Takut Mandul? Jangan Khawatir Inilah 5 Cara Mencegah Mandul

Discussion in 'Health & Medical' started by melisa, Sep 3, 2017.

  1. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]
    Selamat Sore Gan Sis, di hari yang sangat cerah ini Ane bakalan ngebahas tentang masalah kemandulan, dan walaupun Ane belum menikah tapi gak ada salahnya Ane bakalan membahas tentang masalah ini, langsung Aja Gan Sis Artikel lengkapnya di bawah ini.

    Hampir sebagian besar pria maupun wanita tentu saja sangat ketakutan jika mendengar dirinya mengalami kemandulan. Karena jika mengalami kemandulan maka tidak akan bisa mempunyai keturunan.

    Kemandulan dalam istilah medis merupakan ketidak mampuan pasangan suami istri untuk memiliki keturunan setelah selama satu tahun melakukan hubungan badan secara teratur (2-3 kali seminggu) dan tidak menggunakan alat kontrasepsi.

    Namun, meskipun kemandulan tersebut bisa menjadi momok yang mengerikan pada pasangan suami istri akan tetapi hal tersebut ternyata bisa dicegah, selain itu dengan mengetahui penyebab kemandulan dengan pasti Anda dapat dengan mudah untuk mencegah hal tersebut.

    Awas, Inilah Beberapa Faktor yang Bisa Menyebabkan Kemandulan!!

    [​IMG]


    - Faktor Usia

    Tahukah Anda bahwa kesuburan seorang wanita secara bertahap akan menurun seiring dengan bertambahnya usia, terutama di pertengahan 30-an. Karena kesuburan pada wanita yang lebih tua mungkin terjadi karena jumlah dan kualitas telur menurun, atau masalah kesehatan yang mempengaruhi kesuburan.

    Bahkan pada pria di atas usia 40 mungkin kurang subur dibandingkan laki-laki yang lebih muda dan mungkin memiliki tingkat lebih tinggi dari kondisi medis tertentu pada keturunannya.

    - Karena Merokok

    Ternyata merokok tembakau atau ganja yang dilakukan pasangan dapat mengurangi kemungkinan kehamilan. Merokok juga mengurangi manfaat yang mungkin dari perawatan kesuburan.

    Keguguran juga sering mengancam pada wanita yang merokok. Merokok dapat meningkatkan risiko disfungsi ereksi dan jumlah sperma rendah pada pria.

    - Meminum Alkohol


    Bagi wanita, tidak ada tingkat aman dari penggunaan alkohol selama pembuahan atau kehamilan. Maka hindari minuman alkohol jika Anda berencana untuk hamil.

    Karena penggunaan alkohol meningkatkan risiko cacat lahir, dan dapat menyebabkan infertilitas. Untuk pria, penggunaan alkohol berat dapat menurunkan jumlah sperma.

    - Kelebihan berat badan

    Di antara banyak wanita di Amerika, gaya hidup aktif dan kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kemandulan. Karena jumlah sperma seorang pria juga dapat terpengaruh jika ia kelebihan berat badan.

    - Terlalu kurus

    Ternyata terlalu kurus pada wanita dapat beresiko dan mengalami masalah kesuburan termasuk orang-orang dengan gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia, dan wanita yang mengikuti kalori sangat rendah atau diet ketat.

    - Mengalami Stress

    Jika Anda atau pasangan Anda sedang stres, hal itu dapat mempengaruhi hubungan Anda. Karena stres dapat berkontribusi pada hilangnya libido (gairah seks), yang pada gilirannya dapat mengurangi frekuensi hubungan seksual. stres berat juga dapat mempengaruhi ovulasi wanita dan produksi batas sperma.

    - Mengalami Infeksi menular seksual (IMS)

    Ada beberapa IMS yang dapat menyebabkan masalah ketidaksuburan. Sebagai contoh, klamidia dapat merusak tuba falopi pada wanita, dan menyebabkan pembengkakan dan nyeri skrotum (kantong yang berisi testis) pada pria.

    Pria, Inilah 5 Cara Mencegah Mandul, Apa Sajakah Itu?
    [​IMG]

    1. Hindari Stress

    Cara mencegah mandul yang pertama adalah hindari stres, depresi ataupun tekanan psikis yang berat. Karena hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada produksi jumlah Sperma.

    2. Stop Merokok Sekarang Juga!!

    Cara mencegah mandul yang kedua adalah dengan cara stop rokok. Karena memang benar merokok bisa menyebabkan kemandulan seperti penyebab terjadinya sperma kosong atau penyebab utama kemandulan.

