kusuma Putri, Aug 2, 2016.

  1. Puput Kusuma Putri

    Puput Kusuma Putri Member

    Joined:
    Jul 25, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Cincau adalah gel berupa agar-agar yang diperoleh dari perendaman daun (atau organ lain) tumbuhan tertentu dalam air. Gel ini terbentuk karena pada daun tumbuhan tersebut mengandung karbohidrat yang mampu mengikat molekul-molekul air. Hampir semua orang tahu dengan makanan yang memiliki rasa segar dan nikmat ini. Namun, tidak semua orang tahu proses pembuatan cincau ini sebenarnya bagaimana. Bila dimakan, cincau ini terasa dingin ke perut dan konon katanya ini bagus untuk pencernaan kita serta bisa menyembuhkan sariawan.

    Selain bagus untuk pencernaan, cincau ini memiliki manfaat lainnya yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh. Salah satunya yaitu dapat membantu mengobati penyakit tipes juga. Waaahhh luar biasa yaah? Di dalam tumbuhan yang menjadi bahan untuk pembuatan cincau ini mengandung senyawa tokoferol, mineral posfor dan antioksidan yang dapat meningkatkan imunitas tubuh bagi penderita penyakit tipes. Jika Anda mengkonsumsi rebusan dari daun cincau ini sebanyak 3 kali sehari secara rutin dan teratur.

    Pada zaman dahulu, daun cincau ini ternyata memang sering digunakan untuk mengobati penyakit. Namun seiring dengan perkembangan zaman, daun cincau ini kemudian sering diolah menjadi sajian minuman yang sangat lezat dan segar seperti es cincau, cappucino cincau dan lainnya. Nah lalu sebenarnya, kandungan apa saja sih yang terdapat di dalam daun cincau ini? Check It Out ;)

    Menurut hasil penelitian mengenaikandungan nutrisi yang terdapat di dalam Daun Cincau, ternyata di dalamnya terdapat beberapa kandungan nutrisi dalam setiap 100 gram cincau di antaranya yaitu energi 122kkal, klorofil 1708,8 gram, protein 6 gram, lemak 1 gram, karbohidrat 26 gram, kalsium 100 mg, fosfor 100 mg, zat besi 3.3 mg, vitamin A 10.750 SI, vitamin B1 80 mh, vitamin C 17 mg dan serta makanan 6.23 gram.

    LENGKAP!! Karena mengandung nutrisi yang sangat tinggi, cincau ini snagat baik untuk mengatasi berbagai penyakit yang berbahaya. Maka dengan jumlah klorofil yang besar hingga mencapai 1708.8 gram menjadikan cincau ini sebagai antioksidan alami. Klorofil dapat memberikan elektron-elektron bebas untuk menangkal radikal bebas. Antioksidan di dalm cincau ini dapat mengatasi penyakit tipes yang juga dibantu oleh senyawa tokoferol, mineral dan posfor yang bermanfaat sebagai penambah imunitas tubuh pada penderita.

    Kandungan yang terdapat di dalam daun cincau ini sangat banyak dan lengkap. Maka tidak mungkin kalau manfaatnya hanya bisa membantu mengobati penyakit tipes saja. Iya kan? dan ternyata daun cincau ini juga bisa membantu mengobati berbagai penyakit lainnya teman.. seperti penyakit radang atau inflamasi, demam, diabetes mellitus, radang lambung, hipertensi, keracunan akibat seafood, masalah pada otot, kanker, sel tumor, diare dan pencegahan osteoporosis.

    Ternyata Manfaat dari Daun Cincau Itu Sangat Luar Biasa yah? Oh iya, jika Anda ingin benar-benar merasakah khasiat daripada daun cincau ini, Anda bisa langsung mengkonsumsi ramuan yang belum dibentuk menjadi agar-agarnya yah. Karena kita tidak tahu, apa yang telah terjadi pada proses pembuatan agar-agar daun cincau. Baiklah, mungkin hanya itu saja ulasan yang dapat Kami share pada postingan kali ini. Semoga bisa membantu dan bermanfaat untuk semuanya yaa.. :)
     
  2. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Yap! betul sekali, daun cincau memang banyak nutrisinya dan yang laing dominan adalah klorofil yang sangat bagus untuk kesehatan pencernaan. Dulu saya pernah buat sendiri agar2 cincau dan rasanya selain segar bergizi lagi. Daun cincau ciri2nya berbentuk hati dan berbulu halus, mungkin teh @Puput Kusuma Putri bisa kasih contoh gambarnya biar lebih jelas!!
     
  3. Puput Kusuma Putri

    Puput Kusuma Putri Member

    Joined:
    Jul 25, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Saya juga pernah bikin sendiri dulu teh @katon hehe iya mungkin ini photo buat contoh gambar daun cincaunya teman-teman :)
     
  4. nafisapartner

    nafisapartner Member

    Joined:
    Dec 31, 2015
    Messages:
    112
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Setahu saya daun cincau itu kaya gini log @Puput Kusuma Putri [​IMG]
     
  5. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Loh!! kok gak sama semua yah, apa ada jenis lain kali yah*bingung*kalau menurut sepengetahuan saya daun cincau itu yang berbulu halus seperti ini,,,

    [​IMG]
     
    Last edited: Aug 4, 2016
  6. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    [​IMG]

    Ini nih setahu saya, apa ada jenis lain kali yah*bingung*
     
    Puput Kusuma Putri likes this.
Loading...

Share This Page