Tentang Bank Custodian, Pengertian dan Penjelasannya

Discussion in 'General Discussion' started by NDNU, Nov 20, 2019.

  1. NDNU

    NDNU New Member

    Joined:
    Jul 15, 2019
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Sumber: Bank Custodian, pengertian dan penjelasannya

    Ada banyak istilah dalam investasi reksadana yang harus diketahui seperti bank kustodian. Istilah tersebut berhubungan dengan keamanan berinvestasi. Setiap pelaku investasi berhubungan dengan hal itu agar mereka terhindar dari resiko terjadinya penipuan dan penggelapan.

    Kustodian berhubungan dengan manajer investasi. Keduanya saling berkesinambungan dalam urusan penyimpanan dan keamanan dana dari orang-orang. Apa hubungan serta pengertian dari bank tersebut? Berikut penjelasannya.

    Apa itu bank kustodian dan fungsinya?

    Bank kustodian adalah sebuah bank yang mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan Indonesia atau OJK untuk menjalankan fungsi kustodian atau penyimpanan dan bekerjasama dengan manajer investasi untuk keperluan administrasi, penjagaan dan pengawasan aset raksasa dana.

    Untuk Reksadana, bank kustodian memiliki beberapa kewajiban seperti menghitung nilai aktiva bersih dari reksadana dan pencatatan transaksi aset reksadana. Pada umumnya, pelaku investasi reksadana yang berminat untuk berinvestasi akan mengirim sejumlah dana ke rekening kustodian tersebut. Setelah itu, manajer investasi akan mengolah dana sesuai dengan ketentuan yang ada.

    Demi alasan keamanan, manajer investasi atau investor tidak boleh memiliki hubungan dengan kustodian. Hal ini untuk menghindari adanya kemungkinan terjadinya nepotisme atau hal lainnya yang dapat merugikan pihak tertentu.

    Apa bank kustodian yang cocok untuk saya?

    Saat memilih investasi reksadana, Anda tidak hanya memilih jenisnya tapi, manajer investasi dan bank kustodiannya juga. Manajer investasi berlaku sebagai pihak yang mengelola dana Anda serta kustodian akan menjadi wadah untuk menyimpan serta melakukan serangkaian proses untuk dana yang Anda miliki.

    Untuk itu, pemilihan reksadana yang tepat tidak hanya berfokus pada hal-hal itu saja. Anda perlu merencanakan rencana yang tepat dalam memilih investasi serta kustodian yang tepat. Dengan begitu, keamanan dan keuntungan dari reksadana yang Anda pilih dapat terjamin.

    Hal terpenting dalam memilihnya adalah, Anda bisa melihat hal apa saja yang terkandung dalam ketentuan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui tentang apa yang akan Anda dapatkan dan juga hal yang harus dipatuhi. Selain itu, cek juga persyaratan lainnya yang dibebankan oleh setiap bank kustodian.

    Sumber: Bank Custodian, pengertian dan penjelasannya
     
  2. blackking

    blackking Active Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,239
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Kalau contohnya bank Kustodian itu misalnya bank apa ya, apakah BCA, BNI
    atau ada bank tertentu yang hanya untuk investasi reksadana
     
  3. NDNU

    NDNU New Member

    Joined:
    Jul 15, 2019
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    iya bos, rata-rata bank2 besar di Indonesia ada bank kustodian kok

    Selain itu ada juga dari institusi lainnya

    Untuk jelasnya,bisa googling karena contohnya sudah ada banyak di internet
     
Loading...

Share This Page