Taman Sari Yogyakarta – Kental Suasana Sakral

Discussion in 'Tourism' started by Bang Marten, May 11, 2016.

  1. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Taman Sari Yogyakarta atau dikenal pula dengan nama Taman Sari Keraton Yogyakarta atau Istana Air merupakan situs bekas taman ataupun kebun dari wilayah istana Keraton Yogyakarta. Lokasi ini bisa dibandingkan dengan Kebun Raya Bogor yang merupakan kebun Istana Bogor. Sejarah kebun ini adalah sejak tahun 1758-1765/9 yang dibangun pada zaman Sultan Hamengku Buwono I. Sebelum diberi nama Taman Sari Yogyakarta, taman ini memiliki sebutan “The Fragrant Garden” dengan luas 10 hektare dengan sekitar 57 bangunan berupa gedung, jembatan gantung, kolam pemandian, kanal air dan juga terdapat danau dan pulau buatan serta lorong bawah air. Namun, sekarang sisa bagian Taman Sari yang bisa dilihat hanyalah yang ada di bagian barat daya komplek Kedhaton.

    Bagian-bagian Taman Sari Yogyakarta

    Berikut dua komplek yang ada di Istana, yakni:

    1. Umbul Binangun

    Umbul Binangun atau kompleks kolam pemandian adalah kolam pemandian bagi Sultan, istri-istri Beliau dan juga putri-putri Beliau. Tembok yang tingi mengelilingi kompleks ini dan juga ada tiga menara kisah, dengan di sebelah selatannya ada kamar tidur Sultan dan juga kolam pribadi Sultan ada di balik menara. Di bagian selatan istana terdapat tempat khusus yang diyakini adalah tempat pertemuan antara Sultan dengan Kanjeng Ratu Kidul.

    2. Pulo Kenongo

    Disebut pula sebagai Istana Pulo Kenongo berada di tengah-tengah Segaran Taman Sari. Nama “Kenongo” diambil dari nama bunga yang ditanam di bagian halaman depan, wangi bunga tersebut menyebar hingga ke seluruh istana. Di sini juga terdapat ruang keluarga, ruang untuk membuat Batik dan juga kamar tidur serta terdapat sebuah aula yang digunakan sebagai tempat tarian sakral klasik Bedoyo dan Srimpi, ada pula gerbang dan ruang jaga bagi para prajurit istana.

    Anda yang ingin berkunjung ke Taman Sari Yogyakarta sebaiknya memerhatikan beberapa hal berikut ini:

    · Anda tidak diizinkan mengambil foto kamar tidur pribadi Sultan yang berada di Umbul Binangun.

    · Sebaiknya mengenakan pakaian sopan dengan tidak berpakaian mini guna menghormati adat istiadat setempat.

    · Suhu di Yogyakarta cukup tinggi, Anda bisa mengenakan pakaian dan sepatu serta topi yang nyaman.

    Tidak hanya menjelajahi Taman Sari Yogyakarta saja, Andapun dapat berburu souvenir di pasar terdekat yakni Pasar Ngasem. Terdapat pula toko-toko kerajinan seni, pelukis Batik dan galeri sederhana di sana. Lelah berkeliling, silakan mengisi perut dengan beragam kuliner lokal, salah satunya adalah Gudeg Yogyakarta. Ada banyak warung yang bisa Anda piliha di sekitaran sini.

    Oiya
    , untuk menuju Taman Sari, Anda bisa menggunakan 2 alternatif: lewat Pasar Ngasem dan masuk Gang KP III, belok kiri dan jalan kaki 200 meter dan Anda sampai di Pulo Kenongo. Jalur kedua bisa Anda lalui Jalan Taman Sari, naik becak dari Pasar Ngasem menuju Alun-Alun Selatan, belok kanan, masuk melalui pintu masuk utama Timur yang adalah Kolam Renang Kerajaan. Selamat menikmati suasana sakral dari Taman Sari Yogyakarta!
     
    Last edited: May 11, 2016
  2. irvan gooners

    irvan gooners Member

    Joined:
    May 11, 2016
    Messages:
    20
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    pengen deh main kesana......
     
  3. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    langsung berangkat aja om.. hehehehe...
     
  4. irvan gooners

    irvan gooners Member

    Joined:
    May 11, 2016
    Messages:
    20
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    hahah.... yuk beragkatt....
    bagus juga ne artikelnya semangat gan.....*lari*
     
  5. Sarang Semut

    Sarang Semut Member

    Joined:
    Oct 14, 2015
    Messages:
    435
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    Sering ngantar keluarga jalan2 ke sana
     
  6. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    mayan adem dan tenang sih suasanya.. jadi enak buat rileks.
     
  7. ngeblogasyikk

    ngeblogasyikk Well-Known Member

    Joined:
    Feb 1, 2015
    Messages:
    1,207
    Likes Received:
    176
    Trophy Points:
    63
    Jembatan gantung dimananya ya bang? kok saya nggak pernah tau :( bikin penasaran

    tambahan:

    [​IMG]
    itu bangunan yang bulet di tengah

    Disana juga ada Bangunan yg namanya Sumur Gemuling. Bentuknya bulet, ada sumur ditengahnya. Kalau nggak salah dulu tempat itu pernah dipakai buat Masjid/Mushola. Tapi sayang ada bagian yang sudah ditutup tembok. Sebelum ditembok, itu adalah sebuah lorong gelap berair yang konon katanya bisa sampai ke laut selatan. Saya pernah masuk lorong itu tapi cuma 7 meteran sebelum diberi tembok. Suasananya hampir kayak bekas penjara bawah tanah lawang sewu, tapi nggak ada guide kayak di lawang sewu, makanya balik arah. -maaf curhat.
     
    Last edited: May 12, 2016
  8. Bang Marten

    Bang Marten Member

    Joined:
    May 2, 2014
    Messages:
    58
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    takut tersesat ya om.. tiba tiba sampe ntah dimana gitu... :D
     
  9. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    381
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    dah sering kesana, dari rumah 40 menit soale.. :D, malah pingin ke malang ke kota batu yang adem.. :D
     
  10. edgar

    edgar Guest

    sudah hapir 5 tahun saya kuliah di UGM tapi kenapa belum dengar ya? Apa keasikan belajar menempuh s2?
     
  11. balitourculture

    balitourculture Member

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    221
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    keren nih tempatnya,
     
Loading...

Share This Page