Tempat Wisata di Kota Padang Panjang (Sumatera Barat)

Discussion in 'Tourism' started by riki 21, Jan 3, 2015.

  1. riki 21

    riki 21 Member

    Joined:
    Oct 21, 2014
    Messages:
    254
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    [​IMG]
    Melihat di bersosial banyak yang membuat thread wisata di daerahnya, maka tak ada salahnya buat thread promosi untuk kota sendri :D,

    Padang Panjang merupakan kota yang berada di sumatera barat, kota ini cukup kecil Luas wilayah Kota Padang panjang adalah 2.300 Ha atau sekitar 0.05% dari luas Propinsi Sumatera Barat, Kota Padangpanjang berada di daerah ketinggian yang terletak antara 650 sampai 850 meter di atas permukaan laut, berada pada kawasan pegunungan yang berhawa sejuk dengan suhu udara maksimum 26.1 °C dan minimum 21.8 °C, dengan curah hujan yang cukup tinggi dengan rata-rata 3.295 mm/tahun. Di bagian utara dan agak ke barat berjejer tiga gunung: Gunung Marapi, Gunung Singgalang dan Gunung Tandikat.

    Benerapa Tempat Wisata di Sumatera Barat
    1. Wisata Alam
    a. Goa Batu Batirai

    [​IMG]
    Goa Batu Batirai merupakan objek wisata yang menarik bagi pecinta alam. Objek wisata ini menawarkan pemandangan alam goa yang indah, dihiasi dengan stalaktit dan stalakmit. Objek wisata yang terletak di kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padangpanjang Barat ini diberi nama Batu Batirai karena bagian dalam goa terlihat seperti tirai.

    2. Wisata Keluarga
    a. Minang Fantasi

    [​IMG]

    Minang Fantasi (Mifan) menjadi destinasi wisata baru yang tidak hanya bisa dinikmati warga di sekitar Kota Padangpanjang, tapi juga seluruh masyarakat Indonesia yang sedang berlibur di Sumatra Barat. Dilengkapi fasilitas cottage dan wahana air yang menyenangkan, Mifan menjadi tempat berlibur yang nyaman dan menarik di kota berhawa sejuk ini.
    Mifan tidak hanya wisata hiburan untuk menikmati ragam aneka permainan air. Tapi juga sarana edukasi-pendidikan bagi pelajar mengenai budaya dan adat istiadat, lingkungan, tanaman dan lainnya. Lokasi Mifan sangat strategis, berada di tengah-tengah Sumatra Barat, dekat dari Padang, Bukit Tinggi dan Payakumbuh. Jadi seperti area persimpangan yang dilalui berbagai daerah. Dengan pemandangan alam yang luar biasa indah, diapit 3 gunung besar, yakni Gunung Merapi, Singkalang dan Candike. Wisata lain yang juga dekat seperti Lembah Anai dan Air Terjun (Mancur). Di Mifan juga terdapat lembah dengan hutan alaminya, berbagai satwa seperti monyet, kijang dan aneka burung juga bisa kita jumpai.
    Mifan bisa dikatakan salah satu ikon Sumatra Barat yang besar, indah, modern dan mendukung tujuan wisata. Jika kebanyakan wahana air hanya menyajikan permainan, tidak demikian dengan Mifan. Tempat wisata ini melengkapi kawasannya dengan berbagai fasilitas seperti 7 kolam renang air-termasuk kolam air panas, area outbond, 8 area bermain, cinema 4D, fish therapy, sauna, futsal, ruang meeting, masjid, klinik kesehatan, dan lainnya.
    Di Mifan juga ersedia penginapan, untuk memenuhi kebutuhan pengunjung yang ingin menginap bersama keluarga. Berawal dari 6 penginapan, lalu bertambah menjadi 24 dan pada tahun ini menjadi 53 penginapan dengan 27 kamar Rumah Gadang. Uniknya, penamaan rumah menggunakan nama-nama rumah adat di kota kabupaten yang ada di Sumatra Barat, namun belum lengkap. Saat ini baru ada 8 rumah, rumah Pesisir, Lua Agam, Tanah Datar, Putih Bungsu, Gajah Maharam, Tabui, Rajo Babandiang dan Rumah Kajang Padati.

    3. Wisata Budaya
    a. PDIKM Padangpanjang
    [​IMG]
    Secara geografis, PDIKM terletak di kawasan Silaing Bawah Kota Padang Panjang. Berjarak sekitar 3 km dari pusat Kota Padang Panjang atau lebih kurang 60 km dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Dengan menempuh perjalanan darat yang memakan waktu sekitar 90 menit, para wisatawan sudah bisa melihat langsung bukti sejarah kebanggaan Ranah Minang itu.
    Jika berkunjung dan memasuki rumah gadang, para wisatawan akan dengan mudah menemukan berbagai informasi tentang dokumentasi sejarah dan budaya Minangkabau. Selain dilengkapi perpustakaan yang berada di area nan asri, di sini juga bisa ditemukan berbagai barang dan foto-foto sejarah koleksi perpustakaan. Sambil berjalan mengamati koleksi foto yang dipajang di sepanjang dinding rumah gadang, para pengunjung juga bisa meluaskan pandangan ke bagian luar, dengan sajian berjuta pesona keindahan alam.