    3. Kurangi Olahraga yang berlebihan

    Karena olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan kemandulan pada pria, karena suhu yang terlalu tinggi bisa di sekitar testis pria dapat menyebabkan kemandulan.

    4. Mengkonsumsi makanan kaya akan vitamin

    Seperti yang sudah kita ketahui bahwa makanan sehat akan kaya vitamin dapat membantu mengatasi masalah ketidaksuburan yang terjadi pada diri Anda dan pasangan.

    Mulai sekarang cobalah Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan yang bervitamin, karena bisa memberikan efek langsung pada kesuburan sperma Anda yang bisa Anda jumpai pada buah Alpukat dan Toge.

    5. Hindari Menggunakan Celana Terlalu Ketat

    Karena jika terlalu sering menggunakan celana ketat dikhawatirkan akan berpengaruh terhadap produksi jumlah Sperma pria.

    Karena menurut penelitian, pria yang menggunakan celana boxer sebagai pengganti celana dalam dapat memproduksi sel sperma yang lebih bayak dibandingkan pria yang menggunakan celana dalam.

    Nah, itulah tadi berbagai macam penjelasan mengenai cara mencegah mandul, dan jika misalkan pasangan Anda belum hamil juga maka ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter Ginekologi ya Gan Sis dan semoga saja artikel ini dapat menambah wawasan Anda yah.

    Sumber: Klinikginekologi.net
     
  2. katon

    katon Active Member

    Joined:
    Nov 19, 2015
    Messages:
    1,218
    Likes Received:
    91
    Trophy Points:
    48
    Memang dari dulu yang namanya Alkohol dan rokok menjadi pembunuh nomor satu sel sperma dan sel ovum, hindari ini jika ingin memiliki anak,,! artikel baik guys, terima kasih
     
    Sehat Alami likes this.
  3. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    875
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Kalau mandul yg diakibatkan turunan kayanya walaupun udah pantang roko, alkohol, stress dll susah disembuhin ya kabarnya, jadi dia tdk punya sel spermatozoa yg bs membuahi sel telur dgn baik
     
  4. arzhi

    arzhi Member

    Joined:
    Jul 1, 2017
    Messages:
    32
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    bagaimana jika perokok pasif, berpotensi mandul kah *bingung*?
     
  5. acep saepul

    acep saepul Member

    Joined:
    Jan 4, 2017
    Messages:
    74
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Wahhh bagus juga nih artikelnya untuk menghindari para pria mengalami kemandulan *bagus*
     
  6. Ardi Tri

    Ardi Tri Member

    Joined:
    Aug 18, 2017
    Messages:
    88
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Nice Info gans *ketawa3*
     
  7. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    iya Gan bner banget makannya klo mau cepet punya anak hindari hal tersebut :) terimakasih Gan
     
  8. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Wah klo itu Ane belum tau jga Gan hehe Tapi semoga aja engga deh
     
  9. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Iya Gan Trimakasih jangan lupa jga buat terapkan Pola hidup sehat Gan *bagus*
     
  10. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Ok Gan sama-sama hehe semoga bermanfaat yach ...*menunjuk*
     
  11. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    cari apa mba? hehe calon kah? heheh terus berusaha ya Mba *malu1*
     
  12. Luckyman

    Luckyman New Member

    Joined:
    Sep 5, 2017
    Messages:
    15
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
  13. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,109
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Baru tahu sekarang saya kang.
     
  14. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    hehe sabar mas intinya sering berusaha berikhtiar dan berdoa biar cepet dapet momongan *peace*
     
  15. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Iya Gan makannya klo Agan Perokok Aktif ada baiknya segera kurangi klo bisa hentiin yach *wow1*
     
  16. rosyad

    rosyad Active Member

    Joined:
    Dec 30, 2016
    Messages:
    1,109
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    48
    Syukurlah sekarang udah berhenti. :D:D
     
  17. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    hehe bagus mas karena kebiasaan tersebut gak baik buat kesehatan :)
     
  18. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    418
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    jadi hindari rokok, alkohol dan minuman bersoda ya?
     
  19. melisa

    melisa Member

    Joined:
    Apr 18, 2017
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Iya bner banget gan, apalagi klo cwo" doyannya asep rokok bisa bahaya tuh buat kesehatan sperma :)
     
  20. enter1kali

    enter1kali Member

    Joined:
    Apr 5, 2013
    Messages:
    418
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Saya doyan bakar rokok, asep nya gak doyan
     
Loading...

Share This Page