Teknologi Absensi Online Berbasis Cloud Semakin Diminati. Berikut Surveynya

Discussion in 'Computer' started by nastiti fingerspot, Oct 23, 2017.

?

Lebih suka sistem absensi manual atau absensi online berbasis aplikasi?

  1. Absen manual

    1 vote(s)
    50.0%
  2. Absen online/aplikasi

    1 vote(s)
    50.0%
  1. nastiti fingerspot

    nastiti fingerspot New Member

    Joined:
    Oct 23, 2017
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Teknologi yang semakin maju terbukti mampu memangkas jarak dan waktu sehingga menciptakan efisiensi baru baik bagi perusahaan maupun pekerjanya. Dewasa ini, sistem absensi kerap agak kurang mendapatkan perhatian karena kebanyakan orang masih melakukannya secara manual, yang mana tentu sangat menguras waktu. Padahal, tahukah Anda bahwa dibelahan bumi lainnya, banyak perusahaan sudah mulai mengganti sistem absensi tradisional mereka dengan inovasi cloud yang terbukti lebih efektif dan efisien.

    Masalah umum seputar absensi yang sering terjadi adalah rekap absensi yang kadang tidak tepat sehingga berimbas ke perhitungan gaji karyawan. Perhitungan cuti, terlambat masuk, banyaknya izin dan berbagai masalah lainnya seputar absensi, terkadang masih dianggap sepele. Padahal, perusahaan yang baik tentunya akan menjaga kesejahteraan karyawannya dengan memilih metode rekapitulasi absensi yang akurat dan transparan.

    Berawal Dari Internet Of Things
    Seiring dengan maraknya teknologi cloud dan internet of things pada berbagai perangkat rumah tangga dan aksesoris, teknologi premium tersebut kini sudah mulai merambah ke dunia absensi, memungkinkan pekerja untuk melakukan absensi dimana dan kapan saja menggunakan aplikasi absensi dari perangkat ponsel pintar mereka.

    Menurut survey online yang dilakukan oleh Paychex, sebuah perusahaan payroll internasional pada total 500 pekerja dan pemilik bisnis mancanegara Tren pada bulan Maret hingga April 2017 lalu, menunjukkan bahwa 29% dari pemilik bisnis lebih suka menggunakan metode absensi online berbasis web yang bisa diakses melalui PC, ponsel maupun tablet dan 14% menyatakan lebih suka menggunakan absensi berbasis aplikasi pada smartphone.

    Metode absensi online seperti ini dianggap paling solutif dan sedang mendapatkan momentum untuk lebih berkembang kedepannya, terlebih bagi para pemilik bisnis muda. Sebanyak 61% dari pemilik bisnis yang berusia 18-34 tahun lebih memilih metode absensi online via website maupun aplikasi mobile, sisa 47% lainnya merupakan pemilik bisnis dengan rentang usia 50 tahun keatas masih mempercayakan metode absensi manual menggunakan pencatatan kertas.

    Absensi Online Berbasis Cloud Lebih Efisien
    Metode absensi online yang real-time dirasa lebih akurat dan meminimalisir kesalahan yang sering terjadi bila menggunakan pencatatan manual di kertas atau software seperti excel. Selain itu juga metode absensi online sangat membantu pekerja yang banyak melakukan aktivitas diluar kantor atau pekerja dengan multi-schedule.

    Meskipun metode absensi tradisional dengan kertas masih lazim digunakan, aplikasi absensi berbasis web-ponsel mulai ramai digunakan dan menjadi salah satu pertimbangan utama dalam memilih sistem absensi untuk perusahaan. Mengingat teknologi yang akan semakin berkembang, tak ada salahnya bila perusahaan mulai membuka diri terhadap perkembangan teknologi terkini dan memanfaatkannya untuk mengembangkan inovasi baru di perusahaan.

    Solusi absensi online memberikan akses data yang lebih aman kapan saja, dimana saja, dan menawarkan fitur-fitur penting bagi perusahaan seperti gps tracking untuk data dan rekap absensi yang lebih akurat dan transparan, pencatatan indisipliner karyawan, dan report absensi bulanan. Adanya fitur-fitur tersebut mampu meningkatkan efisiensi operasi dalam perusahaan dan memberkan fleksibilitas baru bagi perusahaan dan pekerja.

    Nah, kalau menurut Anda enakan mana? Tuangkan ide dan masukan Anda di komentar ya :)
     
    Last edited: Oct 23, 2017
  2. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    837
    Likes Received:
    53
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Keren ya kalau sudah via online, tapi masalahnya, kalau diterapkan dikampus, mahasiswanya jago hacking, bisa" dia utak atik sendiri tuh absen nya , mnurut saja, hanya sebatas intranet / local area network saja data absensinya, ga perlu naik ke cloud dulu... jadi kecil kemungkinan bisa disalah gunakan diluar jaringan komputer sekitar
     
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,587
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Sepertinya cocoknya buat perusahaan yang sudah menerapkan kebijkan remote working atau bisa kerja dari mana saja.
    Tidak perlu lagi datang ke kantor buat absen.
     
  4. parmantua

    parmantua New Member

    Joined:
    Mar 27, 2018
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    1
    Sekarang sepertinya kalau tidak memanfaatkan cloud technology akan sangat sayang banget soalnya justru efisiensi bisa tercapai kalau pake software atau aplikasi berbasis cloud, jadinya mudah diakses dimana saja dan kapan saja.
     
  5. Acep Husen

    Acep Husen New Member

    Joined:
    Apr 8, 2018
    Messages:
    14
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    sebetulnya rentan hacking tapi memang dengan menggunakan cloud lebih efisien ada bakalan bagian hrd terjadi pemangkasan staff hahaha...
     
  6. aisusisursilah

    aisusisursilah Member

    Joined:
    May 23, 2018
    Messages:
    379
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page