Tak Hanya Permainan Anak Yang Mendidik, Tapi Juga Mengakrabkan

Discussion in 'Education' started by Cindy Purnama, Jul 14, 2018.

  1. Cindy Purnama

    Cindy Purnama New Member

    Joined:
    Apr 20, 2018
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Tidak sulit untuk mencarikan permainan anak yang mendidik. Bund abisa dengan mudah menemukan jenis permainan tersebut. Namun, apakah permainan tersebut bisa mengakrabkan anak bunda dengan temannya yang lain?

    Masalahnya sekarang adalah banyak anak yang tidak pandai bersosialisasi dengan temannya yang lain. Lebih banyak permainan edukatif yang hanya mengasah kognitif atau kecerdasan otak saja. Sementara itu, kecerdasan emosional serta kemampuan bersosialisasinya jauh dari kata baik.

    Apakah itu penting? Tentu saja sangat penting. Apalagi di era sekarang ini. Orang yang hebat tidak lagi orang dengan tingkat IQ tinggi, melainkan orang yang mampu berkolaborasi dengan siapa saja.

    Itulah yang menjadi alasan kuat mengapa bunda perlu mengajarkan bagaimana anak bisa akrab dengan anak yang lainnya. Dan hal ini bisa dilakukan melalui permainan anak yang mendidik.

    1. Menyusun Balok
    Sebenarnya, permainan ini bisa dimainkan secara individual. Akan tetapi, ini juga bagus untuk dimainkan secara berkelompok lho. Bahkan, beberapa sekolah memasukkan permainan di dalam kategori permainan untuk anak TK di dalam kelas dengan sistem kolaborasi atau kelompok.


    Bunda bisa belikan permainan balok yang ukurannya cukup besar. Dengan demikian, ketika ada anak tetangga atau anak saudara yang datang ke rumah, bunda bisa meminta anak untuk mengajak temannya tersebut bermain balok. Sementara anak sibuk bermain bersama, bunda bisa ngobrol dengan ibu sang anak sambil memperhatikan anak bermain bersama.


    1. Mencari Pasangan
    Sebenarnya, permainan ini sudah mulai dimainkan di kelas toddler. Kenapa? Ketika usia anak masih sangat kecil, mereka harus dibekali dengan kemampuan bersosialisasi. Lupakan dulu mengenai mengembangkan kognitifnya.


    Pada intinya, anak diminta untuk mencari pasangan. Siapa itu? Ia adalah anak yang tanda yang sama. Misalnya saja bunda menggunakan bola kecil dengan warna yang sama. Setiap anak harus mencari anak lain yang punya bola kecil dengan warna yang sama. Ia adalah pasangannya.


    Sederhana kan, bunda?



    1. Menjala Ikan
    Ini jenis permainan tradisional yang masih sangat menyenangkan jika dimainkan oleh anak-anak sekarang. Namanya adalah menjala ikan. Jadi, ada anak-anak yang berdiri melinkar dengan memegang masing-masing tangan seolah-olah menjadi jala. Sementara itu, anak-anak yang lain bebas berlari sebagai ikan. Jala harus bisa menangkap ikan dengan cara berlari dengan mencari ikan.


    Ini termasuk permainan anak yang mendidik sekaligs mengajarkan keakraban karena mereka yang menjadi jala dituntut untuk bekerjasama untuk mendapatkan ikan. Permainan ini bisa menjadi salah satu permainan di acara ulang tahun si kecil di rumah. Jadi, pada acara ulang tahun tersebut, permainan tidak hanya dimainkan oleh badut atau hanya makan dan minum saja. Anak-anak yang diundang juga bisa bermain bersama untuk menambah keakraban antar sesama.

    Itulah beberapa permainan yang bisa membuat anak mudah akrab dengan anak yang lain. Namun, apapun permainan yang bunda siapkan, tetap saja bunda harus menjadi contoh yang baik. Anak akan terbiasa membuang sampah di tempatnya jika bunda memberikan contoh. Begitu juga dengan masalah mengajarkan untuk bersosialisasi dengan orang lain. Sebaiknya, bunda meluangkan waktu agar anak lebih sering bersosialisasi dengan orang lain. Ini stimulus yang wajib bunda lakukan.

    Untuk sementara waktu ketika anak belum masuk sekolah, tanggungjawab perkembangan anak sepenuhnya ada di tangan bunda. Jadi, meskipun bunda tidak memiliki latar belakang pendidikan, sebaiknya bunda harus belajar mengenai cara mengasuh anak. Pelajari hal-hal yang kecil seperti bagaimana menerapkan pola asuh yang benar atau setidaknya bunda sudah pilihkan permainan anak yang mendidik.
     
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Active Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    819
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau anaku paling suka menjaring ikan itu, tapi jangan ikan mas karena cepat mati, ikan lele aja lebih awet jadi lebih hemat bisa buat main besok" nnya lagi hehe
     
  3. Amilashaliha

    Amilashaliha Member

    Joined:
    Apr 10, 2017
    Messages:
    139
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page