Terapkan 3 Cara Ini Jika Ingin Melibatkan Anak Untuk Mendesain Kamarnya

Discussion in 'Creative Art & Fine Art' started by Heri Hartono, Oct 18, 2019.

Tags:
  1. Heri Hartono

    Heri Hartono Member

    Joined:
    Dec 15, 2018
    Messages:
    32
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Siapa sangka, melibatkan anak dalam berbagai hal membantu mereka tumbuh menjadi pribadi yang dispilin dan mengharagai apa yang sudah dikerjakan loh. Salah satunya melibatkan mereka mendesain kamar sesuai keinginan, apalagi setiap anak memiliki hobi dan desain kamar yang berbeda walaupun dengan orang tuanya. Banyak orang tua dan anak tak sependapat dengan desain kamar anak, hal itu mmebuat orang tua kesal karena sudah dirapikan tetapi diberantakan lagi.

    Cara Melibatkan Anak Mendesain Kamar Anak

    Kegiatan mendesain dan merawat kamar anak bersama si buah hati memberikan kebahagiaan tersendiri. Bahkan cara ini menjadi solusi orang tua yang setiap harinya bekerja dan bertemu buah hati saat sore atau malam hari, keakraban tetap terjaga walaupun jarang bertemu. Memang, mengajarkan anak menata kamar dimulai sejak dini agar saat dewasa tidak bergantung pada orang lain untuk merapikan kamarnya. Berikut ada 3 cara yang dapat dipraktekan, antara lain:

    1. Membiarkan Anak Menunjukkan Kepribadiannya

    Walaupun jenis kelamin sama, belum tentu loh kepribadiannya sama. Bisa saja satunya feminim dan menyukai desain ala disnep maupun furniture yang mengarah ke feminim, sementaranya anak satunya cenderung tomboy dan tidak menyukai jika desain kamarnya diutak-atik. Solusinya adalah membiarkan mereka mengksplor desain kamar sesuai keinginnya agar membuatnya nyaman, tugas orang tua hanya mengarahkan dan memberikan gorden jendela dengan motif tepat agar menyatu dengan desain.

    2. Mengarahkan Ruang Pribadi Untuk Setiap Anak

    Jika anda memiliki 2 buah hati yang tidur dalam satu kamar, usahakan mengarahkan ruang pribadi untuk setiap anak agar mereka nyaman menempati. Libatkanlah mereka untuk desain ruang kesuakaan agar kegiatan di kamar menyenangkan, dengan begitu mereka tidak akan murung dan saling menyalahkan karena tempat tidurnya sesuai harapan. Memang, melibatkan anak mendesain kamar anak cukup sulit jika anaknya terlalu aktif, tetapi bersabarlah demi pemahaman buah hati dan memumuk kedewasaan.

    3. Meminta Pendapat Anak

    Walaupun masih anak-anak, mereka bahagia jika dimintai pendapat desain kamar yang diinginkan loh. Bahkan mereka akan bercerita detail apa yang diinginkannya ada di kamar, jika buah hati perempuan mintalah pendapat hiasan dinding apa yang ingin dihadirkan. Namun jika laki-laki seperti apakah furniture yang ingin dimiliki agar belajar di kamar menyenangkan, usahakan menghadirkan desain gorden minimalis yang modern dan sesuai umur anak agar kamar tidak terkesan aneh.
     
    Last edited: Oct 18, 2019
Loading...

Share This Page