Tanda Perangkat anda diserang malware dan cara mengatasinya

Discussion in 'Computer' started by Yandiahmadgandasaputra, Oct 19, 2020.

  1. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    101
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Penggunaan perangkat digital tidak jauh dari yang namanya malware terutama jika penggunaan yang anda lakukan itu lebih dominan terhubung dengan internet. Banyak hal yang dapat terjadi jika perangkat elektronik anda baik itu laptop, komputer ataupun ponsel sudah diserang malware.

    Misalkan saja dengan sering dan banyaknya muncul pop-up iklan pada browser, terinstal aplikasi tidak jelas secara otomatis di perangkat kita, sistem operasi yang loadingnya lama sekali, aplikasi yang digunakan lambat dan sejenisnya. Ini sangat mengganggu sekali dan lama-lama akan merusak sisitem operasi yang terpasang di perangkat tersebut.

    Untuk mengetahui apa itu malware, tipe-tipe malware dan seperti apa tips untuk mengatasinya, anda bisa lanjutkan membaca artikel ini.

    Apa yang anda ketahui tentang malware ?
    Malware ini merupakan sebuah system yang dibangun untuk tujuan melakukan pengrusakan pada sebuah sistem komputer secara menyeluruh. Istilah malware ini merupakan kombinasi antara dua buah kata yaitu malicious dan software. Jika diartikan secara kata per kata yaitu perangkat lunak berbahaya.

    Malware ini dapat menyerang perangkat milik siapa saja. Tanpa perduli apakah data-data yang tersimpan di dalam perangkat tersebut penting atau tidaknya bagi pemilik. Hampir semua orang pengguna perangkat ponsel ataupun komputer pernah mengalami terkena malware.

    Secara tidak sadar dari kita menganggap hal itu biasa-biasa saja selama tidak begitu mengganggu. Namun sebetulnya patut kita waspadai karena secara bertahap malware ini akan merusak sistem bahkan menghilangkan data penting yang anda di perangkat yang kita gunakan.

    Tipe-tipe malware
    Jika ingin menghilangkan malware yang menyerang perangkat anda maka perlu diketahui terlebih dahulu apa saja tipe-tipe malware. Dengan hal tersebut anda bisa mengetahui cara menghilangkannya sesuai dengan tipe malware tersebut. Berikut adalah tipe-tipe malware yang perlu diketahui :
    • Virus
    Virus ini merupakan kategori malware yang dapat menyerang perangkat anda. Virus ini dikenal dalam konteks global saja. Namun sebenarnya virus ini merupakan sebuah tipe malware yang sering muncul di perangkat anda. Virus ini bekerja dengan memodifikasi file tertentu dengan berbagai tujuan. Pada dasarnya tujuan utama dari virus ini yaitu merusak dan memanipulasi data.
    • Worm
    Worm ini memiliki identitas khusus dengan kemampuannya untuk mereplikasi diri. Pada umumnya worm ini menyebar melalui surat elektronik seperti e-mail. Worm merupakan bagian dari jenis malware bekerja dengan membaca address book anda lalu kemudian mengirim salinan untuk dikirim ke kontak anda.
    • Spyware
    Untuk tipe malware ini cara kerjanya yaitu dengan melakukan monitoring pada saat anda menggunakan jaringan internet. Setelah itu akan mengirimkan suatu informasi ke komputer pusat akan aktifitas yang dilakukan oleh pengguna atau user dan kemudian mengirimkan iklan pada user tersebut. Spyware ini cukup sulit untuk menghapusnya, namun mayoritas dari perangkat lunak antivirus hadir dilengkapi dengan antispyware yang cukup kuat. Ada beberapa rekomendasi perangkat lunak antivirus yang dilengkapi dengan antispyware yang dapat anda gunakan yaitu sebagai berikut : Norton, Avast dan kaspersky.
    • Ransomware
    Ransomware ini merupakan perangkat lunak malware dengan cara kerja enkripsi data yang kemudian dapat mengunci data-data anda dengan extensi tertentu sehingga data anda tidak dapat dibuka sama sekali. Ransomware ini dikirim oleh pihak-pihak tertentu untuk kepentingan mereka agar mendapatkan keuntungan yang besar. Karena jika anda ingin menghapus dan mengembalikan data anda ke data semula maka si pengirim akan menyertakan file solusi untuk mengatasinya. Dan dalam file tersebut biasanya berisi anda diminta untk menghubungi user tertentu dan melakukan pembayaran cryptocurrency. Ransomware dapat menyerang siapa saja baik individu ataupun kelompok tertentu. Seperti perusahaan dan lain sebagainya.
    • Trojan
    Trojan ini merupakan jenis malware yang dibuat dengan cara kerja meyakinkan pengguna bahwa trojan ini merupakan sebuah perangkat lunak yang aman digunakan. Penamaan trojan ini orang mengenalnya dalam 2 jenis yaitu trojan virus dan juga trojan horse virus. Trojan dirancang dengan misi melakukan pengrusakan, pencurian data serta mengganggu aktifitas dari targetnya.

    Lalu apa tanda-tanda perangkat sudah diserang malware ?
    Jika perangkat anda baik itu laptop, PC komputer ataupun ponsel anda diserang malware, maka akan anda temukan tanda-tanda sebagai berikut :
    • Ketika anda membuka browser akan banyak muncul pop-up iklan yang tidak jelas.
    • Perangkat menjadi sangat lambat dan sering not responding.
    • Aplikasi terbuka dengan sendirinya.
    • Ada perangkat lunak yang terinstal namun tidak anda kenali.
    • Aplikasi ataupun data tiba-tiba hilang satu per satu dan terhapus.
    • Saat sedang browsing muncul tab-tab baru dengan sendirinya atau redirection.
    • Perangkat melakukan restart dengan sendiri.
    Cara menghilangkan malware di perangkat anda
    Jika anda sudah mengetahui apa itu malware berikut tipe dan tanda-tandanya, kini saatnya anda mengetahui bagaimana menghilangkan malware tersebut. Adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :

    • Backup terlebih dahulu data-data penting anda.
    • Disconnect dahulu koneksi internet anda.
    • Lakukan proses scanning melalui safe mode (F8).
    • Bersihkan temporary filenya.
    • Lakukan proses scanning dengan windows defender.
    • Uninstal perangkat lunak yang tidak dikenali dan tidak terpakai.
    • Hapus cache browser.
    • Lakukan updating sistem operasi.
    Pada dasarnya malware ini dapat menyerang perangkat siapa saja. Namun tidak serta merta malware ini hadir dengan begitu saja. Ada beberapa faktor yang dapat memancing hadirnya malware tersebut. Maka untuk itu bijaklah dalam beraktifitas di dunia digital. Gunakan dengan sebaik-baiknya. Hindari perangkat lunak ataupun sistem yang asing dan mencurigakan.

    Jika ada saran, kritik ataupun masukan anda dapat sertakan di kolom komentar di bawah ini. Ikuti terus artikel terupdate dari kami. Semoga memberikan manfaat yang positif. Terimakasih.
     
Loading...

Share This Page