Tempat Wisata Tersembunyi (Hidden Paradise) di Lombok

Discussion in 'Tourism' started by Nur Maulida, Apr 23, 2021.

  1. Nur Maulida

    Nur Maulida Member

    Joined:
    Mar 6, 2019
    Messages:
    50
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    8
    Dikenal sebagai salah satu lokasi wisata utama sebagai bagian dari program Bali baru, Lombok ternyata menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Hal ini tidak lain karena banyak tempat wisata di Lombok mulai dari pantai, gunung, hingga pemandangan bawah laut yang membuat Lombok menjadi salah satu destinasi wisata liburan bagi Anda dan keluarga.

    Bahkan saking mempesonanya tempat wisata di Lombok, membuat pulau ini dipilih menjadi salah satu tempat untuk pelaksanaan event balap dunia, yaitu MotoGP dengan membuat sebuah sirkuit balap di kawasan Mandalika.

    Tempat Wisata Tersembunyi di Lombok
    Selain itu, tempat wisata di Lombok juga sangat populer di jagat media sosial. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Lombok yang wajib untuk Anda kunjungi, antara lain yaitu:

    1. Gili Kedis
    [​IMG]

    Gili Kedis merupakan salah satu gili yang ada di Lombok selain Gili Air, Gili Trawangan, dan Gili Meno. Meski begitu, nama Gili Kedis sendiri tidak sepopuler dengan gili yang ada di Lombok lainnya. Bahkan hingga tulisan ini dimuat, tidak banyak wisatawan yang tahu lokasi Gili ini.

    Gili Kedis sendiri merupakan sebuah pulau yang terletak di daerah Sekotong, tepatnya di pesisir barat daya Pulau Lombok yang telah lama dikenal akan jejeran pantainya yang eksotis. Dengan air lautnya yang jernih dan bening, membuat Anda dapat melihat secara langsung kumpulan karang dan biota laut bahkan dengan mata telanjang sekalipun. Selain itu, pada bagian tengah pulau ini juga terdapat sebuah pohon yang dapat Anda jadikan tempat bernaung.

    2. Air Terjun Tiu Teja
    [​IMG]
    Air terjun Tiu Teja merupakan air terjun favorit para pemuda yang saat ini sedang hits di Lombok. Tempat wisata ini berada di Desa Santong, Lombok Utara. Jika Anda berada di pusat kota Mataram, maka Anda dapat menggapai tempat wisata ini hanya dalam waktu 2 jam saja menggunakan sepeda motor.

    Saat diperjalanan, Anda akan disuguhkan dengan panorama alam Lombok yang asri dan mempesona. Selain itu, untuk menuju ke lokasi tersebut, Anda perlu menyusuri satu per satu anak tangga yang dihiasi dengan rimbunan pepohonan sehingga seluruh tenaga dan penatmu dapat terbayarkan. Air terjun Tiu Teja ini akan semakin cantik ketika terpapar sinar matahari, dimana akan muncul pelangi sehingga membuat Anda seakan-akan seperti mandi pelangi.

    3. Tanjung Aan
    [​IMG]
    Tanjung aan merupakan salah satu tempat wisata yang berada di bagian Lombok Tengah bagian selatan. Waktu tempuh dari pusat Kota Mataram adalah 1,5 jam dengan akses jalan yang terbilang cukup baik serta fasilitas yang ada di dalamnya juga terbilang cukup komplit.

    Pantai Tanjung Aan menawarkan pemandangan panorama alam pantai yang mempesona dengan hamparan pasir putihnya. Selain itu, di tempat ini pengunjung tidak akan ditarik tiket masuk dan hanya dikenakan biaya parkir saja.

    4. Bukit Merese
    [​IMG]

    Setelah dari Tanjung Aan, Anda dapat mencoba mendaki Bukit Merese untuk melihat pemandangan alam yang indah dan mempesona di Lombok dari ketinggian. Beberapa wisatawan yang pernah berkunjung ke lokasi ini sering menyebut Bukit Merese dengan sebutan New Zealand-nya Indonesia.