    3.Wisata Kuliner
    a.Sate Mak Syukur, Sate Padang panjang
    [​IMG]
    [​IMG]
    [​IMG]
    Padang Panjang tidak lagi hanya sekadar tempat yang dilalui, atau sekedar dilihat dari dalam mobil. Tetapi banyak orang sudah sengaja mengunjungi Padang Panjang. Seperti untuk menyekolahkan anak, sebab mutu pendidikan daerah ini terbilang bagus. Atau berobat, karena mutu rumah sakit di kota ini terjamin hebat. Malah ada yang sengaja ke Padang Panjang untuk mencicipi kulinernya yang amat terkenal. Sebutlah Sate Mak Syukur.

    Tidak sedikit orang dari luar daerah yang hanya datang tersebab kepincut hendak memakan makanan yang dua ini. Hingga, keluarlah istilah di Gedung DPR RI di Jakarta, “Tidak terasa kalau ke Padang Panjang bila tidak singgah di Sate Mak Syukur”.
    Sate padangpanjang adalah salah satu dari tiga gagrak utama Sate Padang. Yang pertama adalah Sate Padang gagrak Pariaman. Ketiga jenis Sate Padang dibuat dari daging dan jeroan sapi (biasanya lidah, usus, jantung, paru) yang direbus dulu dengan bumbu, kemudian dibakar sebentar. Sate ini kemudian disiram dengan kuah kental gurih-pedas yang terbuat dari tepung beras dengan bumbu intens. Sate Padang gagrak Pariaman memakai saus kental berwarna jingga karena pemakaian cabe yang lebih banyak. Sedangkan gagrak Padangpanjang kuahnya berwarna kuning kunyit.
    Sate Mak Syukur, karena berlokasi di Kota Padangpanjang, tentu saja menyajikan Sate Padang gagrak Padangpanjang. Rumah makan ini boleh dibilang merupakan perhentian wajib bagi wisatawan yang berkunjung ke Bukittinggi dari arah Padang. Kadang-kadang, bila sedang sangat ramai, pada pukul tiga siang, ribuan tusuk sate sudah habis tandas terjual di rumah makan ini.

    SUMBER : http://www.padangpanjangkota.go.id/
     
  2. Yusuf.S

    Yusuf.S Well-Known Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    1,158
    Likes Received:
    100
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Jauhh sekali, saya d bogor soalnya, beda pulau dan ga ada niatan buat ke sumatera barat, :D
     
  3. Grant Verleend

    Grant Verleend Active Member

    Joined:
    Sep 10, 2014
    Messages:
    1,234
    Likes Received:
    35
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Keren juga ya wisata di sumatra barat
     
  4. riki 21

    riki 21 Member

    Joined:
    Oct 21, 2014
    Messages:
    254
    Likes Received:
    25
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    disumbar memang banyak tempat wisata yg keren gan :D
     
  5. satriajogja

    satriajogja Member

    Joined:
    Feb 24, 2013
    Messages:
    348
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
    Kalo ke Padang jangan lupa nyicipin masakan Padang yang terkenal itu :D
     
  6. AmriMF

    AmriMF Member

    Joined:
    Jan 31, 2015
    Messages:
    420
    Likes Received:
    47
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  7. dimengertiaja

    dimengertiaja Member

    Joined:
    May 21, 2015
    Messages:
    854
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    gambarnya ada yang enggak keliatan
     
  8. elhaqiadventure

    elhaqiadventure Member

    Joined:
    Aug 31, 2015
    Messages:
    131
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    pengen nyobain sate padang asli disana, kalo yang disini rasanya agak gimanaa gitu..
     
  9. Sate padang nya harus dicobain itu..
     
  10. balitourculture

    balitourculture Member

    Joined:
    Jun 3, 2016
    Messages:
    221
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    huh mantab nih ..bumbunya beda dgn sate madura
     
  11. mabrur

    mabrur Member

    Joined:
    Jun 24, 2016
    Messages:
    84
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    kita pernah sekali saat ngantar customer. dari surabaya ke medan. pulangnya lewat pematang siantar, danau toba, padang. sumatera sangat indah dan natural. penuh dengan kelapa sawit dan pohon coklat
     
  12. Vivien Cheong

    Vivien Cheong Member

    Joined:
    Jun 13, 2016
    Messages:
    99
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    ternyata banyak juga tempat wisata di padang ya, apalagi itu sate padang nya sangatlah menggoda hmmm
     
  13. Najla

    Najla Member

    Joined:
    Aug 1, 2014
    Messages:
    429
    Likes Received:
    21
    Trophy Points:
    18
    Semua nya ... Ok.. pengen makan sate syukur deeh
     
  14. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    selain kulinernya yang enak. sumatra barat memiliki keindahan alam yang indah
     
  15. maurens

    maurens New Member

    Joined:
    Sep 29, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kece badai ini loh tempatnya..saya beberapa kali kesana, enggak pernah bosen, apalagi sama makanan, selain satenya yang enak.
     
Loading...

Share This Page