Tangihan Listrik Membengkak? Coba Deh Hemat Listrik Dengan Cara Ini!

Discussion in 'General Discussion' started by iwen, Oct 2, 2017.

  1. iwen

    iwen Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    138
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Konsumsi listrik adalah salah satu pengeluaran yang sering tidak kita sadari. Padahal sehari-hari kita pakai listrik. Dari sekadar nge-charge handphone, cuci baju, sampai dengan seterika dan hidup kita sudah sangat ketergantungan sekali terhadap energi yang satu ini. Kalian tahukan, kalau energi listrik itu termasuk energi yang tak bisa diperbarui. Tentunyan kita sebagai pengguna harus bisa mengkontrol pemakaiannya.

    hemat-listrik.jpg

    Kenapa begitu? Selain untuk menghemat energi listrik untuk keperluan di masa mendatang, menghemat listrik juga bisa membawa manfaat buat diri kalian yaitu untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik. Nah, di bawah ini ada beberapa cara menghemat listrik yang dapat kamu lakukan.

    1. Gunakan Listrik Dengan Sistem Pulsa

    Cara yang pertama adalah menggunakan listrik dirumah mu dengan sistem prabayara atau pulsa. Dengan begitu kamu bisa mengendalikan pemakaian listrik sendiri. Jika pulsa listrik habis, otomatis aliran listrik di rumah pun akan terputus. Untuk menggunakannya kembali, kamu perlu mengisi ulang pulsa. Dengan begini, kamu bisa lebih bijak dalam memakai listrik.

    2. Gunakan Alat Elektronik Hemat Listrik

    Zaman yang kian modern, alat elektronik hemat listrik ini sudah banyak dan mudah didapatkan dipasaran, hanya saja dari sisi harganya tidak ramah dikantong alias mahal. Memang cara ini terbukti efektif dan bepengaruh terhadap penghematan konsumsi listrik yang kamu gunakan.

    Contoh alat elektronik yang hemat listrik misalnya lampu LED yang hemat konsumsi energi serta lebih awet dan tahan lama. Demikian halnya dengan penggunaan TV LED maupun barang elektronik lain yang memiliki fitur hemat energi atau Eco.

    3. Cabut Kabel/Peralatan Dari Saklar Saat Tidak Digunakan

    Salah satu kebiasaan pemborosan listrik yang jarang disadari adalah membiarkan kabel alat elektronik menancap di saklar saat tak digunakan. Peralatan elektronik yang tetap menancap pada saklar akan tetap mengalirkan listrik. Hal ini akan memakan daya listrik yang cukup besar dan listrik pun terbuang sia-sia. Selain itu, membiarkan hal ini terus-menerus juga dapat membuat ruangan menjadi panas lho.

    4. Hemat Pemakaian Lampu

    Gunakanlah penerangan lampu ini hanya pada saat benar-benar dibutuhkan saja. Manfaatkan sinar matahari sebagai sumber penerangan utama di siang hari dan gunakan juga lampu hemat energi yang hanya menggunakan jumlah kebutuhan listrik yang relatif sedikit. Usahakan untuk menerapkan aturan mematikan setidaknya 2 lampu pada pukul 17.00 hingga 20.00.

    Beberapa siasat dan pengendalian diri terhadap pemakaian listrik yang lebih dibatasi ini cukup membantu kamu dalam mengurangi ketergantungan terhadap listrik dan menekan biaya tagihan listrik bulana kamu.

    5. Gunakan AC Seperlunya

    Sudah kita ketahui bahwa AC bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang. Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Apabila satu orang, cukup dengan suhu 20'C ruangan akan terasa dingin.

    Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu terapkan dirumah demi menghemat listrik agar pembayarannya tidak membengkak dan bisa mengalokasikan dana untuk kepentingan lain yang masuk dalam daftar prioritas kebutuhan harianmu serta ikut berpartisipasi dalam penghematan penggunaan energi listrik agar persediaan di masa mendatang masih tersedia.
     
  2. iwan008

    iwan008 Member

    Joined:
    Aug 17, 2017
    Messages:
    247
    Likes Received:
    29
    Trophy Points:
    28
    saya pake listrik meteran yg lama gan ,,mau pindah pake kwh pulsa gimna gan cara nya
     
  3. D2R ORIGINAL

    D2R ORIGINAL Member

    Joined:
    Aug 29, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    lebih irit yg pulsa di banding yg kwh....
    tetangga saya semuanya sudah banyak yg migrasi ke token di bandingkan bertahan di kwh

    *dancewithme*
     
  4. Rinto85

    Rinto85 New Member

    Joined:
    Mar 20, 2017
    Messages:
    31
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Wah berarti memang lebih iritan dengan menggunakan yang pake token gitu ya, gan?
    Kalau mau irit listrik juga aliran listrik wlpn mati kalau bisa kabelnya juga dilepas juga dr colokan sih *dancing*
     
  5. IrfanCahayaPasundan

    IrfanCahayaPasundan Member

    Joined:
    Oct 3, 2017
    Messages:
    46
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    Alat Elektronik yg kadang kita sepelekan makan konsumsi besar bener banget tuh AC, kadang TV juga idup terus padahal listriknya besar
     
Loading...

Share This Page