Teknologi AR Sebagai Media Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas

Discussion in 'General Discussion' started by MonsterAR, Nov 22, 2019.

  1. MonsterAR

    MonsterAR Member

    Joined:
    Jun 10, 2018
    Messages:
    80
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Penggunaan teknologi Augmented Reality sudah mulai banyak digunakan sebagai media edukasi. Hal ini dilakukan karena para pengembang percaya dengan menggunakan AR, proses pembelajaran dinilai jauh lebih baik dan efisien bagi para penggunanya. Tak hanya itu, AR juga membuat proses pembelajaran menjadi jauh lebih menarik dari sebelumnya. Salah satunya adalah edukasi keselamatan berlalu lintas yang merupakan fitur dari Smart SIM.

    Smart SIM adalah salah satu inovasi terbaru dari Korlantas Polri yang memiliki tujuan untuk memaksimalkan pelayanan publik. Korlantas Polri telah melakukan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri untuk merekam identitas serta data forensik dari pemilik SIM tersebut. Untuk mendapatkan Smart SIM ini, hanya orang-orang tertentuk yang memiliki atau lulus dari kompetensi bisa mendapatkannya.

    [​IMG]
    Image Source : inews
    Smart SIM nantinya akan memiliki desain yang jauh lebih simpel dan ringkas. Secara fisik, kartu tersebut berwarna merah-putih, disertai tulisan “Indonesia” di bagian atas. Kemudian tertera identitas pemilik SIM, yakni nama, tempat tanggal lahir, golongan darah, jenis kelamin, alamat, pekerjaan dan dua foto, satu berwarna berukuran besar serta yang kecil berada di pojok kanan bawah didesain hitam putih. Hanya keterangan seperti “nama” dan “alamat” yang dihilangkan.

    Baca juga: Penerapan Teknologi Augmented Reality di Sekolah Tingkatkan Kualitas Pendidikan

    Tak hanya itu, keunggulan dari Smart Sim ini adalah bisa mencatat perilaku pengemudi, ketika pengemudi melakukan pelanggaran lalu lintas akan tercatat pada chip kartu dan server. Data lain yang akan termuat dalam Smart SIM adalah data rekam jejak kecelakaan yang dialami si pengguna.
    [​IMG]
    Image Source : disway
    SIM Pintar ini juga bisa berfungsi sebagai uang elektronik dengan pengisian maksimal Rp2 juta yang dapat digunakan untuk membayar berbagai keperluan seperti parkir, tol dan juga berbelanja. Untuk uang elektronik, Polri telah melakukan kerja sama dengan beberapa bank. Nantinya, soal data keuangan sendiri akan langsung ditangani oleh pihak yang melakukan kerja sama.
     
Loading...

Share This Page