    Hal ini bukan tanpa alasan, karena dari atas bukit ini, Anda akan ditawarkan pemandangan jejeran pantai di Lombok, seperti Pantai Seger di arah Barat, Pantai Batu Payung, dan Gili Anak Anjakan di sebelah timur. Di tempat ini juga terdapat beberapa pantai tersembunyi yang tidak banyak orang ketahui loh sehingga jika beruntung, Anda dapat menikmati pantai tersebut layaknya pantai private.

    5. Lingkoq Datu, Pantai Penyisok
    [​IMG]

    Pernahkan Anda membayangkan berdiri di antara hamparan padang savana yang membentang hijau dengan birunya Samudera Hindia yang sangat luas terbentang? Mungkin pemandangan ini hanya dapat diangan-angankan saja atau mungkin hanya bisa dilihat dari film-film saja.

    Namun siapa sangka jika hal tersebut ternyata bisa Anda jumpai di Indonesia lho. Tepatnya di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur. Namun untuk menuju lokasi surga tersembunyi ini dibutuhkan tenaga dan usaha yang ekstra keras karena harus melalui ladang jagung serta bebatuan terjal.

    Meski begitu, begitu sampai di lokasi yang dituju, niscaya perjalanan dan usaha keras Anda akan terbayarkan begitu melihat kemegahan dan pemandangan alam yang ditawarkan. Untuk mencapai lokasi wisata ini, sangat direkomendasikan untuk menggunakan sepeda motor serta jangan pernah ragu untuk bertanya kepada warga setempat tentang lokasi ini, mengingat jarang sekali orang yang tahu tentang lokasi ini.

    Cara Menuju Lombok
    Untuk mencapai pulau Lombok, tidak terlalu sulit karena dapat ditempuh dengan berbagai transportasi, mulai dari darat, laut, dan udara. Selain itu, Lombok juga dapat dicapai dari berbagai kota besar yang ada di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Bali, dan kota-kota besar lainnya.

    Transportasi Udara
    Jika memilih menggunakan transportasi udara, maka tujuan utama Anda adalah Bandara Internasional Lombok (Lombok International Airport). Beberapa maskapai penerbangan domestik menyediakan penerbangan langsung ke Lombok, namun ada juga jalur penerbangan yang melewati atau transit terlebih dahulu di Bali.

    Transportasi udara merupakan salah satu transportasi yang paling banyak dipilih oleh para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini, karena waktu tempuhnya hanya sekitar 4 jam dari Jakarta, 2 jam dari Surabaya, dan 20 menit dari Bali. Namun jika menggunakan jenis transportasi ini, Anda perlu menyediakan dana yang lebih banyak jika dibandingkan menggunakan jenis transportasi lainnya.

    Transportasi Darat & Laut
    Perjalanan ke Lombok melalui jalur darat dan laut, masih saling berhubungan. Jika menggunakan jalur darat, maka secara otomatis Anda juga harus menggunakan jalur laut jika ingin mencapai Lombok, mengingat mayoritas wilayah Indonesia adalah gugusan kepulauan.

    Untuk transportasi Kapal Laut, biasanya dikelola oleh PT. PELNI. Pelabuhan di Lombok bernama Pelabuhan Lembar yang lokasinya berada di Lombok bagian barat. Sedangkan di bagian Lombok Timur, pelabuhannya bernama Pelabuhan Labuhan.

    Namun yang perlu diingat jika Anda ingin berkunjung ke Lombok melalui jalur darat & laut, maka waktu tempuh yang Anda butuhkan sangatlah lama dibandingkan dengan jalur udara. Tapi kalau Anda punya waktu luang, dan ingin merasakan pengalaman yang lebih banyak namun dana terbatas, maka kedua jalur ini bisa Anda pergunakan.

    Selain itu, sangat disarankan untuk membawa barang bawaan yang tidak terlalu banyak agar lebih mudah dibawa.

    Jika Anda berkeinginan untuk liburan ke Lombok dalam waktu dekat, maka Anda dapat menghubungi penyedia paket perjalanan wisata Sembodo yang menawarkan berbagai macam pilihan paket wisata ke Lombok menggunakan transportasi darat dan laut dengan harga terjangkau namun dengan fasilitas dan akomodasi terbaik yang mendukung kenyamanan Anda selama perjalanan.

    Informasi lengkap mengenai seluruh paket wisata yang ditawarkan Sembodo, silakan mengunjungi website Sembodo sekarang juga, atau klik di sini.
     
Loading...

Share This Page