Telkomsat Sinergi Meluncurkan Aplikasi Asap Digital Untuk Mencegah Kebakaran Hutan & Lahan di Jambi

Discussion in 'General Discussion' started by Garena, Jul 16, 2020.

  1. Garena

    Garena New Member

    Joined:
    Jul 6, 2018
    Messages:
    57
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    [​IMG]

    Jambi
    – Pada awal bulan Juli lalu, Telkomsat bersama induk perusahaannya, PT Telkom Indonesia membantu upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Jambi dengan menyediakan aplikasi pengendalian karhutla yang bernama 'Asap Digital'.

    Menurut General Manager Telkom Witel Jambi, Muhammad Zaidan Jauhari melalui Manager Business Government Enterprise Service, Irsyad mengatakan aplikasi ini sangat berguna untuk melakukan pencegahan karhutla, sehingga Telkom siap mendukung upaya pencegahan karhutla di provinsi Jambi.

    Asap Digital merupakan aplikasi yang memuat berbagai macam informasi terkini, seperti pantauan CCTV, kondisi udara, hotspot dan data prakiraan cuaca yang dapat dimanfaatkan untuk pencegahan karhutla. Aplikasi ini diinisiasi oleh Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jambi, Kombes Pol Edi Faryadi, bekerja sama dengan Telkom yang didukung oleh anak perusahaannya yakni Telkomsat dan Telkomsel terkait dukungan infrastruktur dan jaringan.

    Kapolres Muaro Jambi, AKBP Ardyanto menyambut baik pula aplikasi Asap Digital untuk mengantisipasi Karhutla. Ardyanto mengatakan bahwa beberapa minggu lalu, di wilayah Muaro Jambi mendapat informasi dari Dirkrimsus bahwa muncul asap dan kemudian langsung ditindaklanjuti oleh anggota yang ada dilapangan menuju ke tempat kejadian memadamkan apinya. Dengan demikian kehadiran Asap Digital sangat membantu pencegahan hutan yang meluas di wilayah Jambi.

    Seperti kita ketahui, Provinsi Jambi memiliki banyak lahan perkebunan dan mayoritas lahan masih tanah gambut yang mudah terbakar. Pemantauan titik api (hot spot) dengan teknologi foto satelit dari Telkomsat, dikombinasi dengan visual dari CCTV dengan network radio up di infrastruktur tower Telkomsel, yang digabungkan dengan aplikasi Asap Digital sangat tepat dalam mengendalikan karhutla.

    CCTV dari tower Telkomsel ini dapat digunakan untuk live auto monitoring- manual zoom, available playback dua bulan (requested), kemudian sensor yang bisa menampilkan suhu udara, kualitas udara dan kelembaban udara.

    Seluruh data akan diupdate setiap lima menit sekali untuk menyesuaikan data pengendalian satelit Lapan. Selain itu, tersedia juga perkiraan cuaca dari BMKG selama dua hari kedepan.

    Melalui sinergi ini, Telkomsat senantiasa berperan aktif dalam menjaga lingkungan melalui berbagai inovasi dan layanan yang dihadirkan. Memberikan yang terbaik bagi ibu pertiwi dan menyelaraskan peran dan tanggung jawabnya terhadap aspek bisnis, sosial dan lingkungan dengan memegang teguh komitmen untuk menciptakan praktik bisnis berkelanjutan.
     
Loading...

Share This Page